Berikut Ini 3 Contoh Kerajinan Sabut Kelapa Terbaru!!!
By: Date: August 20, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , , , ,
3 Contoh Kerajinan Sabut Kelapa

Halo sahabat kali ini saya akan menjelaskan tentang 3 contoh kerajinan sabut kelapa. Serta juga menjelaskan seputar tentang sabut kelapa, seperti pengertian dan beberapa manfaatnya. Baca, simak serta pahami artikel ini agar anda atau saudara paham tentang contoh-contoh kerajinan sabut kelapa.

Sabut Kelapa

Serabut kelapa merupakan bahan baku kerajinan pembuatan berbagai produk kerajinan sabut kelapa. Pada dasarnya serabut kelapa ini merupakanhasil samping dari pohon kelapa atau limbah dari pohon kelapa.

Pada umumnya serat atau serabut kelapa ini memilki serat yang berbeda-beda sehingga ada yang masih kasar dan kental tersebut sehingga dapat diolah untuk mendapatkan serat yang lembut dengan dua cara, yaitu dengan cara tradisional (manual) dan cara modern (mekanis).

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

3 Contoh Kerajinan Sabut Kelapa

3 Contoh Kerajinan Sabut Kelapa

Tali Tambang

Tali merupakan sebuah tali yang berbahan dasar serabut kelapa dan juga mudah di buat oleh seorang pemula. Berikut cara melakukannya:

  • Setelah mengolah sabut, ikuti langkah-langkah di atas, buang sabut kering seluruhnya.
  • Kemudian bersihkan dari kotoran.
  • Setelah dibersihkan, ambil sabutnya lurus-lurus.
  • Kemudian putar serabut atau serat kelapa sampai padat dan tidak ada celah.
  • Jika kurang tebal maka tambahkan lebih banyak serat untuk membuatnya lebih tebal dan lebih panjang.
  • Setelah itu buatlah lingkaran hingga tali tersebut cukup kuat.
  • Setelah itu buatlah tali lain dengan ukuran dan panjang sama seperti langkah sebelumnya.
  • Kemudian putar kedua tali tersebut dengan tali anyaman sampai semua tali terpasang.

Briket Batok Kelapa

3 Contoh Kerajinan Sabut Kelapa

Pekerja menutup briket yang sedang dalam proses penjemuran menggunakan plastik di industri briket rumahan “Merapi Perkasa”, Pondokrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta, Senin (5/1). Produksi briket berbahan baku arang batok kelapa yang biasa diekspor ke sejumlah negara di Eropa, Timur Tengah dan Amerika itu mengalami pembekakan biaya produksi hingga 100 persen menyusul tingginya intensitas hujan sehingga proses pembakaran briket membutuhkan waktu lebih lama. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/Rei/ama/15.

Briket adalah blok bahan yang mudah terbakar untuk digunakan sebagai bahan bakar. Briket juga dapat dibuat dari batok kelapa. Bahan bakar ini atau briket batok kelapa ini terbuat dari pembakaran bahan-bahan kecil.

Cara membuat briket cukup mudah dan di pabrik anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Briket dapat dibuat dari arang tempurung kelapa, serbuk gergaji, sampah organik, arang sekam dan lainnya. Berbagai jenis bahan ini dapat digunakan juga untuk membuat bahan bakar.

Alat dan Bahan :

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air
  • Mesin penepung arang / diskmill
  • Alat pencetak briket
  • Mesin pencampur adonan
  • Oven briket

Proses Pengarangan :

Pertama-tama masukkan batok kelapa ke dalam tong yang sudah anda siapkan. Kemudian bakar batok kelapa tersebut dan tutup tong serta beri sedikit ventilasi udara agar api dalam tong tidak padam.

Proses Penepungan :

Arang yang telah dihasilkan melalui pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis kemudian dikembangkan menggunakan mesin disc milling.

Proses Pengayakan :

Setelah melalui proses penghancuran arang tersebut, kemudian diayak dan kemudian dapat menghasilkan arang tempurung kelapa dengan ukuran yang lebih halus dan lebih halus. Briket batok kelapa ini dapat diayak dengan ayakan kira-kira 50 mesh.

Proses Pencampuran Media:

Tepung kelapa ini kemudian dicampur dengan air dan lem kanji. Selama proses pencampuran ini, lebih baik menambahkan lem pati 2,5% dari tepung kelapa sebelumnya.

Proses Pencetakan Briket Arang Kelapa :

Jika semua bahan sudah tercampur rata, maka proses pencetakan menggunakan cetakan.

Proses Pengeringan:

Keringkan briket yang sudah dipres menggunakan oven pada suhu 650 oC selama kurang lebih 2 jam, pengeringan ini dapat menggunakan bantuan sinar matahari. Jika sudah kering briket batok kelapa ini sudah bisa digunakna atau dikemas untuk dijual.

Jok Mobil

Contoh produk kerajinan dari sabut kelapa adalah jok mobil dan hal ini masih jarang dipahami oleh masyarakat. Meski industri otomotif adalah merek ternama seperti Mercedes Benz, pada beberapa mobil keluarannya menggunakan jok berbahan sabut kelapa.

Penggunaan sabut kelapa sebagai tempat duduk ditunjang dengan fleksibilitas. Selain itu, juga memiliki daya tahan yang baik dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Berikut cara mengolahnya:

  1. Siapkan terlebih dahulu sabut kelapa atau cocofiber.
  2. Sikatlah kelapa dengan sikat kawat agar menghasilkan serat dari kelapa.
  3. Bisa juga dengan menggunakan mesin pengurai sabut kelapa yang lebih praktis dan bisa menghasilkan banyak.
  4. Jika serat serabut sudah terkumpul banyak, masukkan ke dalam desain jok mobil. Cara memasukkan secara manual atau menggunakan alat.
  5. Jangan lupa tekan bagian dalam hati agar padat dan tidak ada udara atau celah pada kerajinan sabut kelapa.
  6. Setelah itu tutup jok tersebut menggunakan kulit sintetis atau lapisan lain sesuai keinginan Anda.

Baca juga : Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa Untuk Pemula

Sekian dari saya kurang lebihya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang 3 contoh kerajinan sabut kelapa bermanfaat dan berguna untuk anda. Serta bisa juga menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil…

Terima kasih:)