Mengenal 4 Jenis Tanaman Porang
By: Date: May 20, 2021 Categories: Pertanian Tags: , , , , , , , , , , , , ,
Jenis Tanaman Porang

Jenis Tanaman Porang – Tanaman porang atau dengan nama latin amorphophallus mueleri akhir-akhir ini menjadi komoditas pertanian yang banyak diperbincangkan, baik itu di masyarakat maupun di sosial media. Bahkan banyak masyarakat dari golongan bawah hingga golongan atas yang tergiur untuk membudidayakan tanaman porang.

Hal ini disebabkan karena tanaman porang menghasilkan umbi yang bernilai ekonomis tinggi dan telah menjadi komoditas ekspor ke beberapa negara, misalnya China, Taiwan, Jepang, Vietnam, Australia, dan masih banyak lagi.

Namun, sebelum memutuskan untuk memulai budidaya tanaman porang, alangkah baiknya jika kita mengenal ciri dan karakteristik tanaman porang terlebih dahulu. Pasalnya, ada beberapa tanaman yang merupakan anggota keluarga Amorphophallus sehingga beberapa tanaman tersebut memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan tanaman porang.

Untuk bisa membedakannya, Anda bisa memperhatikan fisik batang, daun, bunga, buah, serta umbinya. Beberapa petani pemula seringkali salah membedakan tanaman porang dengan tanaman tersebut. Beberapa tanaman itu adalah suweg, walur, dan iles-iles putih.

Jika dilihat secara fisik, tanaman porang memiliki ciri yang hampir sama dengan ketiga tanaman tersebut, terutama pada bentuk batang dan umbinya. Namun, ada beberapa ciri khusus yang dapat membedakan tanaman porang dengan ketiganya. Mari kita simak ciri-ciri jenis tanaman porang berikut ini:

1. Porang (Amorphophallus mueleri)

Jenis Tanaman Porang - Tanaman Porang

  • Tanaman porang memiliki ciri khusus yaitu daun yang lebar dengan ujung yang runcing serta berwarna hijau muda.
  • Batang tanaman porang memiliki tekstur yang halus dan berwarna hijau dengan bercak-bercah putih.
  • Pada permukaan umbi porang tidak ditumbuhi anakan umbi, dalam artian tanaman porang memiliki umbi tunggal. Pada bagian dalam umbi porang memiliki serat yang halus dan berwarna kuning jingga.
  • Di setiap pertemuan cabang terdapat umbi katak atau bubil. Katak porang ini berbentuk bulat kecil-kecil dan berwarna coklat kehitaman.

2. Jenis Tanaman Porang – Suweg (Amorphophallus campanulatus forma hortensis)

Jenis Tanaman Porang - Suweg

  • Berbeda dengan tanaman porang, daun tanaman suweg berukuran kecil dan memiliki ujung yang runcing. Selain itu, daun tanaman suweg berwarna hijau muda mengkilap.
  • Batang tanaman suweg memiliki tekstur yang agak kasar karena permukaannya ditumbuhi oleh duri-duri kecil. Hampir mirip dengan tanaman porang, batang tanaman suweg juga berwarna hijau dengan bercak-bercak putih.
  • Umbi suweg memiliki tekstur yang kasar dan ditumbuhi oleh anakan umbi pada bagian permukaannya. Umbi suweg bertekstur halus dan berwarna putih.
  • Tanaman suweg tidak memiliki umbi katak atau bubil pada setiap pertemuan cabang.

3. Walur (Amorphophallus campanulatus forma sylvestris)

Jenis Tanaman Porang - Walur

  • Daun tanaman walur memiliki ciri yang sama dengan tanaman suweg, yaitu daunnya kecil, dengan ujung yang runcing serta berwarna hijau muda mengkilap.
  • Batang tanaman walur memiliki tekstur yang kasar, dengan warna hijau keunguan dengan campuran bercak-bercak putih.
  • Sementara itu, umbi walur memiliki serat yang halus, berwarna putih, permukaannya kasar dan ditumbuhi banyak anakan umbi atau bintil.
  • Pada setiap pertemuan cabang tidak terdapat ubi katak atau bubil.

4. Jenis Tanaman Porang – Iles-iles putih (Amorphophallus variabilis)

Jenis Tanaman Porang - Iles-iles putih

  • Tanaman iles-iles putih memiliki daun yang kecil, ujung daun yang runcing, serta daunnya yang berwarna hijau tua.
  • Kulit batang tanaman iles-iles putih memiliki tekstur yang halus dan berwarna keunguan dengan bercak-bercak putih.
  • Umbi iles-iles memiliki permukaan umbi yang ditumbuhi bintil. Bagian dalam umbinya bersera halus dan berwarna putih.
  • Pada pertemuan cabang tidak terdapat umbi katak atau bubil.

Setelah membandingkan ciri dari tanaman porang dengan ciri dari tanaman suweg, tanaman walur dan tanaman iles-iles putih, maka dapat kita ketahui perbedaan yang paling mencolok yaitu keberadaan umbi katak atau bubilnya.

Pada setiap pertemuan cabang umbi porang terdapat umbi katak atau bubil, sedangkan tanaman yang lainnya tidak ada. Selain itu, tanaman porang memiliki umbi berwarna kuning jingga, berserat halus, serta pada permukaannya tidak terdapat anakan umbi.

Demikian tadi informasi mengenai perbedaan ciri-ciri dari jenis tanaman porang. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam membedakan tanaman porang. Jangan lupa untuk mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Baca Juga :