Pembuatan Minyak Sereh Dengan Mudah
By: Date: July 21, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , ,
Pembuatan Minyak Sereh Hai guyss, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang Pembuatan Minyak Sereh. Apakah kalian sudah tau gimana caranya? Yuk simak artikel ini.

Pembuatan Minyak Sereh

Cara membuat minyak atsiri sereh itu ada beragam cara, seperti Penyulingan, Pengepresan, Ekstrasi dengan Lemak Dingin, Ekstrasi dengan Lemak Panas, dan lain sebagainya. Tetapi, dari kebanyakan cara membuat minyak atsiri sereh itu menggunakan Metode Penyulingan atau Destilasi. Apa si itu Penyulingan? Yuk kita langsung masuk saja ke penjelasannya. Let’s Go!

Penyulingan/Destilasi

Minyak atsiri paling sering dibuat dengan menggunakan metode penyulingan atau distilasi. Metode distilasi adalah metode pemisahan kimia berdasarkan perbedaan laju atau kemudahan penguapan (volatilitas) bahan. Dalam proses distilasi, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali menjadi bentuk cair. Sekarang ada 3 metode penyulingan, yaitu:
1. PENYEMPURNAAN DENGAN SISTEM PEMESANAN
Metode ini biasa disebut dengan water distillation. Bahan yang akan disuling dengan sistem ini dihubungkan langsung ke air mendidih. Kelebihan dari sistem ini adalah alat yang digunakan sederhana dan waktu yang dibutuhkan untuk produksi minyak juga tidak lama. Dan kekurangannya, penyulingan dengan sistem air kurang cocok untuk bahan baku yang tidak tahan panas, dan kualitas penyulingan tidak sebaik distilasi uap air.
2. PENYARINGAN AIR DAN UAP
Pembuatan Minyak Sereh Material yang digunakan dalam sistem ini tidak bersentuhan langsung dengan air, tetapi diberi pembatas antara air dan Simplicia, yang biasa disebut dengan spongy. Air mendidih dan uap membawa sebagian minyak atsiri yang seharusnya mengalir ke kondensor dan kemudian menuju ke pemisah otomatis air dan minyak dan pasti akan terpisah nanti. Karena ada perbedaan berat dan jenis di mana minyak lebih kecil dari densitas air, sehingga minyak terasa di atas dan air di bawah, itulah prinsip sistem ini. Nama lain dari sistem ini adalah Water and Steam Distillation.
3. DISTILASI UAP LANGSUNG
Destilasi ini digunakan untuk senyawa yang memiliki titik didih 200 derajat Celcius atau bahkan lebih. Uap yang dihasilkan oleh pembangkit uap mengalir ke simpilisa dan membawa minyak atsiri bersama dengan uap, ini adalah prinsip sistem distilasi dengan uap langsung. Destilasi uap paling umum digunakan untuk membuat minyak atsiri karena merupakan yang terbaik karena dapat menghasilkan minyak berkualitas tinggi karena tidak bercampur dengan air. Sekarang untuk contoh yang lebih rinci tentang bagaimana itu dibuat. Kali ini adalah contoh pembuatan minyak sereh.

Pembuatan Minyak Sereh

Alat dan Bahan :
  • Sereh
  • Ketel Suling
  • Air
  • Isolasi
Cara Membuat Minyak Sereh
  1. Masukkan air secukupnya kedalam alat suling.
  2. Kemudian masukkan serai ke dalam ketel suling, kemudian isolasi pinggirannya untuk mencegah panas mengalir ke luar.
  3. Tunggulah beberapa saat, kemudian minyak atsiri akan terlihat di tabung pemisah.
Baca juga : Minyak Atsiri Kayu Putih

Manfaat Minyak Atsiri Serai Wangi

Pembuatan Minyak Sereh Minyak atsiri yang dihasilkan juga dikenal sebagai Minyak Atsiri Citronella di pasaran. Ternyata minyak atsiri serai wangi mempunyai banyak manfaat. Ini karena minyak atsiri serai mengandung konsentrasi antioksidan dan fitokimia yang tinggi. Oleh karena itu, penggunaannya sangat bermanfaat dari segi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat minyak atsiri serai yang perlu Anda ketahui:
  • Mengusir serangga secara alami sehingga efektif sebagai pengusir nyamuk.
  • Efektif meredakan nyeri otot saat memijat bagian yang bengkak dan kaku.
  • Aromanya memberikan efek menenangkan, bisa dihirup langsung atau diteteskan ke dalam diffuser.
  • Dapat melindungi sistem pencernaan jika tertelan dalam jumlah kecil.
  • Membantu detoksifikasi saat tertelan dengan mencampurkan 1-2 tetes minyak dalam madu, lemon, dan air hanga.t
  • Kandungannya dapat membantu menjaga kulit tampak halus dan mulus.
Nah, itulah proses pembuatan minyak sereh. Untuk proses penyulingan kalian bisa menggunakan Alat Destilasi Minyak Atsiri. Dan untuk alat lainnya kalian bisa mengunjungi RumahMesin. Semoga bermanfaat!