Ini 5 Investasi Online yang Cocok untuk Pemula!
By: Date: November 3, 2020 Categories: Umum

Investasi saat ini sudah dilakukan secara online karena investasi ini termasuk mudah, terjangkau dan cocok digunakan oleh pemula. Investasi saat ini telah menjadi komponen yang penting dalam penataan keuangan keluarga tetapi faktanya saat ini masyarakat Indonesia belum banyak melakukan investasi.

Hal tersebut karena rendahnya literasi keuangan masyarakat terhadap investasi, beruntungnya investasi saat ini sudah jauh lebih mudah, cepat dan juga lebih murah. Yuk simak instrumen investasi online yang cocok untuk pemula.

  1. Reksadana

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang paling mudah dan dikenal oleh masyarakat, di reksadana kamu tidak perlu melakukan analisa-analisa karena danamu akan diserahkan ke manajer investasi (MI) yang akan mengelola investasi kamu.

  1. Saham

Saham ini termasuk salah satu jenis investasi yang memberikan keuntungan tinggi daripada jenis instrumen investasi yang lainnya, walaupun begitu investasi saham ini memiliki tingkat risiko yang tinggi juga jadi sebelum membeli saham sebuah perusahaan kamu lebih banyak belajar melakukan analisa seperti analisa teknikal maupun analisa fundamental.

  1. Tabungan Emas Online

Emas ini menjadi jenis investasi yang sudah ada sejak lama, tetapi investasi emas ini termasuk ribet karena kamu harus datang ke toko emas dan menyimpan fisiknya jika kamu ingin menyimpan fisiknya di bungker ada biaya lebih yang perlu kamu keluarkan untuk itu. Sekarang investasi emas bisa dilakukan melalui menabung, selain harganya yang juga jadi sangat murah kamu bisa melakukan cicilan untuk membelinya.

  1. Surat Berharga Negara (SBN)

Investasi bisa dilakukan juga langsung ke Pemerintah Indonesia caranya dengan membeli SBN (Surat Berharga Negara), saat ini SBN sudah bisa dilakukan secara online jadi kamu tidak perlu melakukan transaksi lewat bank. Ada beberapa jenis SBN juga yang ditawarkan yaitu Savings Bond Ritel (SBR), sukuk tabungan dan ORI (Obligasi Negara Ritel), jumlah minimum pembelian SBNI bisa dimulai dari Rp 1 juta rupiah-jumlah yang ingin kamu beli.

  1. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka merupakan salah satu produk perbankan berupa tabungan yang memiliki bunga lebih besar daripada tabungan biasa sehingga imbal hasil yang diterima pun juga lebih besar. Bahkan di salah satu bank, bunga tabungan berjangka bisa mencapai 4,25% setahun.

Tentu saja setiap investasi ini memiliki tingkat return dan risiko yang berbeda-beda, sesuaikan kembali dengan tujuan dan profil risiko yang kamu miliki ya. Simak artikel menarik lainya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *