Cara Membuat Piscok Lumer Crispy Rumahan Enak Banget
By: Date: July 6, 2021 Categories: Uncategorized
cara membuat piscok lumer crispy

Lagi cari resep cara membuat makanan ringan dengan bahan dasar buah pisang yang enak? Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat piscok lumer crispy yang praktis dan enak. Pisang dan coklat memang seperti perpaduan rasa yang pas untuk dibuat. Selain itu ada tips memilih jenis pisang yang cocok untuk digoreng.

Cara Membuat Piscok Lumer Crispy

cara membuat piscok lumer crispy

Pisang coklat merupakan salah satu olahan pisang yang populer dikalangan masyarakat. Mencarinya pun mudah, karena hampir bisa ditemukan di pinggir – pinggir jalan setiap kota di Indonesia. Karena bahan utamanya hanya pisang dan coklat yang tentu mudah didapatkan, kalian juga bisa membuat olahan pisang coklat ini dirumah loh. Tidak jauh dengan cara membuat pisang goreng crispy coklat keju, cara membuat piscok lumer crispy ini hanya perlu tambahan kulit lumpia.

Alat dan Bahan

Bahan :

  • 6 lembar kulit lumpia
  • 1 buah pisang tanduk
  • Cokelat batang secukupnya ( bisa diganti dengan meses cokelat )
  • Tepung terigu cair secukupnya
  • Air secukupnya

Alat :

  • Pisau
  • Wajan
  • Kompor
  • Wadah

Cara Membuat Piscok Lumer Crispy

  • Pertama ambil pisau dan potong pisang dengan potongan memanjang.
  • Kemudian taruh potongan pisang tadi di atas kulit lumpia.
  • Selanjutnya tambahkan cokelat batangan atau meses cokelat bersama pisang.
  • Lalu, oleskan tepung terigu cair di sekeliling kulit lumpia agar mudah saat digulung.
  • Kemudian gulung pisang dengan kulit lumpia secara perlahan.
  • Sambil menunggu proses gulung kulit lumpia, panaskan minyak secukupnya.
  • Goreng pisang cokelat dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan.
  • Terakhir, angkat dan tiriskan pisang coklat yang sudah matang.

Baca Juga : Resep Kacang Telur Kulit Tebal

Jenis Pisang yang Cocok untuk di Goreng

jenis pisang yang cocok untuk digoreng

1. Pisang Raja Bulu

Jenis pisang ini punya rasa yang legit dan aroma yang harum. Memiliki ukuran sedang dengan panjang 25 – 35 cm. Bagian kulitnya lumayan tebal dan berwarna kuning dengan tanda titik-titik hitam saat matang. Disebut pisang raja bulu karena memiliki daging yang tebal dan berbulu. Warna daging buahnya sendiri putih kemerahan.

Selain cocok diolah menjadi pisang goreng, pisang jenis ini bisa diolah menjadi pisang kukus dan beberapa olahan kue tradisional seperti kue nagasari, dan kue bolu pisang. Pasti kalian pernah membuat atau mencicipi olahan dari pisang ini kan?

2. Pisang Raja Uli

Pisang jenis ini punya karakter rasa yang manis dan pulen. Panjangnya sekitar 18 cm dan memiliki kulit yang tebal dan berwarna kuning cerah.  Daging dalam buah ini berwarna putih sedikit kuning. Aroma yang keluar dari pisang ini juga tidak kalah harum dari pisang raja bulu. Selain cocok digoreng, pisang ini juga nikmat bila direbus.

3. Pisang Kepok

Nah, pisang ini paling umum diolah dalam bentuk gorengan. Pisang jenis ini punya daging agak gemuk dan bentuk buah yang agak pipih, sehingga sering disebut juga dengan pisang gepeng. Ketika masih mentah warna kulitnya hijau dan akan berubah menjadi kuning jika sudah matang. Kalian bisa pilih pisang kapok yang berwarna kuning untuk membuat pisang goreng karena rasanya lebih enak dan pulen.

4. Pisang Nangka

Pisang nangka punya ukuran sedang dengan panjang 24-28 cm. Berbeda dengan pisang kebanyakan, pisang ini warna kulitnya hijau tua polos pada saat matang. Daging buahnya sendiri berwarna kuning tua dan memiliki karakter rasa asam manis. Selain cocok diolah menjadi pisang goreng, pisang nangka juga cocok diolah menjadi keripik, tepung, dan kolak pisang.

5. Pisang Tanduk

Selain pisang kepok, pisang jenis ini juga populer untuk digoreng. Karena bentuk pisang ini ujungnya runcing menyerupai tanduk orang menyebutnya dengan pisang tanduk. Ukuran pisang ini cukup besar dengan panjang sekitar 30-40 cm. Kulit buahnya berwarna cokelat kemerahan dan akan terdapat berbintik-bintik cokelat saat matang. Daging buahnya sendiri berwarna kuning kemerahan.

Nah itulah dua resep cara membuat piscok lumer crispy yang praktis dan enak tentunya. Dengan kombinasi yang pas dari pisang dan coklat tentu akan terasa nikmat dikonsumsi. Apalagi saat berkumpul bersama keluarga atau teman – teman pada malam hari, pasti akan menghangatkan suasana berkumpul. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba resepnya.