Cara Membuat Cold Brew Coffee yang Mudah Simpel dan Hemat
By: Date: February 19, 2021 Categories: Uncategorized

Mau tau seperti apa cara untuk membuat cold brew? agar lebih tau lagi, simak yuk artikel cara membuat cold brew coffee yang mudah simpel dan hemat berikut ini.

Apa Itu Cold Brew Coffee?

cara membuat cold brew

Cold brew coffee (berasal dari bahasa Inggris yang artinya kopi seduh dingin) adalah salah satu metode yang dilakukan untuk menyeduh bubuk kopi hitam dengan memanfaatkan air dingin.

Biasanya untuk menyeduh bubuk kopi hitam pastai akan menggunakan air panas, cara cold brew ini menggunakan air dingin atau air bersuhu ruangan.

Cara untuk membuatnya adalah kopi ditumbuk lalu direndam dalam air dingin minimal 6 jam sampai 12 jam dan bisa juga disimpan di dalam lemari es. Ekstrak kopi dapat dikeluarkan secara perlahan.

Setelah itu kopi disaring dengan kain kasa atau saringan kemudian dicampur dengan susu dan penyedap rasa lainnya sesuai selera sehingga rasannya tidaak terlalu pekat.

Bagi orang yang baru pertama kali merasakan cold brew coffee, mungkin rasa kopi yang disesap belum bersahabat untuk lidah mereka yang belum akrab dengan sajian kopi, tapi bukan berarti tidak bisa minum cold brew untuk pertama kalinya.

Perkenalkan pada mereka yang belum terbiasa akan kopi dengan sajian kopi yang sangat ramah untuk dinikmati tiap kalangan, dengan sajian cold brew walau bukan pengopi pasti sekejap akan membuatnya jatuh cinta akan sajian kopi.

MENGAPA COLD BREW?

Hidangan cold brew dibuat dengan cara yang berbeda dengan kopi pada umumnya, tidak hanya itu saja yang membedakan adalah ekstraksi kopi untuk cold brew juga berbeda.

Oleh karena itu, sajian cold brew tergolong unik dan bisa dikatakan serbaguna sebagai lapisan dasar untuk sajian dingin lainnya. Nah, selanjutnya, karakter cold brew inilah yang bisa membuat orang jatuh hati pada kopi.

1. Karakter dingin yang ramah

Rahasia mengapa minuman dingin terasa kurang asam dan pahit, jawaban sederhananya adalah suhu air. Jika suhu optimal untuk mengekstraksi karakteristik rasa kopi adalah 91 – 96 derajat Celcius yang dapat memunculkan karakter rasa yang seimbang, lalu bagaimana dengan minuman dingin?

Semakin tinggi suhu air dibandingkan kisaran suhu optimal yang digunakan untuk menyeduh kopi, karakter rasa akan cenderung memiliki karakter rasa pahit yang kuat.

Dan meskipun suhu air yang digunakan di bawah kisaran suhu optimal, karakter rasa menjadi lebih ringan. Namun cara pembuatan cold brew sangat menarik, bukan dengan menyeduh dengan air panas, melainkan menggunakan air seduhan pada suhu normal yang kemudian dibiarkan istirahat dengan merendam ampas kopi kemudian memasukkannya ke dalam lemari es minimal 8 jam.

Cara untuk membuat cold brew ini membuat penasaran untuk membuatnya sendiri di rumah.

2. Layanan dingin dapat menciptakan rasa yang berbeda

Dengan sedikit ditambahkan pada hidangan cold brew, akan membuat rasa cold brew semakin menarik. Mudah saja membedakan biji kopi yang sama, coba kopi panas dibandingkan cold brew, mungkin menurut Anda karakter rasanya tidak jauh berbeda, namun terdapat perbedaan rasa yang sangat jelas walaupun menggunakan biji kopi yang sama.

Kopi yang diseduh dengan air panas menciptakan karakter rasa yang jernih, aroma yang enak, rasa manis yang lembut, keasaman, dan keseimbangan rasa lainnya.

Berbeda dengan masakan cold brew yang cenderung bersifat empuk, justru rasa manis yang keluar lebih jelas dan rasa asam yang empuk, pahit nyaris tidak terasa.

Jumlah cold brew yang optimal bergantung pada jenis biji kopi yang digunakan. Semakin eksotis rasa cold brew jika disajikan menggunakan es batu dan sebagai tambahan ditambahkan sirup atau madu, semakin menarik.

3. Dingin brew, solusi menikmati lainnya

Ada banyak kemungkinan untuk menyajikan secangkir minuman dingin sebagai lapisan dasarnya. Tak heran jika kedai kopi menyediakan cold brew untuk keperluan penyajian agar lebih mudah membuat masakan lainnya.

Bagi kami sebagai homebrewer, tidak ada salahnya selalu menyediakan cold brew di lemari es di rumah, jika Anda hanya harus menyajikannya saat sedang kedinginan.

Minuman dingin, ditambah air dingin dan es batu, akan menjadi es kopi. Menambahkan susu dapat berfungsi sebagai latte minuman dingin, dan ada banyak kemungkinan lain. Pasalnya, minuman dingin ini membuat ketagihan jatuh cinta bagi mereka yang pertama kali diperkenalkan dengan hidangan ini.

