Kegunaan Sertifikat Produksi PKRT beserta Syaratnya
By: Date: February 1, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , ,
izin PKRT, sertifikat produksi PKRT, izin edar alat kesehatan

Sertifikat Produksi PKRT merupakan sebuah sertifikat yang ditujukan kepada perusahaan rumah tangga. Selain itu, sertifikat ini juga sebagai tanda bahwa barang yang diproduksi oleh perusahaan rumah tangga telah memenuhi syarat untuk diedarkan.

Sertifikat ini berguna sebagai izin edar alat kesehatan dan juga izin produksi PKRT oleh perusahaan rumah tangga. Jadi, setelah menerima sertifikat ini Anda boleh untuk memproduksi PKRT dalam jumlah banyak. Dan juga Anda mempunyai hak untuk mengedarkannya.

Namun, untuk menggunakan sertifikat tersebut, memiliki batasan wilayah edar produk. Batasan yang dimaksud adalah hanya berlaku untuk wilayah sekitar yang mengeluarkan sertifikat.

Misalnya, sertifikat dikeluarkan oleh Dinas Kabupaten Tuban, maka Anda hanya boleh mengedarkan alat-alat PKRT sekitar daerah tersebut. Jika Anda melewati batas daerah, Anda harus mengajukan pembuatan surat izin edar.

Sertifikat ini hanya berlaku untuk memproduksi izin PKRT dan alat kesehatan tertentu. Dilarang untuk memproduksi semua jenis PKRT dan alat kesehatan. Jika Anda melakukan hal tersebut, bisa saja sertifikat Anda akan ditarik kembali oleh pemerintah setempat.

Persyaratan Untuk Mendapatkan Sertifikat

Sumber : http://www.biroizinusaha.com/sertifikasi-produksi-pkrt.html#/image-product/img3-1547102455.jpg

Ada 2 persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Berikut adalah 2 persyaratan yang wajib Anda penuhi:

  1. Terdaftar Sebagai Perusahaan Rumah Tangga

Persyaratan yang pertama adalah Anda harus terdaftar sebagai perusahaan rumah tangga. Syarat untuk menjadi perusahaan rumah tangga adalah perusahaan Anda harus berbentuk usaha mikro yang sudah memeproleh izin dari pemerintah.

Anda harus memiliki NPWP, bangunan tempat memproduksi barang, dan wajib memiliki semua prasarana yang memadai.

  1. Mengajukan Permohonan Penerbitan Sertifikat

Persyaratan yang kedua adalah Anda harus mengajukan permohonan penerbitan sertifikat. Jika tidak melakukan permohonan, maka sertifikat tidak akan pernah diterbitkan.

Pengajuan permohonan ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota bersama dengan lampiran berkas lengkap. Setelah itu berkas dan lokasi usaha Anda akan diperiksa oleh tim dari Dinas Kesehatan.

Waktu penerbitan sertifikat biasanya paling lama adalah 12 hari kerja, setelah menerima laporan pemeriksaan dari tim Dinas Kesehatan.

Seperti itulah kegunaan dan juga persyaratan untuk mendapatkan sertifikat PKRT. Usaha produksi alat kesehatan memang sangat menjanjikan pada era new normal saat ini. Jadi jangan sampai Anda sia-siakan kesempatan yang ada.