Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis
By: Date: March 16, 2021 Categories: Uncategorized
membuat keripik singkong pedas

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang cara membuat keripik singkong manis dan pedas dan artikel berikut, selamat membaca!

 

Cara Membuat Keripik Singkong Manis Pedas Yang Disukai Semua Orang!

Jajanan seperti keripik memang menjadi camilan yang disukai banyak orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak sangat menyukai jajanan keripik singkong. Selain keripik pisang, keripik singkong menjadi andalan banyak orang. Tidak sulit mencari keripik singkong.

Hampir setiap minimarket dan pusat perbelanjaan menjual keripik singkong. Mulai dari yang dibuat dalam kemasan oleh pabrik besar hingga yang dijual di pinggir jalan. Keripik singkong biasanya dijual dalam berbagai rasa. Meski banyak yang dijual, tak sedikit orang yang penasaran membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa berkreasi sesuai selera, orang juga bisa lebih berhemat.Membuat keripik ini menggunakan mesin keripik singkong.

Berdasarkan pengertian keripik, keripik singkong dapat disebut sebagai penganan yang terbuat dari bahan singkong yang diiris tipis-tipis. Irisan singkong tersebut kemudian digoreng dengan rasa asin asli dengan aroma bawang yang gurih. Keripik singkong populer karena renyah dan murah.

Singkong atau singkong merupakan pohon tropis dan subtropis tahunan. Umbi banyak dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya adalah sayuran. Masih banyak resep olahan singkong lainnya, beberapa di antaranya dijadikan makanan khas seperti getuk, tape, dan keripik yang menjadi jajanan favorit banyak orang.

 

Seiring perkembangan jaman, saat ini rasa keripik singkong sudah mulai bervariasi, seperti rasa gurih dan renyah aslinya, keripik singkong manis, coklat, keju, dan lain sebagainya.

 

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan proses pembuatannya. Simak cara membuat keripik singkong manis pedas yang disukai semua orang.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Manis Pedas Yang Banyak Disukai Orang!

Bahan cara membuat keripik singkong pedas manis:

 

  • 2 ubi kayu ukuran sedang
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 300 ml air bersih
  • 5 sendok makan garam untuk perendaman
  • 5 siung putih, haluskan sebagai campuran bumbu
  • 2 sendok makan gula pasir untuk bumbu
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 / 2 sdt garam
  • 2 butir kecil gula jawa
  • Minyak secukupnya

 

Cara Membuat Keripik Singkong Manis Pedas:

 

  1. Singkong yang dipilih dikupas lalu dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik.
  2. Campur air bersih dengan air kapur sirih, campur bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata. Kemudian rendam irisan singkong di dalamnya hingga 30 menit, angkat dan tiriskan.
  3. Membuat gula cabai jawa (cabai + garam + gula jawa).
  4. Panaskan minyak goreng, lalu goreng irisan singkong hingga matang dan kering, angkat dan tiriskan keripik singkong hingga dingin dan tidak berminyak. Tuang sambal gula jawa & aduk rata.
  5. Tambahkan keripik singkong, aduk hingga sambal merata.
  6. Keripik singkong manis dan pedas siap disajikan.

membuat keripik singkong pedas

Manfaat dan Kandungan Gizi pada Singkong

 

Selain bisa untuk membuat resep olahan ubi kayu ternyata ternyata mengandung beragam nutrisi dan manfaat. Selain itu, dalam 100 gram singkong rebus mengandung 112 kalori dimana 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein dan lemak.

Padahal, dalam takaran yang sama singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin dan mineral. Karena itu, perhatikan detail berikut ini.

 

  1. Karbohidrat

 

Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat, inilah alasan mengapa singkong menjadi sumber energi yang baik untuk Anda, terutama bagi Anda yang harus menjalani aktivitas fisik yang berat. Biasanya, aktivitas fisik menghabiskan glikogen, yang merupakan bentuk glukosa dan disimpan di otot.

 

Saat Anda mengonsumsi singkong, kandungan karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang kemudian diubah lagi menjadi glikogen dan disimpan di otot-otot tubuh. Oleh karena itu, manfaat ubi kayu untuk menambah energi tidak bisa dianggap remeh.

  1. Serat

 

Kandungan serat pangan pada singkong juga cukup tinggi, bahkan dapat mencegah terjadinya sembelit. Kandungan serat ini juga bisa membantu menurunkan berat badan, karena bisa membuat kenyang lebih lama.

Kandungan seratnya juga dapat membawa manfaat singkong untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan obesitas, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Singkong juga bisa dikonsumsi bagi Anda yang menderita diabetes.

 

Dengan mengonsumsi singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Ini karena serat mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

 

Sekian sobat sedikit penjelasan tentang cara membuat keripik singkong manis dan pedas semoga artikel yang saya buat bermanfaat buat kalian semua, terima kasih.