Indahnya Masjid Raya Mujahidin Pontianak
By: Date: April 19, 2021 Categories: Wisata

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang salah satu masjid di ndonesia yang terkenal akan keindahan dan kemegahannya yaitu Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Kehadiran bangunan Masjid Mujahidin Pontianak membuat daya tarik sendiri oleh masyarakat sekitar. Bangunan masjid ini disajikan dengan gaya masjid Nabawi yang didukung oleh perencanaan tata ruang yang memadai. Ini memiliki banyak masjid yang akan dikunjungi oleh wisatawan Muslim dan non-Muslim.

Bangunan Masjid Mujahidin berada di tanah sekitar 4 hektar sehingga dapat menampung hingga 9 ribu sidang yang datang. Secara umum, itu dibagi menjadi tiga bangunan utama, yaitu; Di gedung utama, masjid memiliki ukuran 60 x 60 meter, sedangkan bangunan utama menara dibangun secara terpisah dengan bangunan utama, serta area area persegi panjang yang dikelilingi oleh koridor panjang antara bangunan utama masjid dan menara utama. .

Masjid Raya Mujahidin Pontianak

Kombinasi beberapa elemen peradaban Islam arsitektur Islam yang dikombinasikan dengan keberadaan ornamen khas komunitas Pontianak membuat masjid ini terlihat sangat luar biasa. Bangunan utama masjid dibangun dua lantai, untuk ruang doa utama di lantai dua dan lantai dasar digunakan dalam banyak kegiatan pendukung. Jika Anda melewati area alun-alun, ada tangga besar yang akan terhubung ke area sholat di lantai dua.

Kehadiran kubah domestik yang sangat besar adalah keindahan ditambah mosaik khas Kalimantan, yang ditetapkan pada permukaan kubah untuk menghasilkan kubah yang dicap. Sebenarnya, ada banyak alasan domestik di Indonesia. Di antara mereka, alasan kotak kubah, belah ketupat atau alasan umum lainnya banyak digunakan oleh masjid di Indonesia. Tetapi kadang-kadang, untuk daerah tertentu, kubah masjid menunjukkan alasan menurut cirrri khas wilayah tersebut. Misalnya, untuk masjid Pontianak ini membangun kubah masjid yang dicap sebagai cirrrri budaya khas.

Mereka menyediakan motif emas dan batik untuk kubah Anda. Sama dengan kain komposer emas yang sangat indah sebagai budaya Melayu. Jika dari kejauhan, kubah utama ini akan terlihat seperti komposer emas yang digunakan oleh komunitas Pontianak. Di ujung kubah, mereka juga diberi ornamen kerucut sederhana agar terlihat seperti Alif. Ada empat menara yang naik di empat sudut yang memiliki bentuk dan tinggi yang sama.

Baca juga: jam masjid digital untuk masjid agar lebih indah.

Di ujung menara, itu juga dilengkapi dengan Emaíy Dome, tetapi tanpa ornamen atau hanya sebuah puosos. Mirip dengan Dome Utama, di bagian atas menara itu juga telah dilengkapi dengan ornamen yang sama dengan kubah utama masjid. Masjid yang memiliki bentuk ini yang mengingatkan muskulasi masjid dinasti USManiyah karena ditandai dengan menara yang mengesankan disertai dengan kubah yang memiliki ukuran besar.

Di sekitar bangunan utama itu juga telah dilengkapi dengan beberapa pilar tinggi yang sangat besar seiring dengan keberadaan 2 warna. Bangunan ini merupakan karakteristik bangunan masjid di Córdoba dan istana Alhambra. Sementara motif khas Kalimantan juga terasa sangat di dalam masjid karena warna emas di setiap masjid di dalam masjid. Pembangun masjid juga sangat jeli ketika berbagai elemen peradaban Islam digabungkan dalam pembangunan masjid ini.

Interior masjid juga sangat luas dan segar. Bagian lantai masjid dalam bentuk keramik coklat muda yang dicampur sangat indah dan warna dinding juga sejalan dengan emas. Pilar yang telah mendukung bangunan itu sangat tegas. Jika Anda melihat ke atas, ada kubah yang luar biasa yang dihiasi dengan kaligrafi emas di dalamnya. Di tepi bangunan utama ada juga 4 menara berdiri.