Cara Membuat Es Kul Kul Dengan Coklat Bubuk
By: Date: November 8, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , ,
Es kul kul coklat bubuk

Cara Membuat Es Kul Kul Dengan Coklat Bubuk

Es kul kul coklat bubuk

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi resep cara membuat es kul kul dengan coklat bubuk, simak bahan dan cara pembuatannya di bawah ini. Selamat mencoba!

Baca juga: cara bikin minyak kelapa alami

Cara Membuat Es Kul Kul Dengan Coklat Bubuk

Bahan-bahan:

  • 1 sisir pisang
  • 2 sdm gula halus
  • 50 ml minyak sayur
  • 2 sdm coklat bubuk
  • Topping sesuai selera
  • Tusuk sate atau bisa juga menggunakan stik es cream

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama tusuk pisang dengantusukan sate atau stek ice cream, bekukkan dalam frezzer selama kurang lebih 3 jam.
  2. Kedua panaskan minyak dengan api kecil, matikan api, biarkan hangat.
  3. Setelah itu campur gula halus dengan coklat bubuk, kemudian masukkan ke dalam minyak hangat, aduk hingga rata.
  4. Kemudian celupkan pisang beku ke dalam larutan coklat cepat beku, lakukan hingga semua pisang habis.
  5. Es ku kul pisang coklat siap untuk disajikan.

Manfaat pisang

1. Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan. Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Untuk orang yang melaksanakan diet, karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Di samping itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Di Jepang ada tren diet baru: minimal satu dan maksimal empat pisang untuk sarapan. Itu katanya mendorong metabolisme, sehingga orang tidak perlu berolahraga.

2. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

3. Untuk merawat kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

4. Menyehatkan tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

 

Manfaat coklat

1. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Mengonsumsi cokelat juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid dalam cokelat yang mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Tak hanya itu, kandungan epikatein dalam cokelat juga dapat menurunkan risiko terjadinya penurunan fungsi otak yang dapat menyebabkan demensia atau pikun.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan antioksidan dalam cokelat diyakini dapat mencegah kerusakan sel yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi cokelat dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Namun, studi mengenai efek antikanker pada cokelat ini masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat kandungan flavonoid dalam cokelat yang tidak kalah penting adalah mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, cokelat baik dikonsumsi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu lebih cermat dalam memilih cokelat yang akan dikonsumsi. Beberapa jenis cokelat telah diberi gula tambahan dan justru bisa menyebabkan diabetes bila dikonsumsi secara berlebihan.

Itulah resep cara membuat es kul kul dengan coklat bubuk, selamat mencoba!