Perbedaan Gula Aren dan Gula Palem
By: Date: November 8, 2021 Categories: Uncategorized Tags: ,
Gula aren dan gula palem

Perbedaan Antara Gula Aren dan Gula Aren

Gula aren dan gula aren

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang perbedaan gula aren dan gula aren, simak penjelasan lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga: cara membuat bumbu jagung bakar

Palem

Adalah jenis gula yang dibuat dari sari batang pohon palem. Gula ini mulai banyak digunakan untuk menggantikan gula pasir sebagai pemanis makanan. Itu karena gula aren dinilai lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi dibandingkan gula pasir.

Bagi sebagian orang, pengertian gula aren sama dengan gula aren atau palm sugar. Keduanya berwarna coklat yang membuat orang sulit membedakannya. Padahal gula aren sebenarnya lebih mudah dikenali. Itu karena teksturnya berupa butiran pasir yang lembut.

Ciri-ciri gula palem

  • ┬áTerbuat dari sari pohon palem.
  • Memiliki tekstur seperti butiran pasir yang halus.
  • Warna gula aren berwarna coklat tetapi lebih ringan dari gula aren. Perbedaan warna dengan gula aren adalah gula merah memiliki warna coklat muda sampai coklat kemerahan.
  • Memiliki rasa manis yang ringan dibandingkan gula aren atau gula jawa. Gula aren juga memiliki ciri khas seperti karamel.

Manfaat gula aren

1. Kaya akan fitonutrien

Gula palem juga kaya akan fitonutrien atau nutrisi dari tumbuhan yang membawa banyak manfaat. Kandungan fitonutrien seperti anthocyanidin, polifenol dan nutrisi serupa lainnya memiliki manfaat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

2. Terdapat inulin bagi kesehatan pencernaan

Pada gula palem terdapat zat inulin, yakni serat pangan yang dapat larut dan sangat bermanfaat bagi bakteri usus dalam pencernaan. Selain bermanfaat untuk melindungi saluran cerna, inulin juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Namun perlu diingat bagaimanapun juga gula palem merupakan pemanis alami yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

3. Memiliki kandungan energi

Pada gula palem juga terdapat kandungan karbohidrat yang merupakan sumber energi. Dengan energi yang cukup, tubuh bisa berfungsi dengan baik.

 

Aren

Terbuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon aren. Gula aren biasanya juga diasosiasikan dengan semua jenis gula yang terbuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga-bunga pohon keluarga palma, seperti kelapa, aren dan siwalan.

Ciri-ciri gula aren

  • Merupakan pemanis tradisional yang terbuat dari getah pohon aren
  • Warnanya coklat dan rasanya paling manis
  • Memiliki aroma yang khas dan cukup kuat
  • Teksturnya tidak terlalu keras dan mudah hancur

Perbedaan gula aren dan gula palem

1. Palem

Biasa disebut dengan nama semut gula. Ada juga yang menyebutnya gula merah karena teksturnya mirip gula pasir, hanya lebih halus dengan warna kecoklatan. Terbuat dari sari pohon palem, sehingga disebut gula aren. Aromanya sangat harum dan khas sehingga lebih sering digunakan dalam campuran makanan manis seperti kue tradisional hingga kue modern atau kontemporer.

2. Aren

Banyak orang salah mengira gula aren dengan gula jawa. Gula ini terbuat dari nira pohon aren yang diolah secara tradisional dan dibentuk dengan batok kelapa. Namun ada juga yang berbentuk silinder seperti gula jawa. Anda hanya perlu membedakan dari segi warnanya saja karena gula aren memiliki warna yang lebih cerah dan kekuningan dengan tekstur yang lebih lembut dibandingkan gula jawa. Gula aren banyak digunakan untuk sup kuliner seperti wedang ronde, kolak, cendol, dan minuman tradisional lainnya. Rasa gula aren lebih manis dan saat dicairkan teksturnya lebih legit.

3. Jawa

Meski sama-sama berwarna coklat, namun dari segi tampilan gula aren dan gula jawa tentu sangat berbeda. Gula aren kebanyakan dijual dalam bentuk bubuk kemasan, sedangkan gula jawa dijual dalam bentuk silinder kecil dan padat. Terbuat dari sari pohon kelapa atau nira aren. Bisa juga disebut gula merah karena warna yang lebih pekat cenderung merah tua. Jajanan tradisional Indonesia bisa Anda temukan sebagai isian atau isian pemanis pada kue bambu putu, getuk, gemblong, dan lain sebagainya.

 

Itulah perbedaan gula aren dan gula aren , semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan terima kasih.