10 Khasiat Minyak Nilam Untuk Kesehatan
By: Date: February 22, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , , , , , ,
khasiat minyak nilam

Halo teman temanku semua! Kembali lagi dengan saya yang akan membagikan informasi mengenai Khasiat Minyak Nilam. Sebelumnya, kalian udah tau belum cara membuat minyak nilam? Minyak nilam dibuat dengan cara melakukan proses penyulingan daun nilam yang menggunakan mesin yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri. Minyak nilam memiliki beragam khasiat atau manfaat yang baik untuk Kesehatan.

Khasiat Minyak Nilam Untuk Kesehatan

khasiat minyak nilam

  1. Membunuh atau mencegah dari serangga

Khasiat minyak nilam yang pertama yaitu digunakan untuk mengusir serangga. Minyak nilam sudah digunakan sejak lama sebagai insektisida.

Meskipun minyak nilam memiliki aroma yang manis, namun minyak ini sangat efektif untuk mengusir serangga seperti rayap di rumah kamu.

Selain itu, minyak nilam juga digunakan dalam pembuatan lotion tubuh, semprotan, vaporizer, fumigant, dan juga digunakan untuk mencuci pakaian.

Botol minyak nilam bisa kamu simpan dengan meletakkan pada sudut kamar. Tak hanya itu, minyak ini juga dapat dibakar untuk membuat aromanya menyebar disekitar ruangan. Selama aroma minyak nilam ada, maka akan berfungsi untuk mengusir serangga

Cara pemakaian:

  • Campurkan dengan air kemudian gunakan untuk mencuci pakaian.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak nilam ke dalam fumigant sebelum kamu menyemprotkan ke sekeliling rumah
  1. Memperbaiki mood

Alasan mengapa minyak nilam sering dipakai sebagai aromaterapi yaitu karena mempunyai sifat anti depresan yang baik. Minyak ini juga dikenal untuk membantu relaksasi dan meningkatkan mood.

Minyak nilam memiliki aroma yang dapat merangsang sekresi hormone serotonin dan dopamine yang memiliki potensi untuk membantu menyembuhkan sejumlah kondisi yang berkaitan dengan Kesehatan mental.

Sifat yang mampu merilekskan dan menenangkan, sehingga membuat minyak ini mampu membantu meringankan beberapa masalah yang disebabkan oleh kecemasan, rasa sakit, atau stress.

Cara pemakaian:

  • Menghirup langsung dari botolnya
  • Campurkan beberapa tetes minyak nilam dengan baby oil kemudian hirup aromanya.
  • Menebarkan minyak nilam ke bagian tubuh tertentu beberapa kali sepanjang hari
  1. Meningkatkan metabolisme

Penggunaan minyak nilam dapat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh kamu. Selain itu, minyak nilam mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh dengan cara meningkatkan fungsi dari sel sel tubuh kamu.

Sekresi enzim hati dan perut yang aktif dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu, mempermudah proses pencernaan serta mempermudah produksi energi.

Cara pemakaian:

Mencampurkan beberapa tetes minyak nilam kedalam air yang akan digunakan utnuk mandi kemudian gunakan untuk berendam

  1. Menenangkan saraf hiperaktif / hipersensitif

Khasiat minyak nilam selanjutnya yaitu dapat meredakan serangan epilepsy, kejang, kecemasan, dan sakit kepala. Selain itu, minyak ini juga sangat bermanfaat untuk membantu kamu yang sering mengalami susah tidur.

Minyak nilam memiliki efek penenang dan dapat mengobati peradangan. Oleh sebab itu, minyak nilam mampu menengankan saraf hipersensitif dan hiperaktif.

Cara pemakaian:

  • Campurkan minyak nilam kedalam air yang akan digunakan untuk mandi sebanyak 10 – 12 tetes dan gunakan untuk berendam beberapa saat sebelum menjelang malam
  • Jika digunakan untuk mengatasi alergi, kamu dapat melarutkan 2 tetes minyak nilam dengan baby oil kemudian oleskan dengan lembut ke bagian yang terkena alergi
  1. Memiliki fungsi sebagai zat deuretik

Minyak nilam mampu membantu kamu dalam menghindari kemungkinan munculnya gangguan ginjal dan batu empedu. Minyak ini berfungsi mendeteksi tumbulnya gejala penyakit tertentu seperti asam urat. Jika kamu menggunakan minyak nilam, diyakini dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dan kuantitas urin.

Hal ini membuat proses pengeluaran urin lebih lancer dan mengurangi kemungkinan kembung. Selain itu juga dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan nafsu makan, mengangkat racun dari dalam tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol. Peningkatan intensitas buang air kecil dapat menghilangkan kelebihan garam dan asam urat dari dalam tubuh kamu.

Cara pemakaian:

  • Tambahkan minyak nilam sebanyak 8 – 10 tetes kedalam air mandi kemudian gunakan untuk berendam dalam jangka waktu tertentu.
  • Campur 2 – 3 tetes minyak nilam dengan beberapa tetes minyak tubuh kemudian gunakan untuk memijat pada punggung bawah dan perut dengan lembut.
  1. Mampu menghilangkan bau badan

khasiat minyak nilam

Minyak nilam memiliki aroma yang harum sehingga sering digunakan sebagai deodorant untuk menghilangkan bau badan. Tak heran jika minyak nilam ini sering digunakan menjadi bahan campuran dalam pembuatan cologne karena minyak nilam memiliki aroma yang khas, kuat, dan harum.

