Trik Kirim Paket ke Taiwan yang Aman dan Sesuai Prosedur
By: Date: July 20, 2021 Categories: Jasa Tags: , ,
Kirim paket ke Taiwan 1

Kirim paket ke Taiwan atau tujuan negara lain memang cukup rumit. Ada banyak dokumen harus disiapkan. Untuk kegiatan ekspor barang dengan jumlah tertentu hal ini wajib diikuti sebagai pelengkap agar paket sampai ke tempat pengirim selamat tanpa ada kendala suatu apapun.

Cara Kirim Paket Ke Taiwan untuk Kegiatan Ekspor

Kirim paket ke Taiwan untuk kegiatan ekspor saat ini sudah semakin mudah. Tidak serumit dan sepanjang dulu. Jika sekarang ini Anda sedang akan melakukan kegiatan ekspor tidak ada salahnya perhatikan pedoman dibawah ini agar tidak salah langkah lagi. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Wajib Ada Commercial Invoice

Setiap pengiriman ke luar negeri pihak pengirim harus menyertakan commercial invoice sebagai bukti daftar barang yang ada dalam paket. Semua isi dokumen tersebut harus memakai Bahasa Inggris dan tidak diperbolehkan menggunakan tulisan tangan. Semua kelengkapan harus tercatat di dalamnya

Kirim paket ke Taiwan 1

Semua data yang ada di dalam harus bersangkutan dengan barang tersebut. Misalnya jumlah, harga, juga sertakan foto jika perlu. Hal itu untuk membuat transparansi data serta pemeriksaan data berjalan dengan lancar. Dengan begitu paket bisa segera diproses tanpa menunggu waktu terlalu lama.

  1. Penulisan Alamat yang Harus Jelas

Selain itu mengirim paket tentu harus menyertakan kelengkapan alamat yang jelas.  Saat mengirim paket dalam kota saja bila alamat tidak jelas maka bisa dikembalikan, apalagi jika lokasinya cukup jauh, yakni luar negeri. Kalau perlu lengkapi juga dengan alamat email juga nomor telephone yang aktif.

Biasanya jasa pengirim akan meminta untuk mencantumkan nomor telephone cadangan apabila sampai di lapangan nomor pertama tidak aktif. Selain itu email juga berguna sebagai media informasi kepada penerima apabila paket sudah sampai di jasa pengiriman cabang terdekat kalau mau bisa diambil.

  1. Ada MSDS Untuk Paket Berupa Cairan

Ada syarat khusus untuk paket yang berupa cairan, yakni harus menyertakan Material Safety Data Sseheet atau MSDS. Tujuannya adalah menginformasikan kepada pihak barang jasa tersebut jika paket tersebut memerlukan perlakukan khusus. Tujuannya agar di dalamnya tidak rusak dan gagal kirim.

Selain itu nantinya pihak agen pengiriman juga akan memberikan informasi kepada penerima bila paket tidak bisa sampai tepat pada waktunya. Sebab harus dilakukan pengecekan MSDS terlebih dahulu dan memastikan barang bisa dikirim dengan aman tanpa membahayakan para petugasnya.

  1. Packing yang Harus Disempurnakan

Saat barang sudah dipastikan lengkap dengan dokumen maka masuk ke langkah berikutnya yakni packing. Natinya pengirim akan mendapatkan packing list berisi nomor, kemudian juga tanggal serta daftar lengkap eksportir juga importir. Semua spesifikasi barang sudah terdata dengan sempurna.

Ketika packing list sudah selesai maka tinggal tunggu jumlah total pengiriman barang keluar sajq. Nantinya jumlah total inilah yang akan dimasukkan ke dalam commercial invoice. Jika belum terbiasa biasanya petugas akan mengarahkan.

  1. Bukti Bayar Bea Cukai

Masuk ke langkah terakhir yakni pembayaran bea cukai. Setelah dapat nota jumlah total segera bayarkan agar pengiriman juga langsung diproses. Untuk mendapatkan dokumen tersebut biasanya harus ada pembuktian terlebih dulu dari pengajuan PEB.

Nantinya pengajuan PEB tersebut juga harus sudah mendapat persetujuan dari ekspor PEB. Lakukan proses pembayaran sesuai ongkos yang diberikan, kemudian tinggal tunggu barang diproses untuk selanjutnya dikirim ke negara tujuan.

Itulah beberapa langkah atau tahapan yang akan dilakukan jika melakukan kegiatan eksportir mandiri. Namun bila tidak ingin terlalu repot bisa memakai jasa dari agen pengiriman saja, contohnya adalah Kilo.id.