Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa Untuk Pemula
By: Date: August 2, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , ,
cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa

Sabut Kelapa

Tanaman kelapa memiliki beberapa manfaat. Semua tanaman digunakan untuk berbagai keperluan, yaitu bagian sabut kelapa. Bungkus kelapa kering dapat digunakan untuk berbagai kerajinan tangan.

Salah satu manfaat kelapa kering adalah digunakan untuk membuat pot gantung, pot gantung terbuat dari sabut kelapa yang lembab dan mudah menyerap air, sehingga manfaat dari pot gantung dapat digunakan untuk menanam berbagai tanaman, seperti kadaka pakis, tanduk rusa, pemasok dll.

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Cara Membuat Pot Sabut Kelapa

cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa

Alat – alat :

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan – bahan :

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk

Cara Membuat Pot Sabut Kelapa :

  1. Ambil kulit kelapa dari sabut kelapa kering, kemudian gunakan linggis untuk menghilangkan kulit kelapa agar kulit sabut masih bisa menempel. kalau di pedesaan biasanya kulit kelapa dikupas sedemikian rupa. Jadi kulit kelapa masih menempel. Sehelai janggut kelapa kemudian dipotong bagian atasnya menggunakan pisau besar. Anda bisa menggunakan pengolah paduan suara kelapa agar lebih mudah.
  2. Tandai bagian bawah dan atas masing-masing belahan menggunakan jenis bekas luka, bagian ini akan dilatih untuk mengikat bagian kelapa yang mengelilinginya serta untuk mengikat tali periuk.
  3. Bor dengan hati-hati pada bagian yang ditandai.
  4. Ikat ijuk di setiap lubang lantai kelapa agar setiap bagian sabut bisa menyatu.
  5. Setelah ikatan bagian dalam dibuat, kemudian silangkan ikatan bagian luar, lakukan hal yang sama untuk semua bagian sabut kelapa.
  6. Pot kelapa siap digunakan untuk menanam anggrek atau pakis.

Aneka Jenis Lainnya

cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat dan produk yang dapat dihasilkan. Ini adalah anugerah dari Tuhan yang diberikan. Jadi kita juga perlu memaksimalkan potensi ini. Untuk lebih lanjut rasa syukur saya kepada Tuhan, saya akan memberikan sedikit informasi tentang beberapa manfaat santan sebagai produk unggulan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

1. Matras Sabut Kelapa

Sabut Kelapa Matras bisa digunakan untuk kasur kesehatan, bagi yang cenderung sakit pinggang, sebaiknya menggunakan produk kasur ini. Sifat kasur yang lentur, namun tidak mudah tertekan, aman untuk dikatakan sakit punggung. Bahan ini juga cocok untuk kasur bayi, sifatnya bisa menyerap bau, sehingga tetap nyaman meski dibasahi berulang kali

2. Jok Mobil Sabut Kelapa

Industri otomotif yang sudah dikenal di dunia ternyata juga menggunakan sabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Bahkan ada beberapa yang digunakan untuk kursi pesawat.

Salah satu keunggulan lantai kelapa untuk pengisi jok mobil adalah memiliki kekuatan lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak berbau, dan memiliki polusi (bioderedability) yang sangat rendah.

3. Kasur Sabut Kelapa

Kasur dengan menggunakan sabut kelapa merupakan kombinasi lateks karet dan sabut kelapa, yang dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Karena kasur ini tidak perlu digunakan kembali dengan pegas, kelebihan kasur sulur kelapa dan karet ini adalah fleksibel dan empuk.

Baca juga : Berikut Beberapa Manfaat Kulit Pisang Untuk Wajah

Demikian pembahasan cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa yang bisa Anda praktikkan sendiri. Semoga bermanfaat dan dapat mengurangi penggunaan pot plastik dan melestarikan alam.