Ingin Capai Financial Freedom? Simak Cara Ini!
By: Date: November 9, 2020 Categories: Umum Tags:
Kebebasan finansial

Kebebasan finansial juga memiliki arti kamu memiliki kendali atas uang yang kamu miliki dan tidak membiarkan uang tersebut mempengaruhi keputusan yang kamu buat. Kebebasan finansial seringkali dihubungkan dengan dana pensiun.

Kebebasan finansial bersifat personal karena kebutuhan dan perencanaannya disesuaikan dengan tujuan dan mimpi yang kamu miliki. Kebebasan finansial memiliki banyak arti, bisa kebebasan dalam memilik karir tanpa khawatir mengenai uang lagi, bisa jadi benar-benar terbebas dari yang namanya tidak memiliki uang.

Kamu dapat mencapai kebebasan finansial dengan beberapa tips berikut ini.

1. Tahu kemana uang kamu pergi

Dengan membuat anggaran pengeluaran, kamu mengetahui secara pasti kemana uang yang kamu miliki pergi. Kamu dapat melakukan pencatatan keuangan dengan berbagai cara seperti menulisnya dibuku, excel, ataupun dengan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan. Ketika kamu telah melakukan hal tersebut, kamu jadi paham kemana larinya uang yang kamu miliki.

2. Menulis tujuan keuangan kamu

Tujuan keuangan ini ada banyak, bisa sebagai dana pensiun, dana pendidikan anak, ingin membeli barang dan lain-lain. Saat kamu tahu tujuan keuangan yang kamu miliki, kamu akan merasa termotivasi untuk menabung serta berinvestasi agar tujuan kamu tersebut dapat tercapai. Pastikan tujuan yang kamu tulis itu spesifik dan detail.

3. Pahami kondisi keuangan kamu

Kamu yang mengatur uangmu, tentu kamu juga tahu bagaimana kondisi keuangan yang kamu miliki kan. Seperti seberapa banyak hutang yang kamu punya, seberapa banyak tabungan yang kamu miliki dan seberapa banyak uang yang sebenarnya kamu butuhkan. Dengan memahami posisi dan kondisi keuangan milik kamu, kamu jadi tau betul langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil untuk memperbaiki kesalahan yang sebelumnya kamu lakukan.

4. Lakukan investasi

Investasi menjadi kunci untuk menumbuhkan nilai uang yang kamu punya, karena jika hanya menabung tentunya tidak cukup justru jika kamu hanya menabung nilai uangmu tidak akan bertambah, akan tergerus inflasi dan biaya tambahan lainnya.

Salah satu cara mengatasi gerusan inflasi adalah dengan melakukan investasi. Investasi ini ada berbagai macam instrumen yaitu reksadana, obligasi, saham dan emas. Investasi saham menjadi instrumen yang memiliki return cukup tinggi tetapi diimbangi dengan risiko yang tinggi juga. Namun tidak perlu khawatir, selain kamu perlu belajar analisa teknikal dan fundamental, kamu juga dapat menggunakan aplikasi. Aplikasi ini adalah emiten.com, aplikasi ini berfungsi untuk memberikan insight dan idea lain yang kamu butuhkan mengenai perusahaan yang bagus.


Seperti itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *