Jangan Mengaku Memiliki Pengalaman Menjadi Supervisor Jika Belum Mengalami Hal Ini
By: Date: August 23, 2020 Categories: Karir
engalaman Menjadi Supervisor

Jangan Mengaku Memiliki Pengalaman Menjadi Supervisor Jika Belum Mengalami Hal Ini – Supervisor ialah seorang pemimpin pada sebuah perusahaan yang memiliki tugas utama untuk mengawasi dan mengatur setiap proses berjalannya perusahaan sesuai aturan yang berlaku. Posisi ini berada dibawah posisi seorang manager yang memiliki tugas lebih luas.

Posisi ini bisa dikatakan sebagai posisi yang cukup tinggi dan menjanjikan terutama dalam urusan gaji. Akan tetapi, hal tersebut tidak terlepas dari berbagai tugas yang cukup berat yang harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab. Tanggungjawab dan konsekuensi yang dipikul cukup banyak dan tidak mudah untuk dilakukan oleh orang biasa.

Pengalaman menjadi supervisor merupakan hal yang bisa dijadikan modal untuk membuka sebuah perusahaan atau bekerja di perusahaan lainnya. Namun, lika-liku menjalani posisi ini pasti akan dialami. Jika Anda pernah ada di posisi ini tentu Anda pernah mengalami beberapa hal berikut ini.

engalaman Menjadi Supervisor

Berusaha Konsisten dengan Pembicaraan

Menjadi seorang supervisor tentu akan menjadi pemimpin sebuah rapat bersama para karyawannya. Dalam acara tersebut Anda akan menyampaikan berbagai nasihat serta peringatan bagi setiap karyawan. Tak hanya dalam acara rapat, dalam kegiatan sehari-hari pun Anda akan berbicara terhadap karyawan.

Dalam kesempatan tersebut konsistensi Anda akan diuji. Jika apa yang Anda sampaikan kepada karyawan justru dilanggar oleh Anda sendiri tentu saja Anda bukanlah pemimpin yang konsisten. Hal ini, tentu menjadi salah satu hal yang sering terjadi dan merupakan pengalaman menjadi supervisor yang pasti dirasakan oleh setiap SPV.

Selalu Profesional

Anda yang pernah menjadi seorang SPV pasti pernah merasakan bagaimana untuk selalu profesional dalam setiap kesempatan. Jika belum pernah merasakannya, posisi Anda menjadi SPV sangat diragukan. Sebagaimana mestinya, seorang pemimpin harus bisa profesional kapanpun dan dimanapun.

Pengalaman menjadi supervisor akan membawa Anda pada situasi ini. Anda belum menjadi supervisor jika belum menghadapi keadaan yang membuat Anda selalu profesional. Misalnya pada saat Anda memiliki masalah maka Anda akan tetap menyelesaikannya dengan baik. Setiap SPV pasti akan berada di posisi ini.

Menghadapi Berbagai Karakter Karyawan

Sebuah perusahaan tentunya terdiri dari beberapa orang dari berbagai latar belakang. Seorang supervisor tentu akan menghadapi dan bekerja setiap hari dengan keberagaman diantara para karyawan. Hal ini akan selalu dihadapi oleh seorang SPV. Seorang SPV yang berpengalaman akan sangat cakap dalam menghadapi hal ini.

Pengalaman menjadi supervisor akan membuat Anda memahami beberapa jenis karakter manusia. Anda pasti sudah pernah bertemu dengan karyawan yang rajin, malas, rajin namun pamrih, malas namun selalu ceria, tenang, rapih, dan lain sebagainya. Anda yang mengaku sudah menjadi SPV pastinya sudah pernah mengalaminya.

Menjadi Pengaruh Bagi yang Lainnya

Seorang supervisor yang berpengalaman tentunya akan memiliki karakter yang baik sehingga bisa memberi pengaruh bagi setiap karyawannya. Terkadang, orang yang memiliki karakter yang kurang baik tidak akan didengar oleh yang lainnya. Jika Anda pernah di posisi SPV maka Anda pasti pernah merasakan bagaimana berusaha memberi pengaruh pada karyawan.

Jika Anda memiliki pengalaman sebagai SPV maka Anda akan menghadapi situasi ini dimana karakter Anda akan mempengaruhi karyawan lainnya. Sebab, seorang pemimpin ialah orang yang cukup berpengaruh untuk yang lainnya.

Beberapa hal diatas pasti akan dirasakan oleh seorang SPV. Pengalaman menjadi supervisor akan menghadapkan Anda pada situasi tersebut. Sebagai orang yang memiliki pengalaman di posisi ini maka hal-hal tersebut pasti akan dialami dan dihadapinya. Sudahkah Anda mengalami semua hal tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *