10 Jenis Buah Kelapa yang Wajib Anda Ketahui
By: Date: June 8, 2021 Categories: Pertanian,Uncategorized Tags: , , , , , , , , , ,
Jenis Buah Kelapa

Jenis Buah Kelapa Tanaman kelapa (Cocos nucifera) merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di daerah pesisir. Tanaman kelapa dikenal juga sebagai tanaman yang serbaguna karena hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan.

Tak terkecuali dengan buahnya. Jika dilihat dari pemanfaatannya, buah kelapa bisa dibedakan menjadi 2 yaitu kelapa tua dan kelapa muda.

Buah kelapa yang sudah tua biasanya dijadikan sebagai bahan masakan berupa santan, maupun minyak kelapa. Sementara itu, buah kelapa muda lebih sering dijadikan sebagai minuman segar dan bahan pembuatan makanan penutup atau dessert.

Selain karena rasanya yang enak dan menyegarkan, kelapa muda juga banyak digemari karena segudang manfaatnya bagi kesehatan. Tahukah Anda di dalam air kelapa terkandung banyak kandungan-kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh diantaranya yaitu vitamin, serat, antioksidan, dan mineral.

Banyaknya kandungan nutrisi air kelapa ini menjadikannya banyak dianfaatkan sebagai salah satu minuman obat. Diantaranya yaitu dapat mencegah dehidrasi, meningkatkan stamina tubuh, menjaga daya tahan tubuh, mencegah batu ginjal, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Jenis Buah Kelapa

Seiring dengan semakin banyaknya minat masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi buah kelapa muda, jenis buah kelapa yang dibudidayakan pun semakin beragam. Setiap jenis buah kelapa ini memiliki ciri, rasa, dan kegunaan yang berbeda-beda. Mari kita simak perbedaan jenis buah kelapa berikut ini!

1. Kelapa Hijau

Jenis Buah Kelapa Hijau

Kelapa hijau merupakan jenis buah kelapa yang paling banyak dikenal dan sering diperjualbelikan di masyarakat. Seperti namanya, buah kelapa yang satu ini memiliki kulit buah yang berwarna hijau. Oleh masyarakat, kelapa hijau dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Air kelapa hijau diyakini dapat menetralisir racun di dalam tubuh sehingga baik untuk mencegah timbulnya beberapa penyakit. Tak heran, jenis kelapa yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat.

2. Kelapa Hibrida

Kelapa Hibrida

Kelapa hibrida merupakan salah satu jenis kelapa hasil dari persilangan buatan yang dilakukan untuk mendapatkan buah kelapa unggul. Di negara kita, persilangan tanaman kelapa sering dilakukan pada jenis kelapa hijau dan kelapa genjah.

Biasanya tanaman kelapa hibrida akan mulai berbuah saat berumur sekitar 4 hingga 5 tahun. Kelebihan dari persilangan ini yaitu tanaman kelapa hybrida bisa menghasilkan buah yang lebih banyak daripada jenis buah kelapa biasa. Selain itu, buah kelapa hasil persilangan ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dan daya tahan yang tinggi terhadap serangan hama dan penyakit.

3. Kelapa Wulung

Jenis Buah Kelapa Wulung

Kelapa wulung memiliki ciri yang hampir sama dengan jenis kelapa hijau pada umumya. Namun ada satu hal yang membedakannya dengan jenis kelapa lainnya, yaitu jika dikupas pada bagian dalamnya berwarna merah muda agak keunguan.

Selain itu, air kelapa wulung memiliki rasa yang sedikit pahit, namun kandungan nutrisinya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan air buah kelapa lainnya. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam air kelapa wulung yaitu fruktosa, sukrosa, sakarosa, glukosa, asam amino, tanin, riboflavin, sistin, arginin, alanin, biotin, alin, pantotenat, serta mineral-mineral penting.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki kelapa wulung, tentu menjadikannya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu dapat mengembalikan ion tubuh yang hilang, mengatasi masalah keracunan, mengatasi masalah kulit,  menyeimbangakn kadar pH dalam tubuh, dan masih banyak lagi.

4. Kelapa Genjah Entok

Kelapa Gajah Entok

Dalam sekali berbuah, jenis tanaman kelapa satu ini akan berbuah sangat lebat. Buah kelapa gajah entok ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna kuning gading. Daging buah kelapa genjah entok sangat tebal dan airnya memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan.

Air kelapa genjah entok dipercaya mampu mengatasi masalah pada sistem pencernaan, meredakan nyeri haid atau datang bulan, menurunkan panas atau demam, mengobati luka bakar, dan masih banyak lagi.

Selain airnya, minyak kelapa genjah entok juga berkhasiat untuk menghilangkan ketombe, menyamarkan kerutan di wajah, dan menghaluskan kulit.

