Minyak Atsiri Kayu Putih Berpotensi Mencegah Virus Covid-19?
By: Date: March 3, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , , , , , , ,
minyak atsiri kayu putih

Halo semua! Pada kali ini saya akan membagikan informasi mengenai minyak atsiri kayu putih. Sebelumnya kalian udah pada tau belum apasi minyak atsiri itu? Jadi, minyak atsiri adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruangan namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas.

Apa Itu Minyak Atsiri Kayu Putih?

minyak atsiri kayu putih

Minyak atsiri kayu putih merupakan salah satu minyak atsiri yang di peroleh dari penyulingan daun kayu putih yang merupakan metabolit sekunder yang dihasilkan oleh pohon kayu putih. Penyulingan ini di butuhkan mesin atau alat penyulingan yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri. Minyak atsiri kayu putih ini memiliki beragam manfaat yang dapat digunakan sebagai minyak pengobatan, di konsumsi pe oral atau di oleskan ke tubuh.

Pada umumnya minyak kayu putih memiliki warna kuning dengan aroma yang cukup kuat dan di kemas dalam kemasan botol plastik

Manfaat Minyak Atsiri Kayu Putih

minyak atsiri kayu putih

Meredakan batuk

Minyak atsiri kayu putih sudah digunakan selama bertahun tahun yang digunakan untuk meredakan batuk. Beberapa obat batuk yang di jual bebas saat ini mengandung minyak atsiri kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya. Seperti vicks vaporub mengandung sekitar 1,2 % minyak atsiri kayu putih Bersama dengan bahan Pereda batuk lainnya.

Membersihkan dada

Minyak atsiri kayu putih tidak hanya dapat meredakan batuk, namun juga dapat membantu mengeluarkan lender dari dada. Dengan menghirup aroma minyak atsiri kayu putih dapat mengencerkan lender dan pada saat batu akan di keluarkan. Atupun kamu dapat mengoleskan minyak kayu putih, maka juga akan menghasilkan efek yang sama.

Meredakan gigitan serangga

Jika kamu digigit serangga, nyamuk, atau penggigit lainnya itu dapat membawa penyakit yang membahayakan Kesehatan kita. Dengan menghindar dari gigitan serangga merupakan pertahanan yang terbaik. Cukup dengan mengoleskan minyak atsiri kayu putih maka akan meredakan gigitan serangga tersebut.

Mengobati luka

Salah satu suku di Australia menggunakan daun kayu putih untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Minyak kayu putih yang di encerkan dapat digunakan pada kulit untuk melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan. Atau kamu dapat membeli krim atau salep yang mengandung minyak atsiri kayu putih. Produk ini dapat digunakan pada luka bakar ringan atau luka lain yang dapat dirawat di rumah

Bernapas dengan mudah

Jika kamu menderita penyakit asma dan sinusitis, kamu dapat mengatasinya dengan menghirup uap dengan tambahan minyak atsiri kayu putih. Minyak ini bereaksi dengan selaput lendir, dan juga membantu mengeluarkan lendir.

Bagi orang yang alergi terhadap minyak kayu putih, penyakit asma tersebut dapat bertambah parah. Masih di perlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan bagaimana kayu putih mempengaruhi orang dengan asma.

Mengontrol gula darah

Minyak atsiri kayu putih berpotensi sebagai pengobatan diabetes. Menurut para ahli, bahwa minyak kayu putih mungkin berperan dalam menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Menurut komunitas ilmiah merekomendasikan pemantauan gula darah yang cermat bagi orang yang menggunakan obat diabetes dengan minyak atsiri kayu putih.

Menyegarkan napas

Minyak atsiri kayu putih memiliki sifat anti bakteri yang dapat digunakan untuk melawan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap. Beberapa produk obat kumur dan pasta gigi mengandung minyak esensial sebagai bahan aktif. Produk kayu putih juga dapat membantu mencegah penumpukan plak pada gigi dan gusi dengan cara menyerang bakteri penyebab kerusakan gigi.

Meredakan nyeri sendi

Menurut penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri kayu putih berguna untuk meredakan nyeri sendi. Faktanya, banyak krim atau salep over the counter popular yang digunakan untuk meredakan nyeri akibat kondisi osteoarthritis dan rheumatoid arthritis mengandung minyak atsiri kayu putih.

Selain itu, minyak atsiri kayu putih juga membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan banyak kondisi. Dan juga dapat membantu orang yang mengalami sakit punggung atau mereka yang baru pulih dari cedera sendi atau otot.

Berpotensi mencegah virus Covid-19

Ternyata, minyak atsiri kayu putih berpotensi dalam mencegah virus corona. Bahan alami ini dapat berperan sebagai anti virus karena memiliki kandungan aktif dalam minyak atsiri kayu putih. Namun, masih di perlukan penelitian yang lebih lanjut mengenai hal ini

Mengurangi demam

Minyak atsiri kayu putih memiliki senyawa yang mampu merangsang kelenjar Eccrine uang mengeluarkan keringat. Sehingga dapat membantu mengurangi demam dengan melawan infeksi dan merangsang keringat sehingga mendinginkan tubuh. Selain itu, minyak kayu putih juga membantu tubuh membuang racun melalui keringat.

Mengatasi perut kembung

Minyak atsiri kayu putih memiliki sifat karminatif yang dapat membatasi pembentukan gas, serta membantu menghilangkan gas yang sudah terbentuk di usus sehingga perut kembung pun teratasi. Minyak ini juga memberikan efek hangat yang di berikan oleh senol sehingga dapat membantu meradakan masuk angin.

