Cara Menggunakan Freezer Box
By: Date: April 22, 2021 Categories: Elektronik,Mesin,teknologi Tags: , , , , , ,
Cara Menggunakan Freezer Box

Freezer box merupakan mesin yang digunakan untuk pembekuan dan penyimpanan frozen food (makanan beku). Mari simak bagaimana cara menggunakan freezer box yang benar

Alat elektronik ini biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan dan membekukan bahan makanan seperti daging, ikan, ayam, udang, es krim, sayur, sosis, bakso, dan frozen food lainnya. Tak heran jika kita sering menjumpai alat satu ini di supermarket, minimarket, restoran, dan bisnis kuliner lainnya.

Fungsi Utama Freezer Box

Cara Menggunakan Freezer Box

 

Perlu diingat bahwa fungsi utama freezer box yaitu sebagai penyimpanan frozen food. Sehingga Anda tidak bisa menyamakan fungsinya dengan kulkas biasa. Freezer box cocok digunakan untuk menyimpan frozen food atau makanan olahan yang disimpan lama.

Peletakan makanan yang tidak perlu pembekuan dapat mengurangi efektifitas dari freezer box. Selain itu, jika Anda terus menerus membuka tutup freezer box, maka udara dan hawa panas dari luar bisa masuk dan mengakibatkan penurunan kualitas pada frozen food.

Di samping itu, Anda tidak dianjurkan untuk membuat es batu di dalam freezer box. Berikut ini beberapa alasannya:

  • Cetakan es batu yang digunakan harus dilengkapi dengan penutup dan memiliki bentuk yang rata agar bisa diletakkan dengan sempurna di dalam freezer box. Penggunaan cetakan es batu yang tidak dilengkapi penutup akan membuat es batu rentan terkena bakteri jika dibiarkan beku bersama dengan bahan makanan lainnya.
  • Pembekuan air di freezer box sangat lama dan tidak efektif. Hal ini terjadi karena freezer box memiliki ruang yang relatif besar, sehingga hawa dingin menyebar ke seluruh bagian freezer box untuk mendinginkan beberapa makanan sekaligus, tidak terfokus pada satu saja.

Kekurangan Freezer Box

Harga freezer box masih cukup terjangkau. Hal ini disebabkan karena teknologi yang digunakan pada freezer box belum menggunakan teknologi flash freezing (pembekuan cepat).

Laju pembekuan secara langsung bisa mempengaruhi ukuran dan jumlah kristal es yang terbentuk pada makanan. Pembekuan lambat akan membentuk kristal es yang sedikit namun berukuran besar, sedangkan pembekuan cepat cenderung menghasilkan kristal es yang banyak namun berukuran kecil.

Proses pendinginan dan pembekuan yang lambat, membuat freezer box tidak cocok untuk pengawetan bahan makanan dalam jangka panjang misalnya adalah daging. Pembekuan yang lambat ini bisa menurunkan kualitas dari bahan makanan, termasuk diantaranya tingkat kesegaran, rasa, tekstur, dan warna asli bahan makanan.

Hal ini terjadi karena kristal es besar hasil pembekuan lambat tadi dapat menembus dinding sel dan ruang sel pada makanan. Namun, tingkat kerusakan setiap makanan tidak sama, sehingga kecepatan pembekuan optimal untuk setiap produk bisa berbeda.

Freezer box lebih cocok digunakan sebagai tempat menyimpan makanan / minuman dingin. Namun, jika Anda ingin menyimpan daging di dalam freezer box, maka sebaiknya daging dibekukan terlebih dahulu menggunakan flash freezer. Hal ini dikarenakan mesin flash freezer dapat membekukan bahan makanan dengan kecepatan tinggi, sehingga kualitas, kesegaran, dan tampilan bahan makanan tidak akan berubah, terutama setelah bahan tersebut dicairkan kembali.

