Cara Membuat Vas Bunga dari Sabut Kelapa
By: Date: January 25, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , , , , , ,
cara membuat vas bunga dari sabut kelapa

Cara Membuat Vas Bunga Sabut Kelapa – Sabut kelapa merupakan bagian dari mesocarp (selimut) yang merupakan serat kelapa yang kasar. Sabut kelapa yang biasa disebut sampah ini ditumpuk begitu saja di bawah pohon kelapa lalu dibiarkan membusuk atau mengering. Sebagian besar digunakan untuk kayu bakar.

Selain digunakan sebagai kayu bakar, sabut kelapa bisa diolah menjadi vas bunga yang cantik. Vas bunga yang terbuat dari barang bekas berupa sabut kelapa merupakan salah satu pemanfaatan limbah yang sangat baik. Karena dapat mengurangi limbah kelapa di lingkungan sekitarnya.

Meski hanya limbah kelapa yang dikategorikan sebagai sampah organik, itu juga mengganggu, karena bisa busuk, yang baunya sangat tidak enak.

Tidak salah jika kelapa akan segera dijemur dan jika sudah kering sabut kelapa dijadikan sebagai kayu bakar dan sangat bermanfaat jika disulap menjadi benda yang bermanfaat yang dapat mempercantik rumah kita.

 

Cara Membuat Vas Bunga dari Sabut Kelapa

cara membuat vas bunga dari sabut kelapa

Alat dan Bahan:

  • Sabut kelapa
  • Wadah plastic
  • Kanebo bekas
  • Pisau kater kecil
  • Tali
  • Benang wol
  • Bunga
  • Gunting

Cara Membuat Vas Bunga dari Sabut Kelapa :

  1. Siapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan ini di atas meja kerja.
  2. Masukkan sabut kelapa ke dalam wadah.
  3. Gunting sabut kelapa untuk merapikannya.
  4. Gunting kanebo bekas, sesuaikan bentuk ukurannya dengan wadah.
  5. Lilitkan tali sebagai alat menggantungakannya nanti.
  6. Agar sabut kelapa tidak lepas, kita jahit atau kita lilitkan dengan benang wol.
  7. Taruhlah kanebo terlebih dahulu di wadah, selanjutnya ambil bunga mana yang ingin ditaruh.
  8. Rapikan dan sudah siap digantung.

 

Kerajinan Lain dari Sabut Kelapa

Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh adalah jaring yang terbuat dari sabut kelapa. bahannya berasal dari seratus persen bahan alami dan ramah lingkungan.

Cocomesh jaring sabut kelapa atau biasa disebut Coir Geo textile digunakan sebagai media taman dan bahan stabilisasi untuk lereng atau lahan miring. Cocomesh lebih murah dan lebih efisien daripada penggunaan permukaan batuan atau geotekstil yang biasa digunakan dalam perkuatan struktur di lereng.

Cocomesh telah terbukti efektif dalam mencegah longsor atau erosi pada tanah dan menjaga tanah agar tidak berpindah dari tempatnya serta mencegah erosi unsur hara yang dapat menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh, semua karena kemampuan cocomesh yang tinggi dalam menyerap udara dan mampu. menjadi humus.

Dalam waktu 3 tahun buah kelapa akan terdegradasi dengan tanah dan tumbuhan yang hidup di atasnya, karena bahannya berasal dari tumbuhan.

Cocomesh jaring sabut kelapa merupakan salah satu aplikasi dari tali sabut kelapa. cara membuatnya dengan cara dianyam. Polanya bisa menyesuaikan kebutuhan,  contoh seperti membuat ukuran dengan jarak tali 2×2 cm, 3×3 cm, 4×4 cm dan sesuai kebutuhan.

Penggunaan cocomesh lebih sering digunakan sebagai reklamasi tambang.Dan bias mengembalikan area bekas tambang agar menjadi hijau kembali.Cocomesh bisa di fungsi kan untuk media tanam cover crop yang disebar diatas cocomesh.

Fungsi lain dari cocomesh bisa mencegah larinya top soil dan dapat mencegah erosi tanah. Dan sangat cocok untuk penguatan tanah pada kemiringan lahan.

Anda bisa menemukan orang yang jual cocomesh murah dan berkualitas dimana mana termasuk di toko – toko peralatan rumah tangga.

 

Manfaat Bisnis Sabut Kelapa

Di Indonesia sendiri merupakan penghasil kelapa. Sabut kelapa kering begitu saja. Mungkin hanya usaha pembuatan batako dan genteng saja yang membutuhkan sabut kelapa untuk melalui sistem tersebut.

Para pengrajinnya telah memanfaatkan sabut kelapa untuk diolah menjadi barang yang bisa digunakan, seperti sapu lantai dan alas kaki. Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi serta semakin inovatifnya pengolahan sabut kelapa, sabut kelapa dapat menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.