Selain itu, minyak nilam dapat menyerap bau tidak sedap dan sifat anti mikroba dalam minyak nilam mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang disebabkan karena keringat.

Cara pemakaian:

  • Campurkan minyak nilam dengan minyak tubuh kamu, kemudian oleskan pada tubuh kamu
  • Atau dengan menambahkan beberapa tetes minyak nilam kedalam air mandi dan gunakan untuk berendam setelah mandi.

Peringatan:

Kamu disarankan mengencerkan minyak nilam terlebih dahulu untuk menghindari penyebaran bau yang terlalu kuat

  1. Meningkatkan jumlah sel

Minyak nilam mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan putih dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah. Jika jumlah sel darah putih yang sehat meningkat maka akan memungkinkan tubuh kamu untuk melawan pathogen. Sedangkan jika sel darah merah meningkat maka akan memperlancar fungsi pencernaan dan fungsi tubuh lainnya.

Minyak nilam memiliki sifat cytophylactic yang dapat meningkatkan produksi energi yang lebih besar, membantu sirkulasi darah, serta menambah produksi oksigen dan membantu menyebarkan ke sel sel yang berbeda dalam tubuh.

Sifat cytophylactic ini mencegah sel sel meledak karena ketidakseimbangan osmotic atau cytolysis, serta peningkatan aktivitas seluler. Dengan meningkatnya fungsi sel yang disebabkan minyak nilam, maka terjadilah peningkatan pertumbuhan sel dalam tubuh kamu.

Cara pemakaian:

Larutkan beberapa tetes minyak nilam dengan baby oil lalu gunakan untuk memijat ke seluruh tubuh kamu dengan lembut.

  1. Bertindak sebagai afrodisiak

Sifat afrodisiak pada minyak nilam berguna untuk mengobati masalah seksual seperti impotensi, disfungsi ereksi, kecemasan seksual, frigiditas, dan rasa tidak tertarik pada seks. Menggunakan minyak nilam dapat membantu merangsang sekresi hormone testosterone dan estrogen pada pria dan wanita sehingga dapat meningkatkan dorongan seks.

Cara pemakaian:

  • Campurkan beberapa tetes minyak nilam dengan beberapa tetes minyak tubuh. Kemudian, campuran minyak tersebut digunakan untuk memijat tubuh kamu dengan lembut.
  • Atau dengan menambahkan 8 – 10 tetes minyak nilam kedalam air mandi hangat kemudian gunakan untuk berendam selama beberapa saat.
  1. Memiliki sifat anti peradangan

Peradangan Sebagian besar diakibatkan oleh demam. Minyak nilam dapat meredakan peredangan yang diakibatkan oleh demam. Selain itu, minyak ini juga mampu mengatasi iritasi kulit, membantu memelihara kulit supaya tetap sehat dan melindungi otot otot wajah dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dalam penggunaan minyak nilam secara teratur dapat membantu meregangkan otot dan mengencangkan kulit. Karena minyak nilam dapat meredakan peradangan, minyak nilam juga bisa digunakan untuk mengobati kondisi seperti arthritis, tumor, dan masalah yang berkaitan dengan kulit lainnya.

Cara pemakaian:

  • Campurkan minyak nilam dengan minyak tubuh dan lakukan untuk memijat pada bagian yang terkena peradangan secara lembut.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak nilam kedalam air yang akan digunakan untuk mandi kemudian gunakan untuk berendam selama beberapa saat setelah mandi.
  1. Berfungsi sebagai anti septic

khasiat minyak nilam

Minyak nilam sangat disarankan dalam mengobati luka ringan dan bisul karena dapat mencegah perkembangan infeksi. Selain itu, minyak ini mampu melawan ketombe, memperkuat folikel rambut dan melindungi dari kerontokkan dini.

Sifat anti septic yang dimiliki minyak nilam sehingga membuatnya digunakan untuk obat alternatif alami dan aman yang bagus untuk mengobati luka. Selain sifat antiseptic, minyak nilam juga memiliki sifat anti jamur yang mampu menagkal infeksi jamur.

Manfaat yang lain dari minyak nilam yaitu dapat mengobati permasalahan kulit lainnya seperti seborrhoea, jerawat, dan dermatitis.

Cara pemakaian:

  • Larutkan minyak nilam dengan minyak carrier kemudian oleskan secara langsung pada bagian yang terluka. Dengan melakukan hal ini, maka dapat mencegah perkembangan infeksi atau kondisi sejenisnya seperti tetanus
  • Jika digunakan untuk menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan kulit, kamu bisa mencampurkan minyak nilam dengan minyak biasa. Kemudian gunakan untuk memijat pada bagian yang bermasalah. Atau kamu dapat mencampur minyak nilam dengan sabun kemudian gunakan setiap hari saat akan mandi.
  • Jika digunakan untuk mengobati ketombe, kamu dapat menambahkan beberapa tetes minyak nilam kedalam conditioner tanpa pewangi. Kemudian pijat rambut menggunakan campuran yang tadi. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih

Itulah 10 Khasiat Minyak Nilam Beserta Cara Pemakaiannya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian semua.

Untuk informasi yang lebih lengkap silahkan baca Kegunaan Minyak Atsiri.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila dalam penulisan artikel ini terdapat kekurangan maupun kelebihan. Jika ada kritik dan saran membangun yang ingin kalian sampaikan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih dan sampai jumpa!