Cara Menggunakan Freezer Box

1. Jangan letakkan di dekat dengan Kompor

Sebaiknya freezer box diletakkan berjauhan dengan kompor gas ataupun kompor listrik. Jika diletakkan berdekatan dengan kompor, maka dapat menghambat kinerja dari freezer box itu sendiri.

Suhu panas yang dihasilkan kompor atau benda panas lainnya bisa membuat freezer box mengerahkan lebih banyak daya untuk mempertahankan suhu dingin di dalamnya. Freezer box akan cepat rusak jika hal ini terus terjadi. Oleh karena itu, pastikan freezer box diletakkan di tempat yang aman dan terhindar dari panas.

2. Atur peletakan makanan

Atur juga letak bahan makanan di freezer box secara rapi agar dapat memudahkan Anda dalam mengambilnya. Di samping itu juga akan mempersingkat waktu Anda saat membuka freezer box, sehingga jumlah udara panas dari luar hanya sedikit yang masuk. Tentu hal ini membuat kinerja freezer box menjadi lebih efisien.

3. Simpan bahan makanan pada wadah tertutup

Pastikan bahan makanan disimpan di dalam kemasan atau wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Kemasan atau wadah yang digunakan, bisa berupa kotak makanan, plastik klip, dan lain sebagainya. Pengemasan ini bertujuan agar bahan makanan tidak terkontaminasi oleh bakteri. Sehingga bahan makanan tidak mudah rusak dan bisa lebih tahan lama.

Selain bisa mendukung keawetan pada bahan makanan, metode penyimpanan ini juga membuat bahan makanan dalam freezer box tertata dengan lebih rapi. Pisahkan juga peletakannya berdasarkan jenis bahan makanan. Simpan daging, ayam, ikan, dan seafood lainnya di bagian bawah freezer box.

Untuk menyimpan sisa lauk ke dalam freezer box, Anda perlu memanaskannya terlebih dahulu. Kemudian setelah makanan dingin pada suhu ruangan, masukkan ke dalam kotak makanan.

4. Tidak perlu khawatir makanan rusak karena freezer box penuh

Anda tak perlu khawatir lagi jika penyimpanan freezer box telah terisi penuh, karena hal tersebut tidak mempengaruhi bahan makanan agar bisa membeku. Justru freezer box yang terisi penuh dapat mempertahankan suhu lebih baik dibandingkan saat penyimpanannya kosong.

Saat freezer box dibuka, makanan-makanan beku ini dapat membantu kinerja freezer box untuk mempertahankan suhu dingin di dalamnya terutama saat udara panas dari luar freezer box masuk ke dalam. Meskipun demikian, jangan terlalu banyak memasukkan makanan ke dalamnya. Sisakan celah diantara masing-masing wadah agar pertukaran udara di dalam freezer box bisa tetap lancar.

5. Setel freezer box pada suhu -18 °C | Cara Menggunakan Freezer Box

Suhu yang paling tepat untuk menyimpan frozen food yaitu -18°C. Pada suhu ini bakteri tidak bisa berkembangbiak. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bakteri tetap bisa hidup saat frozen food dicairkan. Jangan lupa untuk mengecek suhu dalam freezer setidaknya seminggu sekali.

Freezer box sangat digemari terutama untuk penyimpanan bahan makanan beku. Mesin satu ini dilengkapi dengan fungsi defrost yang perlu Anda jalankan sebagai bagian dari perawatan Freezer box.

Gunakan fungsi defrost untuk mencairkan tumpukan es di seluruh bagian dalam Freezer box. Setelah itu, lap bagian dalam freezer box dengan menggunakan kanebo atau kain bersih.

Dengan melakukan lima tips menyimpan makanan dalam freezer di atas, dijamin makananmu bisa tahan lama. Freezer pun juga bisa bekerja dengan lebih maksimal dalam membekukan makanan. Jangan lupa rajin membersihkan freezer

Demikian tadi informasi mengenai cara menggunakan freezer box dengan benar. Semoga informasi tadi dapat membantu Anda semakin bijak dalam menggunakan Freezer Box.

Baca Juga: Cara Membuat Es Krim Cokelat