Mengurangi kram perut

Ketika kalian para perempuan mengalami kram perut karena PMS sehingga membuat rasa tidak nyaman untuk melakukan aktifitas sehari hari. Kamu dapat mengatasinya dengan mengoleksan minyak kayu putih pada perut. Hal ini dikarenakan, sifat antispasmodic yang dimiliki minyak atsiri kayu putih dapat membantu mengurangi atau meredakan kram perut.

Walaupun masih di butuhkan penelitian yang lebih lanjut, tak ada salahnya kalian mencoba menggunakan minyak kayu putih jika mengalami salah satu keluhan seperti yang di atas.

Kandungan Minyak Atsiri Kayu Putih

Menurut salah satu penemuan yang menarik perhatian yaitu adanya salah satu kandungan minyak atsiri kayu putih yang dapat mencegah virus corona. Manfaat tersebut dapat di dapatkan dari kandungan eucalyptus yang ada dalam minyak kayu putih. Selain itu, senyawa ini di percaya dapat menghancurkan virus, salah satunya yaitu virus corona yang sedang melanda Indonesia sekarang ini.

1,8 kandungan sineol atau di kenal dengan nama cajuputol merupakan senyawa monoterpene yang sering dilaporkan bahwa memiliki kemampuan sebagai antiradang, antioksidan, dan berpotensi sebagai senyawa yang mampu menghambat infeksi Covid-19. Namun, studi ini masih diperlukan lebih lanjut untuk pembuktian empiris.

Cara Membuat Minyak Atsiri Kayu Putih

Kamu dapat membuat minyak atsiri daruma asalkan memiliki alat penyulingannya yaitu mesin destilasi minyak atsiri, dan juga bahan bahan yang sudah di siapkan. Berikut Langkah langkahnya:

  1. Yang pertama yaitu siapkan daun kayu putih
  2. Kemudian masukkan daun kayu putih kedalam ketel penyulingan yang berukuran besar, lalu di masak.
  3. Saat proses memasak, pastikan ketel tertutup dengan rapat supaya uap yang keluar dapat menghasilkan minyak atsiri kayu putih yang maksimal.
  4. Saat proses pemasakkan, kamu harus terus menunggu supaya minyak atsiri kayu putih terolah dengan benar dan hasilnya tidak berkurang.
  5. Setelah di masak, hasil minyaknya di tamping dalam tangki besar

Efek Samping Minyak Atsiri Kayu Putih

minyak atsiri kayu putih

Keracunan merupakan salah satu efek samping minyak atsiri kayu putih yang dapat terjadi jika tidak sengaja mengonsumsinya. Kasus ini sering terjadi pada anak anak. Berikut adalah beberapa gejala keracunan yang bisa terjadi pada anak anak:

  • Penurunan kesadaran
  • Ataksia atau gangguan pada koordinasi otot
  • Kejang
  • Muntah

Selain itu, berikut beberapa efek samping dari penggunaan minyak atsiri minyak kayu putih yang perlu di perhatikan:

  • Keracunan yang di sebabkan karena sebelum menggunakan minyak kayu putih tidak mengencerkannya terlebih dahulu. Gejala keracunan tersebut di antaranya seperti sakit perut, pusing, pupil mata mengecil, kelemahan otot, perasaan tercekik di tenggorokan, rasa terbakar, mual, muntah hingga diare.
  • Iritasi kulit berat dapat terjadi karena penggunaan minyak kayu putih yang tidak mengencerkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan
  • Penggunaan minyak atsiri kayu putih tanpa mengencerkannya terlebih dahulu pada kulit dapat menyebabkan masalah system saraf yang cukup parah. Selain itu, tidak ada informasi yang memadai untuk mengetahui secara pasti keamanan minyak akyu putih encer pada permukaan kulit.
  • Resiko keracunan dapat terjadi jika minyak kayu putih di konsumsi oral sebanyak 3,5 ml tanpa di encerkannya terlebih dahulu.
  • Waspadai penggunaan pada anak anak, baik diminum maupun dioleskan dan dihirup. Kasus kejang dan gangguan system saraf lainnya terjadi pada bayi dan anak anak sebagai efek samping minyak atsiri kayu putih
  • Bagi kamu yang mempunyai alergi terhadap tea tree oil, sebaiknya hindari minyak atsiri kayu putih karena kedua minyak tersebut mempunyai banyak kandungan senyawa yang sama.
  • Mengonsumsi minyak atsiri kayu putih secara oral dapat memperburuk kondisi Sebagian penderita asma, walaupun Sebagian pasien asma lainnya merasa gejala menjadi lebih ringan

Cara Mencegah Efek Samping Minyak Atsiri Kayu Putih

Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan untuk menghindari dari efek samping minyak atsiri kayu putih:

  1. Jangan menggunakan minyak atsiri kayu putih tanpa pelarut atau tanpa mengencerkan terlebih dahulu.
  2. Jangan menggunakan minyak atsiri kayu putih pada bagian dekat mata.
  3. Lakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak atsiri kayu putih. Caranya yaitu dengan meneteskan minyak kayu putih pada lengan dan tunggu hingga 24 jam. Jika tidak ada reaksi alergi, maka kamu aman menggunakan minyak kayu putih.
  4. Hindarkan penggunaan minyak kayu putih pada saat hamil dan menyusui. Karena, belum banyak diketahui tentang keamanan penggunaan minyak akyu putih selama hamil dan menyusui.

Itulah beberapa penjelasan mengenai minyak atsiri kayu putih. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan dapat menambah wawasan kalian.

Untuk informasi lainnya silahkan kunjungi Minyak Atsiri Adalah, Kegunaan Minyak Atsiri dan Cara Membuat Minyak Esensial.

Sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Jika ada kritik dan saran yang membangun, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah.

Terima kasih dan sampai jumpa!