Resep Perkedel Jagung Original Yang Banyak Manfaatnya
By: Date: March 23, 2021 Categories: Uncategorized

Resep Perkedel Jagung Original

Perkedel jagung adalah makanan yang terbuat dari jagung, tepung dan digoreng. Makanan ini berasal dari Indonesia. Beberapa bahanĀ  menggunakan daun bawang, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Perkedel jagung di Manado dimakan dengan sambal khas yang disebut dabu-dabu

Ternyata perjalanan perkedelĀ jagung cukup panjang untuk menjadi bagian keluarga kuliner Indonesia. Perkedel jagung merupakan warisan kuliner yang dipengaruhi kuliner Spanyol dan Portugis. Portugis pernah berlayar dan berdagang di Indonesia hingga ingin menguasai beberapa area Indonesia.

Karena seringnya orang Portugis melakukan aktivitas di Indonesia, ada banyak budaya dan pengaruh yang mereka bawa. Biji jagung yang merupakan tanaman asli Amerika dibawa dan diperkenalkan ke Indonesia oleh Portugis, dan karena tanah di Indonesia sangat cocok untuk menanam jagung, semakin banyak hasil panen jagung. Salah satu olahan jagung yang mudah dibuat adalah perkedel jagung.

Perkedel Jagung Padang Panjang mungkin sedikit asing di telinga banyak orang, namun bagi sebagian besar masyarakat yang menggunakan bus umum jalur Trans Sumatera biasanya sudah sangat familiar dengan sajian khas ini karena selalu dijajakan saat bus sedang di Padang Panjang. Kota, Sumatera Barat.

Perkedel jagung ini dijual panas karena baru dimasak. Mereka enak, harum, dan memiliki campuran rasa gurih, asin, manis, dan pedas yang banyak dibeli dalam jumlah besar untuk dimakan langsung atau untuk perjalanan panjang dengan bus.

Saking populernya jajanan ini, ada anekdot yang mengatakan bahwa saat mencium kuenya, bus Anda akan melewati Kota Padang Panjang. Sampai saat ini perkedel Jagung masih dijual di berbagai tempat, seperti pasar dan tempat keramaian lainnya.

Yuk langsung ke proses membuat perkedel jagung seperti resep perkedel jagung berikut.

Resep perkedel jagung

Bahan

  • 3 biji jagung manis ukuran sedang, sisir lembut
  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 3 bonggol daun bawang merah, iris tipis
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus

  • 9 butir bawang merah
  • 9 siung bawang putih
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 1 ruas jari kencur
  • 5 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya

Cara membuat perkedel jagung

  1. Cara menyisir jagung manis, bisa menggunakan mesin pengolahan jagung. Campur jagung manis dengan tepung.
  2. Tambahkan bumbu halus, garam, dan air secukupnya. Adonan jangan terlalu cair maupun kental. Untuk bumbu halus, jika kamu tidak menggunakan kencur bisa diganti dengan kunyit.
  3. Panaskan minyak dengan api sedang. Ambil adonan menggunakan sendok sayur. Tuangkan ke dalam minyak perlahan.
  4. Goreng sampai warnanya keemasan. Angkat dan tiriskan. Perkedel jagung siap disajikan.

Manfaat Perkedel Jagung

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kadar antioksidan dalam jagung justru meningkat saat Anda memasaknya, dan antioksidan sehat ini bisa menjaga kesehatan jantung kita.

  1. Meningkatkan penglihatan

Karena mengandung lutein, jagung khususnya jagung manis dapat memperkuat saraf optik dan meningkatkan penglihatan kita.

  1. Tingkatkan energi

Jagung mengandung banyak karbohidrat sehat yang tidak menambah berat badan Anda. Sehingga dapat meningkatkan energi anda menyebabkan tidak mudah lelah.

  1. Mengurangi sembelit

Karena kaya serat, jagung membantu melancarkan buang air besar dan meningkatkan pergerakan usus untuk mengurangi sembelit.

  1. Antikanker

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa jagung mengandung fitonutrien yang dapat melawan sel-sel penyebab kanker dalam tubuh manusia.

  1. Membantu Anda menurunkan berat badan

Jagung sangat rendah kalori dan sukrosa, yang merupakan menjadi makanan yang sehat sehingga bisa membantu untuk menurunkan badan anda.

  1. Sehat untuk bakteri usus

Jagung memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi bakteri sehat di usus Anda, sehingga membantu kesehatan pencernaan anda agar tidak mudah untuk sakit perut .

  1. Bebas gluten

Banyak orang tidak toleran terhadap gluten, jadi jagung bisa menjadi pengganti gandum yang sangat baik.

Sekian pembahasan tentang resep perkedel jagung dari saya, Semoga membantu anda semua. TERIMA KASIH