Cara Membuat Keripik Singkong Yang Renyah
By: Date: March 16, 2021 Categories: Uncategorized
membuat keripik singkong renyah

Halo teman teman! Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang cara membuat keripik singkong yang renyah dan artikel berikut, selamat membaca!

 

Cara Membuat Keripik Singkong yang Mudah, Renyah dan Tahan Lama

Beragam produk olahan ubi kayu memang digemari berbagai kalangan dengan kreasi yang menarik. Salah satunya adalah keripik singkong yang merupakan camilan populer dengan tekstur renyah, rasa gurih dan bikin ketagihan untuk menyantapnya. Meski terlihat ribet, nyatanya Anda bisa berlatih membuat keripik singkong sendiri di rumah dengan bahan yang terjangkau.Untuk membuat keripik ini menggunakan mesin keripik singkong.

Keripik merupakan makanan ringan yang dibuat dengan cara menggoreng berbagai jenis bahan makanan seperti buah dan umbi-umbian. Di antara jenis keripik yang paling populer adalah keripik berbahan dasar singkong dengan berbagai kreasi yang ditawarkan. Karena selain enak untuk dikonsumsi, keripik singkong juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Singkong yang sering dijadikan makanan tradisional ini bisa dikreasikan dengan menyajikan makanan ringan berupa keripik dengan kombinasi bahan lain seperti bawang putih dan taburan bubuk penyedap masakan. Jajanan ini bahkan dibuat menjadi produk kemasan dengan berbagai kreasi rasa yang berbeda seperti manis, pedas, gurih, asin, barbeque hingga keju.

Namun awalnya keripik singkong tersebut dibuat dengan rasa bawang putih yang khas. Keripik singkong ini cocok disantap sebagai camilan santai yang bikin ketagihan dan bikin kamu nggak mau berhenti makan keripik

singkong. Anda juga bisa membuat keripik singkong sendiri dengan mudah dan sesuai selera menggunakan bahan yang terjangkau.

 

Untuk lebih jelasnya cara membuat keripik singkong yang mudah, enak dan renyah bisa anda temukan beberapa poin di bawah ini. Berikut cara membuat keripik singkong yang mudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1.Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

 

Cara membuat keripik singkong renyah memiliki sejumlah teknik khusus yang mudah untuk dipraktikkan. Keripik singkong yang renyah tentunya nikmat jika disantap sebagai camilan. Adapun cara membuat keripik singkong renyah sebagai berikut.

 

– Iris tipis singkong agar tekstur singkongnya renyah saat digoreng.

-Setelah diiris tipis, rendam singkong menggunakan air garam agar bumbu meresap ke dalam singkong. Sejumlah resep keripik singkong lainnya bahkan direndam menggunakan kapur sirih agar teksturnya lebih renyah. Namun, itu disesuaikan dengan selera masing-masing.

 

-Lalu bilas dengan air rendaman baru. Dan cuci kembali dengan air bersih, tiriskan.

-Tambahkan bumbu dan rendam selama satu jam.

-Setelah itu anda juga bisa mengeringkan ubi kayu dengan cara dijemur dibawah sinar matahari tanpa terkena sinar matahari sampai ubi kayu kering.

– Saat menggoreng usahakan menggunakan minyak yang banyak agar singkong benar-benar terendam dan matang dengan sempurna.

membuat keripik singkong renyah

2.Cara Membuat Keripik Singkong Gurih

 

Cara membuat keripik singkong gurih ini sangat mudah dipraktekkan dengan cita rasa yang original.

 

Bahan untuk keripik singkong:

-2 kg ubi kayu, kupas dan iris tipis baik dengan alat maupun manual.

-Minyak goreng.

Bahan bumbunya singkong:

-1 sdt soda kue.

-1 liter air panas

-1 sdt garam

Cara membuat keripik singkong:

 

Pertama cuci singkong yang sudah diiris tipis-tipis. Kemudian siapkan air untuk merendam singkong.

-Tambahkan garam dan soda kue ke dalam bumbu singkong, aduk rata. Masukkan singkong ke dalam air rendaman, diamkan selama 45 menit sampai 1 jam.

-Lalu tiriskan singkong dan bilas menggunakan air bersih lalu tiriskan kembali.

-Setelah itu panaskan minyak secukupnya, lalu goreng singkong hingga berubah warna sambil diaduk sesekali agar matang merata.

 

Angkat dan tiriskan, sajikan singkong dengan taburan bumbu sesuai selera.

 

Sekian sobat sedikit penjelasan tentang cara membuat keripik singkong renyah semoga artikel yang saya buat bermanfaat buat anda terimakasih.