Mengenal Tanaman Porang dan Manfaatnya
By: Date: July 13, 2021 Categories: Pertanian Tags: , , , , , , , , , ,
Tanaman Porang dan Manfaatnya

Apa sih tanaman porang itu? dan apa saja manfaatnya?. Yuk kenali lebih dalam mengenai tanaman porang dan manfaatnya bagi kesehatan maupun bidang industri dalam artikel berikut!

Tanaman porang (Amorphophallus Muelleri) adalah salah satu jenis tanaman umbi-umbian dari keluarga Amorphophallus. Porang biasanya tumbuh liar di lahan hutan dengan naungan pohon-pohon besar seperti jati, mahoni, dan sonokeling.

Pada mulanya, tanaman porang ditemukan di Kepulauan Andaman, India. Setelah itu, menyebar ke arah timur melewati daerah Myanmar, lalu masuk ke Thailand hingga akhirnya sampai di Indonesia.

Tanaman porang termasuk ke dalam jenis tanaman yang bisa tumbuh di mana saja, baik di pinggir hutan, di bawah hutan bambu, tepi sungai, semak belukar, dan dibawah naungan pohon lain. Porang memiliki toleransi yang tinggi terhadap tempat teduh. Porang akan tumbuh subur dan optimal saat tumbuh di bawah naungan pepohonan dengan tingkat kerapatan diantara 40% hingga 60%.

Tanaman porang dapat tumbuh subur pada daerah dengan ketinggian 0-700 meter di atas permukaan laut, namun untuk mendapatkan hasil panen umbi porang terbaik, maka tanaman porang dibudidayakan di daerah dengan curah hujan sebanyak 300-500 mm per bulan dan suhu lingkungan diantara 25-35 °C.

Saat mencapai suhu rendah, tanaman porang akan mengalami fase istirahat atau fase dormansi. Sementara itu, saat suhu lingkungan sedang panas, atau di atas 35 oC, maka daun porang akan layu seperti terbakar.

Jenis tanah yang ideal untuk budidaya tanaman porang adalah jenis tanah yang gembur, berpasir, subur, dan memiliki sistem pengairan yang baik. Selain itu, pastikan juga derajat keasaman tanah yang cocok untuk budidaya tanaman porang yaitu berkisar pH 6-7.

Saat ini tanaman porang mulai banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia dan menjadi komoditas unggulan. Hal ini disebabkan karena umbi porang memiliki nilai jual yang tinggi di pasar ekspor. Permintaan umbi porang paling banyak berasal dari negara Jepang, Korea, China, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Australia.

Tanaman Porang dan Manfaatnya

Tanaman Porang dan Manfaatnya

Saat ini umbi porang memiliki harga yang cukup mahal karena memiliki banyak kandungan yang bermanfaat baik bagi kesehatan maupun bahan baku industri. Umbi porang terkenal dengan kandungan utamanya yaitu glucomannan. Glucomannan merupakan sejenis polisakarida yang mudah larut dalam air. Saat larut, zat glucomannan akan berbentuk kental seperti jelly atau lem.

Dengan sifatnya yang mudah larut dalam air, glucomannan dianggap sebagai serat pangan yang baik untuk pencernaan. Selain mengandung serat glucomannan, umbi porang juga rendah akan kalori. Maka tak heran jika umbi porang dapat diolah menjadi salah satu hidangan yang menyehatkan, misalnya mie shirataki, kue, roti, jelly, dan lain sebagainya.

Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan yang ada di dalam umbi porang ini diyakini mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Diantaranya yaitu untuk mengatasi sembelit kronis, menurunkan risiko kanker usus, mencegah penyakit diabetes, mengatasi peradangan pada tubuh, menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung, merawat kesehatan kulit, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah, dan masih banyak lagi.

Tak hanya bermanfaat sebagai bahan pangan, umbi porang juga bisa dijadikan sebagai bahan baku indutri. Diantaranya yaitu sebagai bahan baku penjernih air, bahan baku tepung, bahan baku pengental ice cream, bahan baku isolator listrik, bahan baku komponen pesawat terbang dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh umbi porang untuk kesehatan, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengonsumsi makanan yang terbuat dari umbi porang, salah satunya yaitu mie shirataki. Tidak hanya enak, mie shirataki juga dapat membantu menurunkan berat badan. Tak heran, jika mie shirataki banyak dijadikan makanan andalan saat menjalani program diet.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dalam sektor pertanian, tak ada salahnya jika Anda memulai untuk membudidayakan tanaman porang. Tentu hal ini menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Kenali juga jenis-jenis tanaman porang, jangan sampai Anda salah memilih.