Cara Masak Daging Sapi Biar Empuk Tanpa Presto
By: Date: November 8, 2021 Categories: Uncategorized Tags: ,
Daging sapi tanpa presto

Cara Masak Daging Sapi Biar Empuk Tanpa Presto

Daging sapi tanpa presto

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara masak daging sapi biar empuk tanpa presto, simak penjelasan caranya di bawah ini. Semoga berhasil!

Baca juga: cara membuat ayam goreng mentega ala chinese food

Cara masak daging sapi biar empuk tanpa presto

Daging sapi tanpa presto

 

1. Teknik pemotongan daging sapi, panci serta api yang digunakan

Sebelum menambahkan bahan-bahan yang bisa membantu mengempukkan daging, pastikan untuk memotong daging dengan benar. Daging harus dipotong dengan melawan arah serat, kalau bisa jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal. Hal ini supaya tekstur daging tidak mudah rusak saat direbus dan bisa mempercepat pengempukkan daging.

Selain itu, pastikan menggunakan panci yang tertutup rapat dan jangan terlalu sering mengaduk, supaya panasnya bisa maksimal. Api yang digunakan harus api sedang, jangan terlalu besar karena bisa bikin tekstur daging jadi kering dan alot. Jika ingin mempercepat perebusan, bisa gunakan api besar di awal hingga air mendidih. Kemudian kecilkan api ketika daging sudah masuk ke dalam panci atau ketika daging sudah berubah warna.

2. Dengan tambahan nanas supaya daging tidak alot dan dapt menambah cita rasa pada daging

Buah nanas segar mengandung enzim bromelain yang mampu mencerna protein dan melunakkan jaringan daging, sehingga kamu bisa menambahkan nanas saat perebusan. Usahakan untuk menggunakan nanas segar, karena nanas kaleng atau jus nanas kemasan biasanya sudang mengalami penetralan enzim. Cara merebus daging sapi agar cepat empuk seperti ini bisa dilakukan dengan memotong nanas menjadi beberapa bagian sebelum memasukkannya ke dalam panci rebusan. Selain cara itu, kamu juga bisa membuat jus nanas untuk membuat marinasi daging selama 20 menit sebelum direbus.

Cara merebus daging agar cepat empuk dan tidak bau menggunakan nanas bisa dibilang cukup ampuh. Sebab, cita rasa nanas bisa menyamarkan bau khas daging dan membuat proses perebusan lebih cepat. Kamu hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menghasilkan daging sapi yang empuk. Nanas yang dimasak bersama daging pun bisa menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat.

3. Menggunakan teknik 5-30-7 supaya cepat empuk tanpa bahan tambahan lainnya

Rebus daging tanpa dicuci selama 5 menit, kemudian tiriskan dan buang airnya. Hal ini bertujuan untuk membersihkan daging. Setelah itu  rebus lagi daging hingga mendidih, tunggu 5 menit setelah air mendidih. Pastikan panci tertutup rapat, kemudian matikan apinya. Kemudian diamkan daging di dalam panci tanpa membukanya selama 30 menit. Jika sudah nyalakan api lagi hingga air mendidih dan tunggu selama 7 menit. Setelah itu, matikan api dan daging siap diolah sesuai selera.

4. Marinasi daging terlebih dahulu dengan garam dan bumbu sederhana lainnya sebelum direbus

Jika kamu tidak suka dengan rasa dan aroma nanas pada masakan, coba marinasi daging sapi dengan garam selama 30 menit. Lebih baik jika menggunakan bumbu yang sekalian digunakan untuk memasak. Proses marinasi membuat daging membuka jaringan untuk meresapi bumbu-bumbu marinasi. Sehingga saat direbus, daging akan lebih cepat empuk. Selain itu, penambahan bumbu pada air rebusan akan membuat titik didih lebih tinggi, sehingga daging lebih cepat empuk.

5. Remas atau bungkus daging sebelum direbus menggunakan daun pepaya yang bisa membuat daging bertekstur empuk tanpa mempengaruhi rasa masakan

Cara merebus daging supaya tidak alot dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun pepaya. Hal ini karena getah pepaya mengandung zat yang bisa mengurai protein daging sehingga bisa lebih empuk. Cara agar daging sapi cepat empuk dengan daun pepaya pun cukup mudah. Remas-remas daging bersama daun pepaya hingga keluar getahnya. Atau gunakan daun pepaya yang sudah diremas untuk membungkus daging.

Diamkan selama 15-30 menit sebelum merebus daging. Jangan terlalu lama, karena getah daun pepaya bisa membuat daging menjadi getir dan merusak cita rasa masakan. Cara ini bisa diandalkan untuk mempercepat perebusan, hanya butuh waktu 20 menit hingga daging bisa empuk sempurna.

 

Itulah beberapa tips cara merebus daging sapi biar empuk tanpa presto. Selamat mencoba!