Tips Menjernihkan Minyak Goreng Hitam & Keruh
By: Date: July 27, 2021 Categories: Umum Tags: , , , , , , , , , , , ,

Tahukah kamu tips menjernihkan minyak goreng hitam dan keruh? Anda bisa menerapkan tips berikut ini agar minyak goreng tidak cepat hitam saat memasak. Terus menggunakan minyak goreng yang sudah menghitam dan keruh tentu bisa mempengaruhi rasa dan aroma makanan. Bahkan makanan yang Anda goreng tidak sempurna.

Selain itu, penggunaan minyak goreng yang keruh atau menghitam tidak dianjurkan. Alhasil, Anda harus segera mengganti minyak yang digunakan untuk memasak dengan yang baru. Melihat harga minyak yang semakin mahal, tentu hal ini perlu diperhatikan.

Tips agar minyak goreng tidak cepat hitam dipengaruhi oleh cara penggunaan dan penyimpanannya. Sebenarnya penggunaan minyak goreng dianjurkan untuk digunakan 3 kali saja.

Setelah minyak goreng keruh dan menghitam, Anda tidak bisa menggunakannya lagi. Selain berdampak pada rasa dan aroma, penggunaan minyak goreng hitam dan keruh dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

5 Tips Menjernihkan Minyak Goreng Hitam & Keruh

minyak goreng hitam

1. Jangan Gunakan Api Besar Saat Memasak

Salah satu tips agar minyak goreng tidak cepat menghitam adalah dengan menghindari penggunaan panas yang tinggi saat memasak. Warna minyak goreng bisa cepat berubah menjadi hitam jika Anda sering menggunakan api besar dalam proses menggorengnya.

Minyak yang terlalu panas akan cepat menghitam. Jadi, sebaiknya gunakan api kecil atau sedang untuk menggoreng.

Baca Juga :

2. Segera Bersihkan Sisa Makanan dengan Minyak

Tips selanjutnya agar minyak goreng tidak cepat menghitam adalah dengan segera membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam minyak tersebut.

Misalnya, dalam membuat gorengan bertepung, biasanya akan ada sisa minyak yang tersisa.
Anda harus segera membersihkan sisa-sisa ini. Hal ini dilakukan agar kualitas oli bisa lebih terjaga, sehingga Anda harus segera membersihkan sisa-sisa tersebut secepatnya. Jika dibiarkan, nantinya sisa-sisa makanan ini akan larut dan mencemari minyak.

3. Jauhkan Minyak dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Selain memperhatikan cara memasak, Anda juga harus memperhatikan cara menyimpan minyak. Tips selanjutnya agar minyak goreng tidak cepat menghitam adalah dengan menyimpannya jauh dari sinar matahari langsung.

Jika tidak disimpan dengan benar, minyak akan cepat berubah menjadi keruh dan hitam. Simpan minyak dalam wadah stainless steel atau botol tertutup rapat. Jauhkan dari sumber panas dan sinar matahari langsung.

4. Pisahkan Minyak Sesuai Makanan Yang Digunakan

Tips selanjutnya agar minyak goreng tidak menghitam masih berkaitan dengan penyimpanannya yaitu memisahkan minyak menurut bekas gorengan. Hal ini dilakukan untuk menghindari tercampurnya aroma makanan yang satu dengan yang lain.

Misalnya, ketika Anda menggunakan minyak goreng untuk memasak ikan, gunakan minyak goreng bekas untuk menggoreng ikan setelahnya. Jangan sampai Anda menggunakan minyak goreng yang digunakan untuk memasak ikan yang digunakan untuk memasak makanan lain, seperti pisang goreng. Jadi, pisahkan minyak sesuai dengan bekas makanan yang Anda masak.

5. Penggunaan Minyak Maksimum adalah Tiga Kali

Tips selanjutnya agar minyak goreng tidak cepat menghitam adalah batas pemakaiannya. Seperti disebutkan sebelumnya, oli tidak boleh digunakan berulang kali. Paling tidak, maksimal tiga kali pemakaian atau penggorengan saja.

Jika digunakan berulang kali, oli akan menghitam dan tentunya kualitasnya akan menurun. Apalagi hal ini bisa menyebabkan rasa hingga aroma makanan menjadi tidak enak seperti yang seharusnya. Selain itu, penggunaan minyak goreng secara berulang-ulang atau yang sudah menghitam dan keruh juga dapat mempengaruhi kesehatan.

6 Tips Irit Minyak Goreng Saat Memasak

1. Gunakan Wajan Antilengket untuk Memasak

Memasak di wajan anti lengket bisa menghemat banyak minyak goreng. Terutama untuk menumis atau memanggang.

2. Memasak Makanan dengan Metode Pan Fried

Ada banyak metode memasak yang dikenal di dunia kuliner. Ini termasuk menggoreng dangkal, menggoreng, menumis, dan menggoreng. Sebagai perbandingan, metode penggorengan menggunakan minyak paling sedikit.

3. Masak dengan Semprotan Memasak

Alih-alih menuangkan minyak, coba gunakan semprotan memasak untuk memasak. Dengan cara ini, minyak dapat menyebar dengan sempurna ke seluruh permukaan makanan tanpa harus menuangkan terlalu banyak.

4. Ganti Goreng dengan Panggang

Anda juga bisa mengubah cara memasak dengan menggoreng menjadi memanggang. Selain lebih hemat minyak, cara ini juga membuat hasil masakan Anda lebih rendah kalori.

5. Gunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Idealnya, minyak goreng hanya digunakan sekali untuk memasak. Namun sebenarnya minyak goreng masih aman untuk digunakan berulang kali. minyak goreng bisa digunakan kembali hingga tiga kali. Agar minyak goreng tidak cepat rusak, gunakan minyak goreng untuk proses memasak dengan suhu di bawah 120 derajat Celcius.

6. Makanan Hangat dengan Mengukus

Makanan biasanya dihangatkan dengan cara digoreng. Tetapi Anda juga bisa menghangatkan makanan dengan mengukusnya atau memasukkannya ke dalam microwave. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi menggunakan minyak goreng.

Itulah beberapa tips agar minyak goreng tidak hitam dan keruh yang bisa Anda praktikkan di rumah. Jika minyaknya hitam dan keruh, segera ganti dengan yang baru agar tetap sehat dan rasa makanannya enak