Cara Membuat Keripik Singkong Balado Renyah
By: Date: March 16, 2021 Categories: Uncategorized
membuat keripik singkong balado

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang cara membuat keripik singkong balado dan artikel selanjutnya selamat membaca!

 

Cara Membuat Keripik Singkong Balado

 

Keripik adalah penganan yang terbuat dari umbi-umbian, buah atau sayuran yang digoreng, dikeringkan, atau dikeringkan yang diiris tipis-tipis. Rasa gurih yang kamu dapatkan dari keripiknya sendiri merupakan perpaduan dari beberapa bumbu seperti bawang bombay, garam dan gula. membuat keripik ini menggunakan mesin keripik singkong.

Layaknya keripik pada umumnya, singkong merupakan salah satu olahan kripik yang digemari hampir semua kalangan. Singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan rasa asin asli dengan aroma bawang yang gurih. Selain enak dan renyah, keripik singkong sangat digemari karena harganya yang relatif murah.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Balado

 

Bagi anda yang suka dengan rasa gurih dan pedas, ini menjadi pilihan yang sangat cocok untuk keripik singkong balado. Yuk langsung saja simak ulasan resep cara membuat keripik singkong balado berikut ini.

 

Bahan:

– 1/2 kg ubi kayu (diiris tipis)

– 1 sendok teh kapur sirih (larutkan dalam 100 ml air)

Bumbu halus:

– 4 siung bawang putih

– 3 buah cabai merah besar

– 8 buah cabai merah

– 2 sdm gula pasir

– 1 1/2 sendok teh garam

– 1 sdt asam jawa (larutkan dalam 2 sdm air)

– Minyak secukupnya

– Wijen secukupnya

Cara membuat keripik singkong balado:

  1. Rendam singkong dalam larutan air kapur sirih, garam, dan air selama kurang lebih 15 menit lalu cuci bersih.
  2. Tiriskan singkong lalu goreng dengan minyak panas dengan api sedang hingga matang dan kering.
  3. Tumis bumbu halus berupa bawang putih, cabai merah, dan garam hingga harum. Tambahkan garam, gula pasir, dan air asam jawa lalu aduk hingga kental.
  4. Tambahkan singkong goreng. Aduk hingga membalut secara merata. Taburi singkong yang sudah dibumbui dengan biji wijen. Setelah dingin, simpan taburan wijen di dalam toples.

 

Nah itu dia sob, Cara Membuat Keripik Singkong Balado! Mau tau resep lainnya, berikut macam resep bikin keripik singkong:

membuat keripik singkong balado

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah dan Lembut

 

Tekstur keripik singkong yang renyah dan lembut menjadi sensasi tersendiri bagi penikmat jajanan murah meriah ini. Simak resep cara membuat keripik singkong yang renyah dan empuk di bawah ini.

Bahan:

– 2 kg singkong

Bahan perendaman:

– 1 sdt soda kue

– 1 liter air panas

– 1 sendok teh garam

– Minyak secukupnya untuk menggoreng

 

Cara membuat keripik singkong yang renyah dan lembut:

 

  1. Cuci singkong yang sudah dikupas dan diiris tipis-tipis sampai bersih. Siapkan bahan perendaman berupa air panas dan bukan hanya perebusan saja. Tambahkan garam dan soda kue lalu aduk rata.
  2. Masukkan singkong ke dalam bumbu rendaman. Rendam singkong selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam. Tiriskan singkong lalu bilas kembali dengan air bersih dan tiriskan kembali.
  3. Panaskan minyak secukupnya, sehingga seluruh bagian singkong yang digoreng harus terendam minyak. Goreng singkong hingga menguning sambil diaduk sesekali agar matang merata. Setelah matang, segera taburkan bumbu sesuai selera.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Manis

 

Bahan:

– 1 kg singkong kupas

– 1 sdt baking powder

– 1 sdm garam

– Air

– Gula halus

 

Cara membuat keripik singkong manis:

 

  1. Kupas singkong, encerkan, lalu cuci bersih. Mengaduk air secara kasar dapat merendam semua irisan singkong, baking powder, dan garam. Rendam irisan singkong dengan air selama kurang lebih 30 menit.
  2. Tiriskan singkong lalu goreng dengan minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan. Setelah dingin, taburi gula halus dan garam. Simpan dalam wadah tertutup.

 

Sekian sobat sedikit penjelasan tentang cara membuat keripik singkong balado semoga bermanfaat sekian terima kasih.