10 Manfaat Minuman Jahe yang Wajib Kamu Ketahui
By: Date: July 28, 2021 Categories: kesehatan,Obat Diet Tags: , , , , , , , , ,
10 Manfaat Minuman Jahe

Dalam artikel berikut kami akan menjelaskan beberapa manfaat minuman jahe bagi kesehatan. Tentu manfaat ini bisa didapatkan jika dikonsumsi secara teratur. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

Manfaat Minuman Jahe

10 Manfaat Minuman Jahe yang Wajib Kamu Ketahui

 

Jahe merupakan salah satu tanaman rempah-rempah dari famili Zingiberaceae, diantaranya yaitu kunyit, temulawak, kencur, lengkuas, dan sejenis tanaman rimpang lainnyaRimpang jahe seringkali digunakan sebagai bahan pada masakan dan bahan minuman herbal atau obat tradisional.

Minuman jahe dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal ini tak lepas dari nutrisi, vitamin dan mineal yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, zinc, fosfor, folat, riboflavin, dan niasin.

Jika dilihat dari beragam kandungan yang ada dalamnya, maka tak heran jika jahe telah turun temurun dipercaya sebagai salah satu bahan minuman herbal atau obat tradisional yang memiliki segudang manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, di antaranya yaitu:

1. Meredakan Rasa Mual

Jahe memiliki aroma kuat yang diyakini dapat membantu dalam meredakan rasa mual sekaligus mencegah muntah. Mual yang biasanya dirasakan seusai menjalani operasi bisa diredakan dengan mengonsumsi minuman jahe.

Tak hanya dikonsumsi, Anda juga dapat mengoleskan parutan jahe pada bagian-bagian yang mudah tercium sehingga aroma jahe secara efektif dapat membantu meredakan rasa mual.

Selain itu, minuman jahe juga disarankan untuk dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan jauh terutama bagi Anda yang sering mengalami mabuk kendaraan. Dengan mengonsumsi minuman jahe, tentu perjalanan Anda akan lebih menyenangkan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jahe kaya akan kandungan magnesium dan vitamin C. Selain itu, jahe juga mengandung gingerolsshogaols, dan zingerones yang bersifat sebagai antioksidan bagi tubuh. Kandungan-kandungan tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh.

3. Mengurangi Reaksi Alergi

Dalam sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa minuman jahe mampu membantu meredakan reaksi terhadap alergi. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang yang mampu meredakan reaksi peradangan yang diakibatkan oleh alergi.

4. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi minuman jahe juga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman jahe sesudah sarapan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga posi makan bisa berkurang. Jika dikonsumsi secara rutin, tentu hal ini secara efektif dapat menurunkan berat badan.

5. Meredakan Nyeri Haid

Dalam sebuah penelitian telah berhasil menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman jahe mampu meredakan nyeri yang disebabkan karena sedang mengalami haid atau menstruasi. Bahkan dikatakan bahwa minuman jahe sangat efektif dalam mengatasi nyeri haid dan khasiatnya tak kalah dengan obat antinyeri lainnya.

6. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Tak hanya mampu meredakan nyeri haid, minuman jahe juga dipercaya dapat meredakan nyeri sendi akibat peradangan serta nyeri otot. Selain itu, minuman jahe juga mampu mengatasi masalah asam urat. Manfaat jahe ini berkat sifatnya sebagai anti inflamasi atau anti peradangan.

7. Meredakan Pusing

Gejala pusing merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu serta menghambat aktivitas keseharian. Pada umumnya, gejala pusing muncul sebagai tanda adanya penyakit pada tubuh ataupun akibat dari kelelahan. Anda bisa mengatasi gejala yang satu ini dengan mengonsumsi minuman jahe.

Jahe diyakini dapat membantu merangsang aliran darah ke otak sehingga peredaran darah menjadi lancar dan perlahan rasa pusing pun berangsur membaik. Gejala pusing harus ditangani secepatnya, agar tidak menyebabkan kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Bahkan jika dibiarkan, gejala pusing dapat menjadi penyakit yang lebih serius.

8. Meredakan Stres

Tak hanya mampu meredakan rasa mual dan efek menangkan bagi lambung, aroma jahe yang kuat juga mampu menurunkan tingkat stres pada seseorang. Selain itu, tubuh dan pikiran pun menjadi lebih rileks saat Anda mengonsumsi minuman jahe hangat.

9. Mencegah Kanker

Jahe dapat membantu dalam mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan rimpang jahe memiliki kandungan gingerol yang mampu mencegah pertumbuhan tumor pada  kanker usus.

Selain itu, jahe juga berfungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang mampu melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Untuk itu, jika minuman jahe dikonsumsi secara rutin, maka dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Telah banyak penelitian yang telah berhasil membuktikan bahwa antioksidan, mineral, dan asam amino yang terkandung di dalam minuman jahe dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, mengonsumsi minuman jahe juga dapat melancarkan sirkulasi darah, menurunkan kadar kolesterol, meredakan nyeri pada ulu hati, mencegah terjadinya serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Kenali juga beberapa macam jamu tradisional nusantara dan manfaatnya bagi kesehatan yang wajib anda ketahui.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi minuman jahe. Jika Anda memiliki keluhan atau masalah kesehatan seperti di atas, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi minuman jahe.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, minuman jahe sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Meskipun minuman jahe memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh, namun sebaiknya konsumsi minuman jahe dalam jumlah sewajarnya saja ya. Dapatkan informasi dan artikel menarik lainnya dengan mengunjungi halaman utama website kami.