Masjid Menara Kudus
By: Date: January 26, 2021 Categories: bisnis,Islami,Jasa,Kontraktor,Kubah Masjid Tags: , , , , ,

Masjid Menara Kudus, bertempat di kampung Kauman, daerah Kudus, Kudus, Jawa Tengah. Yang mendirikan masjid ini adalah Sunan Kudus atau Sayyid Ja’far Shadiq Azmatkhan tepatnya tahun 956 Hijriah atau 1549 Masehi. Ini merujuk pada tulisan arab yang tertulis dalam batu berukuran 30 cm lebarnya dan 46 cm untuk panjangnya dan letaknya di mihrab masjid. Batu itu didatangkan dari Palestina sehingga masjid ini sering juga disebut Masjid Al Aqsa.

Sunan Kudus adalah salah satu pemimpin misionaris Islam yang tergabung dalam Wali Songo. Beliau dikenal sebagai ahli agama, terutama dalam disiplin tauhid, hadits dan fiqih. Dari kesembilan wali yang ada di Jawa, hanya beliau yang dijuluki ‘Waliyyul Ilmi’, yang artinya wali yang memiliki pengetahuan luas.Masjid Menara Kudus tampak berbeda dari penampilan masjid pada umumnya. Yang paling mencolok adalah sebuah menara yang menjulang tinggi di sebelah tenggara masjid. Menara ini dibangun menyerupai susunan batu bata merah seperti candi khas Jawa Timur. Bahkan ada yang mengatakan menara masjid itu persis dengan Bale Kulkul atau bangunan tempat menyimpan kentongan yang ada di Bali.

Ciri khas itulah yang membuat unik Masjid Menara Kudus. Di balik karakteristik Masjid Menara Kudus mengandung arti “tepa selira” atau toleransi pada waktu itu. Sunan Kudus ketika berdakwah lebih menekankan pada kearifan lokal dengan cara menghargai budaya lokal dan mencoba untuk beradaptasi dalam rangka memasuki masa kejayaan Hindu-Budha.

Salah satu nilai-nilai toleransi yang diajarkan Sunan Kudus yaitu melarang penyembelihan sapi untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, sapi ditempatkan di halaman masjid pada saat itu. Larangan ini karena sapi dianggap sebagai hewan suci bagi umat Hindu. Sehingga kebiasaan itu terus berlanjut hingga sekarang di Kudus.

Menara ini tidak pernah dibongkar yang mempunyai ketinggian sekitar 18 meter dengan dasar berukuran 10 meter x 10 meter. Menara dihiasi dengan piring bergambar sejumlah 32 buah. Dua puluh buah yang berwarna biru dan berlukiskan masjid, orang-orang dengan unta dan pohon-pohon kurma. Sisanya 12 piring merah dan putih berlukiskan bunga. Tangga menara terbuat dari kayu jati. Menara Kudus memiliki arsitektur budaya Hindu Jawa. Bangunan ini terdiri dari tiga bagian seperti kaki, badan dan juga atap khas Jawa-Hindu. Menara ini dihiasi ornamen yang menyerupai sebuah bukit kecil. Karakteristik konstruksi tradisional Jawa dapat dilihat pada penggunaan batu bata yang dipasang tanpa semen. Kemudian pada puncak atap ada mustika seperti di atas atap bangunan utama masjid tradisional di Jawa.

Masjid Menara Kudus sekarang berdiri di atas lahan yang luasnya 7505 meter persegi. Masjid ini pernah direnovasi sekitar abad ke-20 atau sekitar tahun 1918 dan tidak termasuk menaranya. Di dalam masjid ada sejumlah pilar terbuat dari kayu jati. Budaya Hindu-Jawa terlihat dalam dua gapura bentar yang dipasang pada serambi dan bagian dalam masjid. Di kompleks masjid terdapat delapan pancuran yang digunakan untuk wudhu. Di atas pancuran ditempatkan patung. Pancuran sejumlah delapan itu mengadaptasi keyakinan Budha “Asta Sanghika Marga” yang artinya delapan jalan kebenaran.

Pada bagian belakang masjid, ada kompleks makam. Selain makam Sunan Kudus, terdapat juga makam ulama lainnya yaitu Panembahan Palembang, Pangeran Pedamaran, dan Panembahan Condro. Masjid Menara Kudus adalah bentuk bukti toleransi antar umat muslim. Sunan Kudus mendirikan masjid dan menara yang merupakan akulturasi budaya Islam dan Hindu.

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.