5. Kelapa Pandan Wangi | Jenis Buah Kelapa

Kelapa Pandan Wangi

Jenis kelapa yang selanjutnya yaitu kelapa pandan wangi. Varietas kelapa yang satu ini berasal dari Thailand. Seperti namanya, buah  kelapa pandan wangi memiliki aroma pandan yang khas. Selain itu, air kelapanya juga manis dan menyegarkan.

Tak hanya air kelapanya, daging buah kelapa pandan wangi juga memiliki rasa yang manis dan gurih, serta tekstur daging yang lembut.

Di negara asalnya, buah kelapa pandan wangi yang masih muda biasanya dijadikan sebagai minuman segar maupun bahan tambahan pada olahan makanan penutup seperti es krim.

Jenis kelapa pandan wangi sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, namun harga bibitnya tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan bibit jenis kelapa lainnya.

Baca Juga : Cara Menanam Kelapa Hibrida Agar Cepat Berbuah

6. Kelapa Kopyor

Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor dikenal memili daging buah yang lembut serta rasa yang gurih dan manis. Mendengar namanya pasti membuat Anda teringat dengan salah satu nama minuman segar yang biasa dijual di jalan-jalan. Kelapa kopyor ini biasaya digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan minuman segar.

Tahukah Anda? ternyata jenis kelapa yang satu ini merupakan jenis kelapa biasa yang mengalami kelainan genetik sehingga daging buahnya terasa lebih lembut, lunak, dan tidak sekeras buah kelapa pada umumnya.

Selain dapat bermanfaat untuk menghilangkan dahaga, air kelapa kopyor juga bermanfaat untuk meredakan rasa gatal, mengembalikan stamina, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati penyakit demam berdarah, dan masih banyak lagi.

7. Kelapa Kerdil Fiji

Kelapa Kerdil Fiji

Kelapa kerdil fiji merupakan salah satu jenis kelapa yang berukuran kecil. Kelapa jenis ini berasal dari pulau fiji atau tepatnya berada  di tengah-tengah samudra pasifik.

Pohon kelapa ini dianggap sebagai pohon kelapa terpendek di dunia. Jenis kelapa ini bisa ada karena lingkungan daerah asalnya memiliki kandungan zat unsur hara yang unik, tingkat kelembaban yang tinggi serta dibarengi dengan iklim yang tropis.

Jika dibandingkan dengan jenis kelapa lainnya, kelapa kerdil fiji memiliki daya tahan yang lebih kuat dan tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

8. Kelapa Merah | Jenis Buah Kelapa

Jenis Buah Kelapa Merah

Kelapa merah memiliki ciri kulit buahnya yang bulat, berwarna coklat kemerahan berukuran cukup besar, serya mengandung minyak yang cukup tinggi. Air kelapa muda jenis ini banyak dikonsumsi oleh para wanita hamil untuk menjaga kesehatan janin dan kandungannya.

Air kelapa merah mengandung vitamin, antioksidan, serta beberapa mineral penting seperti klorida, potasium, dan kalsium yang diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh wanita yang sedang hamil.

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, air kelapa merah juga bermanfaat untuk detoksifikasi atau menetralisir racun yang ada di dalam tubuh serta menangkal radikal bebas yang membantu tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

9. Kelapa Raja

Kelapa Raja

Kelapa raja merupakan jenis kelapa yang berasl dari negara Srilanka. Jenis kelapa ini disebut juga sebagai kelapa kuning madu. Namun oleh masyarakat, jenis kelapa satu ini lebih dikenal dengan sebutan kelapa raja.

Kelapa raja lebih sering dimanfaatkan airnya saja, pasalnya, air kelapa jenis ini memiliki rasa yang lebih manis dan menyegarkan dibandingkan dengan jenis kelapa lainnya.

Jenis kelapa raja sebenarnya memiliki ukuran pohon yang tergolong cukup kecil, yaitu dengan tinggi maksimum sekitar 10 meter. Di Indonesia sendiri, jenis kelapa raja sudah mulai masuk ke perkebungan kelapa nasional pada tahun 2006 di Desa Tobelo, Halmahera, Maluku.

10. Kelapa Kuning | Jenis Buah Kelapa

Jenis Buah Kelapa Kuning

Selain kelapa hijau, kelapa kuning juga banyak kita jumpai di pasaran. Seperti namanya, jenis kelapa ini memiliki kulit buah berwarna kuning sedikit kecoklatan. Air dan dagingnya bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat minuman segar.

Rasa air kelapa kuning sebenarnya tidak seenak rasa air kelapa hijau, namun kelapa kuning juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Dantaranya yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penuaan, mengatasi jerawat, dan masih banya lagi. Kelapa kuning biasanya dapat dipanen ketika pohonnya sudah berumur sekitar 3 tahun dari masa tanam.

Demikian tadi jenis buah kelapa muda yang sangat beragam. Jadi yang mana buah kelapa favorit kalian? Untuk informasi menarik lainnya, jangan lupa kunjungi website kami hanya di Gambia Tourist Support.