Cara Membuat Salome Bumbu Kacang
By: Date: October 21, 2021 Categories: Kuliner Tags: , , , , ,
cara membuat salome bumbu kacang

Hei disana jika kalian mencari cara membuat salome bumbu kacang disinilah tempatnya, saya akan membagikan resep dan cara membuat salome bumbu kacang pada artikel ini. Baca sampai selesai untuk lebih lengkapnya.

Salome

cara membuat salome bumbu kacang

Apakah Anda mencari ide untuk memasak salome dirumah sendiri?. Mempersiapkan Salome itu mudah, tetapi memiliki kesulitannya sendiri. Andai kata kalian mengolah salome dengan salah maka rasanya akan aneh atau hambar. Sementara itu, salome saus kacang yang lezat perlu memiliki aroma dan rasa yang mampu menggugah selera kita.

Alasan yang membuat salome tidak terasa enak ialah ketika kalian salah dalam pemilihan bahan olahan, salah ketika memasaknya, atau salah dalam penyajiannya. Akan lebih baik jika kita menjaga kesehatan dengan membuat salome sendiri dirumah. Bagi kalian yang mencari cara untuk memasaknya dirumah dengan mudah, disini saya akan membagikan resepnya.

Cara Membuat Salome Bumbu Kacang

Nah, kali ini mari kita coba membuat Salome Saus Kacang sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan yang dapat ditemukan dimana mana. Berikut cara membuat salome saus kacang ala gambia.

Bahan :

Siapkan tepung
Siapkan garam secukupnya
Pastikan Anda memiliki cukup air
Gunakan bahan bumbu kacang
Siapkan kacang goreng
Siapkan cabai
Ambil bawang putih
Pakai gula merah
Siapkan asam jawa (sebagian)
Siapkan kecap manis

Cara Pembuatannya :

Campur bahan Salome yaitu tepung terigu, sedikit garam dan air secukupnya. Kemudian uleni dan bentuk menjadi bulatan tergantung ukuran yang diinginkan.
Panaskan air, bila sudah mendidih masukkan salome pulungan yang sudah dibulatkan ke dalam air mendidih.
Tunggu sebentar, jika ada yang terapung berarti salomenya sudah matang. Angkat dan kosongkan. Tambahkan adonan lagi dan lakukan hal yang sama sampai semua adonan matang.
Goreng kacang tanah, lalu tumis sebentar bawang putih dan cabai.
Haluskan atau campur bahan kacang tanah yaitu kacang tanah goreng, cabai secukupnya, bawang putih sedikit, asam jawa sedikit, garam, gula merah secukupnya. Jika sudah halus, tambahkan sedikit air dan aduk rata.
Jika tidak ada asamnya bisa di skip, saya akan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk menggantikannya. Jika ingin lebih enak, Anda bisa menambahkan kecap manis.
Tes rasa, lalu tuangkan saus kacang di atas Salome. Salome siap dinikmati bersama keluarga.

 

Bahaya Makan Kacang Terlalu Sering

Kacang dipercaya dapat menyembuhkan atau meringankan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan alzheimer.

Selain itu, serat yang ditemukan dalam kacang-kacangan efektif untuk menurunkan berat badan. Inilah sebabnya mengapa beberapa memasukkan kacang ke dalam makanan mereka.

Ada juga banyak produk olahan kacang tanah yang mudah dinikmati, antara lain selai kacang, roti kacang, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Namun, jika konsumsi kacang terlalu berlebihan dan melebihi batas wajar yang dianjurkan, maka akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat kacang, kita tidak perlu memakannya secara berlebihan. Yang Anda butuhkan setidaknya segenggam almond.

Ada beberapa efek kesehatan negatif dari makan terlalu banyak kacang.

1. Memicu penambahan berat badan

Padahal, kacang-kacangan adalah makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan berkat kandungan serat dan proteinnya.

Namun, ini terjadi ketika dikonsumsi dalam porsi yang benar. Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak, Anda akan menambah berat badan dari efeknya.

Itu karena kacang tanah mengandung kalori yang cukup tinggi. Misalnya, 100 gram almond mengandung setidaknya 163 kalori.

2. Menyebabkan asam urat

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang lansia. Namun, penyakit ini juga bisa menyerang kaum muda.

Salah satu penyebab asam urat adalah makan terlalu banyak kacang pada saat yang bersamaan.

Hal ini terjadi karena kacang-kacangan mengandung senyawa purin, terutama pada kacang hijau dan kedelai, yang dapat memicu timbulnya asam urat.

3. Memicu peningkatan tekanan darah

Makan terlalu banyak kacang bisa menyebabkan tekanan darah naik, tapi itu tergantung bagaimana Anda mengonsumsinya.

Makan kacang yang tidak dicampur dengan bahan tambahan membawa manfaat yang baik bagi tubuh, namun di sisi lain, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kacang yang mengandung banyak garam, justru akan menimbulkan masalah pada tubuh.

Hal ini terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi garam yang dicampur dengan kacang-kacangan dapat memicu kenaikan tekanan darah yang jika tidak dikendalikan dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

4. Gangguan pencernaan

Kacang tanah tinggi serat yang dapat membantu pencernaan, tetapi sekali lagi, mereka harus dalam porsi yang tepat. Jika tidak, itu akan mempengaruhi pencernaan.

Hal ini karena sebagian besar kacang-kacangan mengandung senyawa fitat dan tanin yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan kita.

Selain itu, makan terlalu banyak kacang goreng juga merupakan hal yang buruk karena lemak dapat menumpuk di usus, yang dapat mempengaruhi berfungsinya sistem pencernaan.

5. Menyebabkan rambut rontok

Berbagai penelitian menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kacang dapat menyebabkan rambut rontok bahkan nyeri otot.

Hal ini karena beberapa jenis kacang-kacangan mengandung selenium, dan jika tidak terus tertelan, selenium dapat memperburuk kerontokan rambut.

6. Keracunan

Makan terlalu banyak kacang-kacangan seperti almond dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Ini jarang terjadi, tetapi kita harus selalu menyadarinya.

Karena almond mengandung asam hidrosianat, yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan saluran pernapasan.

Jadi, meski enak, Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi kacang almond.

 

Artikel cara membuat salome bumbu kacang saya hentikan sampai sini. Jika kalian masih ingin membaca tentang salome dapat membaca artikel ini. Atau baca artikel artikel yang bermanfaat lainnya di website ini.