Inilah Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil
By: Date: July 9, 2021 Categories: Umum Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Tahukah kamu bagaimana cara membuat minyak kelapa untuk ibu hamil? Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat minyak kelapa untuk ibu hamil. Penasaran bukan ? Yuk simak berikut ini selengkapnya !

Kelapa merupakan jenis buah yang mudah kita temukan di negara tropis seperti negara kita tercinta, Indonesia. Buah ini dapat digunakan selain air tawar dan menjadi terkenal untuk menghilangkan dahaga.

Namun selain airnya, ternyata daging kelapa juga bisa dijadikan minyak. Cara pembuatan minyak kelapa ini sudah dikenal nenek moyang Indonesia secara sederhana.

Minyak kelapa sejak dulu sudah digunakan oleh nenek moyang kita, tidak hanya bisa digunakan untuk bidang kuliner, minyak kelapa juga bisa populer di dunia kecantikan dan obat-obatan.

Tradisi minyak kelapa atau coconut oil sendiri masih ada dan juga dipertahankan hingga saat ini. Bahkan cara membuat minyak kelapa sendiri kini sudah bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam dunia kuliner, minyak kelapa mulai ditinggalkan. Padahal cara membuat minyak kelapa sangat mudah diolah, lebih praktis dan juga ekonomis.

Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi. Namun, jenis lemak jenuh yang terdapat pada minyak kelapa adalah medium chain triglycerides (MCT).

Jenis lemak ini akan langsung digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi. Cara membuat minyak kelapa juga mengandung asam laurat.

Berbagai Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Inilah Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

Dengan komposisi yang begitu banyak, minyak kelapa ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantara mereka:
Baik untuk penderita kolesterol tinggi.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Jadi cara membuat minyak kelapa ini dianggap baik untuk penderita kolesterol tinggi. Namun, beberapa penelitian juga mengatakan bahwa minyak kelapa belum tentu baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak kelapa terhadap kolesterol tinggi.

1. Menurunkan berat badan.

Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, penggunaan minyak kelapa dinilai baik untuk penderita obesitas.

Kandungan lemak jenis MCT pada minyak kelapa diduga mampu menurunkan berat badan. Namun, Anda tetap harus membatasi jumlah asupan minyak kelapa agar tidak kelebihan kalori yang justru akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, Anda tetap membutuhkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur.

2. Melembabkan kulit

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembab ringan untuk kulit. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin setelah mandi. Menggunakan minyak kelapa dua kali sehari pada kulit kering dapat membantu melembabkan kulit.

3. Menghilangkan Kutu rambut.

Menerapkan minyak kelapa ke rambut Anda mungkin efektif untuk mengusir kutu. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dianggap sebagai pengusir kutu alami.

Cara membuat minyak kelapa bisa digunakan untuk mengobati kutu rambut pada orang yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok untuk pengobatan kutu rambut.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitas minyak kelapa dalam mengobati kutu rambut.

4. Diabetes

Minyak kelapa dapat berdampak baik pada diabetes, karena dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan resistensi insulin. Namun, karena jenis lemak dalam minyak kelapa adalah lemak jenuh, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan minyak kelapa.

Beberapa Pilihan Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

Beberapa Pilihan Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

Cara membuat minyak kelapa murni di rumah, bagi yang ingin mencoba membuatnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Pilih kelapa tua, sesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • Air Secukupnya
  • Saringan
  • parutan
  • Botol penyimpanan minyak kelapa

Berikut cara memilih kelapa yang baik untuk digunakan sebagai minyak kelapa. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat minyak kelapa antara lain dengan pemanasan, fermentasi, pengolahan dingin, pemurnian. Selain itu, ada juga minyak kelapa murni yang dibuat tanpa pemanasan.

1. Cara membuat minyak kelapa murni dengan fermentasi

Jika Anda membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah sedikit, proses fermentasi adalah yang paling tepat.

  1. Pilih kelapa yang berkualitas baik, matang dan segar.
  2. Bersihkan kelapa, lalu parut dan campurkan dengan air matang lalu peras.
  3. Dari hasil parutan, langsung kita tuang ke dalam botol atau wadah, diamkan selama 24 jam dalam ruangan bersuhu 32 derajat Celcius. Proses penyimpanan ini akan memisahkan air dan minyak.
  4. Saring air yang sudah terpisah dari minyaknya, dan minyaknya sendiri akan menghasilkan warna putih pucat.

2. Cara membuat minyak kelapa murni dengan cara dipanaskan

Proses pembuatan minyak kelapa dengan cara dipanaskan, berikut caranya:

  1. Kupas kelapa, ambil dagingnya.
  2. Parut daging kelapa menggunakan parutan, jika anda enggan untuk memarut sendiri, anda bisa membeli yang sudah diparut dipasaran.
  3. Campur kelapa parut dengan air matang, peras dan saring untuk mendapatkan santan.
  4. Siapkan wajan dengan api kecil lalu tuang santan.
  5. Aduk santan secara perlahan, karena jika kita mengaduknya terus menerus maka santan akan menguap dan terpisah sehingga hanya tersisa minyak dan ampasnya saja yang dikenal dengan istilah blondo.
  6. Setelah minyak terbentuk, tuangkan ke dalam botol yang sudah disiapkan.

3. Cara membuat minyak kelapa murni dengan cara direbus

  1. Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap.
  2. Sambil menunggu air mendidih, parut dua buah kelapa tua.
  3. Campurkan kelapa parut ke dalam air panas, lalu blender hingga halus. 4. Saring air kelapa yang sudah diblender menggunakan saringan yang rapat agar santannya banyak.
  4. Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang.
  5. Aduk terus sampai air mendidih dan beruap dan krim kecoklatan terpisah dari minyak.
  6. Proses ini bisa memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

Itulah beberapa cara yang dapat dipraktekkan untuk membuat minyak kelapa. Semoga informasi cara membuat minyak kelapa untuk ibu hamil dapat bermanfaat yaa. See you ^^