Manfaat Gula Semut Aren Ada Banyak Sekali Berikut Diantaranya
By: Date: March 23, 2021 Categories: Uncategorized
manfaat gula semut aren

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai manfaat gula semut aren berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Gula Semut, Gula Merah Bubuk atau Gula Aren Bubuk adalah sejenis gula bubuk makanan yang terbuat dari nira. Teksturnya sangat lembut, halus dan kering. Warnanya coklat seperti gula merah. Tapi rasanya jauh lebih manis dibandingkan gula. Rasa manisnya lebih lembut dari pada gula merah, sehingga enak untuk minuman campur dan jajanan.

Keunggulan gula semut dibandingkan gula merah cetak adalah bentuknya yang fleksibel untuk dikemas dalam kantong yang ekonomis dan berukuran kecil. Ini juga tahan lebih lama, sehingga tidak berbau, berjamur atau basah.Dari segi harga, gula bubuk ini juga lebih mahal dari pada gula merah cetak, sehingga lebih menguntungkan bagi petani dan pedagang gula. Dalam pembuat gula semut aren bisa menggunakan mesin gula semut.

Belakangan ini produk gula banyak beredar. Berbagai varian gula dikeluarkan oleh pabrik besar dan usaha kecil menengah. Untuk produk gula semut ini biasanya diproduksi oleh UKM yang digawangi oleh petani lokal.

Bisnis jual gula semut memang sedang digandrungi di tengah tingkat persaingan bisnis gula yang semakin tinggi. Pangsa pasarnya adalah kelas menengah ke atas, karena harga gula pasir ini lebih mahal dibandingkan gula merah dan gula pasir. Kemudian pangsa pasar ini masih terbagi lagi, biasanya produk gula ini dijual kepada mereka yang menderita penyakit gula darah. Karena gula ini memang bisa mencegah dan mengobati diabetes.

Manfaat Gula Semut untuk Pengobatan Alternatif:

  1. Mencegah Diabetes

Khasiat semut Aren dapat mencegah penyakit diabetes. Diabetes tipe 1 atau tipe 2 bisa dicegah sejak dini dengan pola makan yang baik. Meski penyakit degeneratif ini akan dengan mudah menjangkiti mereka yang ada di keluarganya yang memiliki riwayat diabetes, namun tetap dapat dicegah. Salah satunya dengan mengkonsumsi gula bubuk aren ini.

  1. Mengobati Diabetes

Banyak orang mencari cara untuk sembuh dari diabetes. Banyak produk gula yang diklaim aman bagi penderita diabetes, bahkan bisa menyembuhkan jika dikonsumsi. Salah satu produk gula tersebut adalah gula semut. Khasiat gula aren bubuk ini begitu baik untuk pengobatan diabetes jangka panjang.

  1. Menurunkan Kolesterol

Selain gula darah turun perlahan, manfaat gula semut juga efektif untuk menurunkan kolesterol. Mereka yang memiliki kadar LDL tinggi akan terbantu dalam upaya menurunkannya. Sehingga nantinya penyakit kolesterol ini tidak menyebabkan penyakit lain yang lebih parah, seperti stroke bahkan kematian.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi dan kesulitan menurunkannya. Sudahkah Anda mencoba khasiat gula semut? Jika belum, jangan ragu untuk merasakan sendiri, bagaimana gula ini memiliki efek samping yang baik untuk menyembuhkan hipertensi.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja, berapapun usianya. Untuk menyembuhkannya, coba cara alternatif dengan mengkonsumsi gula semut. Karena gula aren bubuk ini bekerja secara langsung untuk mempengaruhi jantung dengan cara meningkatkan kualitas pembuluh darah arteri.

Cara Menggunakan Gula Semut:

manfaat gula semut aren

Tidak ada aturan khusus penggunaan untuk mengolah gula semut ini. Seperti gula lainnya, sangat cocok untuk ditaburkan ke dalam minuman kopi, susu atau teh. Meski rasanya akan sedikit seperti minuman yang dicampur gula merah, namun jauh lebih baik untuk kesehatan, dibandingkan menggunakan gula pasir.

Manfaat gula semut ini juga baik untuk bahan campuran kue. Untuk isian kue kecil, seperti klepon atau taburan kue. Intinya, gula ini sangat fleksibel dalam penggunaannya. Silakan buat sesuai selera masing-masing!

Kandungan Nutrisi dan Gizi Semut:

Apa saja zat, vitamin dan mineral dalam gula aren semut ini? Ternyata gula halus ini mengandung:

Ukuran Porsi: 100 gram

  • Vitamin A: 200 IU
  • Vitamin C: 120 mg
  • Kalori: 390 kkal
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 10 gram
  • Karbonat: 75 gram
  • Fosfor: 35 mg
  • Kalsium: 75 mg
  • Air: 10 gram

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai manfaat gula semut aren semoga artikel yang saya buat bermanfaat buat kalian sekian terimakasih.