Cara Pembuatan Briket yang Mudah Dicoba Untuk Pemula
By: Date: June 14, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , , , ,
cara pembuatan briket

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan briket. Seperti anda yang ketahui briket atau arang sering digunakan sebagai bahan pembakaran atau bahan bakar fosil. Oleh karena itu alakah baiknya juga anda mengetahui cara pembuatan briket.

Apa itu Briket Arang?

Sebelum masuk ke detailnya, briket arang pada dasarnya sama dengan arang lainnya. Yang biasa digunakan untuk menggoreng sate atau daging. Itu hanya dibentuk, dipadatkan atau dicetak. Bisa persegi, silinder, bulat dan lain-lain. Itulah mengapa benda ini disebut briket arang.

Konsep utama pembuatan briket arang adalah untuk mengubah limbah atau limbah menjadi solusi bahan bakar alternatif dan juga menjadi penghasilan tambahan untuk sumber pengolahan briket bahan bakar. Brinket juga dapat menggantikan bahan bakar konvensional seperti bensin. Selain itu juga dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan industri, seperti tungku, oven, dan lain sebagainya.

Dalam beberapa pengujian dan penelitian, briket arang ini biasa disebut bio-stone (karena terbuat dari bahan alami). Bio-stone adalah bahan bakar alami padat yang dapat mengurangi polusi, berkontribusi pada kelestarian lingkungan dan juga baik untuk makhluk hidup. Berbeda dengan bahan bakar yang digunakan kebanyakan orang, itu menyebabkan lebih banyak polusi, yang menghasilkan polusi udara.

Dengan mengolahnya menjadi briket, diharapkan para petani, pengusaha, dan siapa saja yang bermasalah dengan sampah dan limbah dapat menerapkan reformasi yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan dan juga ikut melestarikan lingkungan. Bahan baku briket adalah ampas tebu, tempurung kelapa, arang, serbuk gergaji, bahkan kulit durian.

Bentuk-bentuk Briket Arang

Adapun bentuk briket arang, mulai dari persegi, bulat, hingga silinder, bertujuan untuk meningkatkan daya tarik pengguna atau konsumen, serta alasan praktis untuk pengemasan sehingga dapat memuat dengan sangat bersamaan.

Berikut adalah berbagai jenis bentuk briket arang yang umum:

  • Hexagonal

Untuk bentuk heksagonal (segi 6) sebagian besar berbentuk briket yang berbahan baku kayu. Namun banyak juga permintaan pemesanan bentuk ini yang menggunakan kayu kelapa sebagai bahan bakunya.

Bentuknya segi enam atau hexagon dengan diameter umum 1 mm. Panjangnya bervariasi dari 5 cm hingga 10 cm. Namun ukurannya juga bisa berubah sesuai keinginan pemesan. Briket dengan ukuran ini biasanya digunakan pada kompor briket, tetapi beberapa pelanggan menggunakan briket heksagonal (6 sisi) untuk membakar tungku atau boiler.

  • Bentuk Bantal

Ada juga briket berupa bantal atau guling. Bentuk ini juga merupakan bentuk umum dan sering digunakan untuk melengkapi panggangan barbeque. Bahkan bagi sebagian orang, briket berbentuk bantal juga bisa digunakan untuk menyalakan tungku yang biasanya menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya. Ukurannya juga bervariasi. Mulai dari diameter 5 cm hingga 10 cm.

  • Kotak atau Kubus

Bentuk briket arang paling banyak ditemukan dan diminati konsumen dari dalam maupun luar negeri, di antara semua jenis briket arang lainnya. Ukuran umum untuk briket kotak atau kubus ini adalah 2 : 2 1 satuan ukur atau 1 : 1 : 1. Lebih banyak juga digunakan untuk segala jenis kebutuhan peralatan yang membutuhkan bahan bakar.

Briket ini juga biasa digunakan sebagai bahan bakar untuk barbecue grills (BBQ), dan juga untuk penggunaan sisha (sejenis rokok dari berbagai negara di Timur Tengah).

Dari berbagai jenis briket arang di atas, produsen baik pabrik maupun perorangan menambahkan tanda khusus pada setiap briket arang sebagai penanda dan promosi.

Cara Pembuatan Briket Sederhana

cara pembuatan briket

Alat dan bahan :

Cara Membuat Briket Sederhana :

  1. Tempurung kelapa dibakar hingga hangus, kemudian digiling hingga halus dan diayak dengan ukuran 50 mesh dan 70 mesh.
  2. Buat adonan dari kanji (air dengan kanji).
  3. Campurkan bubuk tempurung kelapa dengan campuran kanji.
  4. Bentuk bola-bola kecil atau letakkan pipa paralon (ditekan agar terlihat bagus).
  5. Jemur kurang lebih 1 hari di bawah terik matahari (sampai benar-benar kering.

Proses Pembuatan Briket :

cara pembuatan briket

A. Pengarangan

Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan cara direbus (dibakar) dengan tangan.

B. Pengayakan

Pengayakan bertujuan untuk menghasilkan serbuk gergaji dan arang kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak melalui saringan 50 mesh dan arang tempurung kelapa 70 mesh.

C. Pencampuran Media

Serbuk gergaji dan arang tempurung kelapa yang telah disaring kemudian dicampur dengan perbandingan 90% arang serbuk gergaji dan 10% arang tempurung kelapa. Pada saat pencampuran, ditambahkan dengan lem kanji hingga 2,5% dari seluruh campuran serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

D. Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan tercampur rata, dimasukkan ke dalam bentuk briket dan dipadatkan.

Baca juga : Cara membuat tahu bulat sederhana tanpa baking powder

Demikian artikel saya tentang cara pembuatan briket semoga bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf. Selamat mencoba….

Terima kasih:)