Mau bikin cold brew sendiri di rumah, jangan bingung. Anda juga bisa menyediakan minuman dingin sendiri untuk kebutuhan kopi Anda di rumah.

Fakta Cold Brew Coffe

cara membuat cold brew

Cold Brew Coffee merupakan sajian kopi cold brewed yang berbeda dengan es kopi seperti Iced Americano, Iced Long Black atau Iced Japanese Iced Coffee meskipun sama-sama menggunakan kopi, air dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar.

Lalu apa yang membuatnya berbeda? Apa yang membuat minuman dingin ini begitu unik dan spesial? Berikut 7 fakta Cold Brew yang mungkin belum Anda ketahui!

1. Diseduh tanpa air panas

Namanya juga cold brewing, tentunya tidak melibatkan air panas sama sekali. Untuk membuat minuman dingin Anda harus menggunakan air bersuhu ruangan.

Air dengan suhu kamar dan kopi akan diekstraksi selama lebih dari 8 jam tergantung pada jenis kopi, pilihan pembuat minuman dingin dan masing-masing rasa.

2. Direndam lama

Cold Brew Coffee mungkin salah satu cara menyeduh dengan durasi perendaman paling lama. Kopi dan air biasanya direndam bersama selama 8 sampai 12 jam.

Biasanya selama perendaman, wadah berisi cold brew ditempatkan di lemari es. Proses ini akan menghasilkan rasa yang unik, manis dan keasaman yang rendah.

3. Rasanya lebih manis

Meski tanpa gula atau pemanis lainnya, Cold Brew Coffee terasa lebih manis dan lembut. Ini terjadi karena proses perendaman yang lama dan air yang digunakan juga.

Namun setiap kopi akan menghasilkan cita rasa yang berbeda. Umumnya kopi dan madu yang diproses secara alami akan memiliki rasa yang sangat “kaya” saat diseduh.

4. Menurunkan Keasaman

Cold Brew Coffee memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah karena proses perendaman selama 8 jam yang terjadi dalam proses tersebut.

Hal ini tentunya sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan terkait keasaman. Mereka yang menderita asam lambung pun tak perlu ragu menikmati minuman dingin.

5. Tidak seperti Cold Drip

Meski sama-sama diseduh dengan air suhu ruangan, cold drip dan cold brew memiliki perbedaan mendasar. Seperti namanya, kopi dari cold drip diseduh dengan meneteskan air secara perlahan pada kopinya.

Cold drip umumnya menggunakan cold dripper atau brewer yang berbeda dengan cold brew.

6. Kafein Tinggi

Meski diseduh dingin, jumlah kafeinnya juga lebih tinggi. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya kopi yang digunakan dalam menyeduh.

Cold brew biasanya memiliki rasio 1:10 hingga 1:15. Dengan kata lain jika menggunakan 30 gram kopi, maka air yang digunakan adalah 300 ml untuk hasil terbaik.

Hal ini menyebabkan minuman dingin dikonsumsi sebelum berolahraga untuk hasil yang maksimal.

7. Bisa dinikmati dengan susu!

Cold Brew Coffee bisa kamu simpan kemudian di campur menjadi berbagai produk seperti susu untuk kopi susu, jus lemon untuk Iced Coffee Lemonade, matcha untuk Coffee Matcha dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Cold Brew Coffee

cara membuat cold brew

Cara membuat kopi cold brew sangatlah mudah. Namun butuh waktu berjam-jam karena proses ekstraksi menggunakan air dingin. Berikut cara membuatnya :

  1. Siapkan ampas kopi dan air dingin.
  2. Siapkan wadah (botol) yang bisa ditutup rapat.
  3. Tuang ampas kopi ke dalam wadah, lalu dilanjutkan dengan air.
  4. Tutup rapat dan simpan di lemari es selama 12 jam.
  5. Setelah selesai, saring hasil ekstrak tersebut ke dalam wadah lain.
  6. Minuman dingin siap dinikmati.

Cara pembuatan manual brew banyak macamnya atau biasa disebut manual brew. Mulai dari yang gampang seperti tabrakan, hingga yang rumit seperti vakum atau siphon. Dari cara manual juga terdapat cara unik dalam menyeduh kopi yaitu cold brew.

Cara membuat kopi cold brew tidak sama dengan teknik manual brew lainnya. Berbeda dengan pour over, dimana kopi diseduh secara perlahan hingga melewati filter dan dripper. Tidak sama dengan cara mengekstrak kopi bertekanan seperti pada mocha pot, Rok Presso, atau Aeropress.

Cara membuat cold brew tentunya berbeda dengan es kopi. Minuman ini dibuat dengan mengekstrak kopi menggunakan air dingin. Cara ini sama sekali tidak menggunakan air panas, mula-mula menyeduh es kopi dengan air panas lalu menurunkan suhunya dengan es batu.

Sebenarnya teknik ini tidak hanya sekedar menuangkan air pada ampas kopi seperti cara menyeduh biasa. Kopi diekstraksi dengan cara direndam selama 8-20 jam. Untuk menjaga suhu dan menghindari panas selama proses ekstraksi, rendaman biasanya disimpan di lemari es.

Alat-alat yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat. Sediakan saja wadah yang bisa menampung kopi.

Tidak ada ketentuan khusus mengenai biji kopi yang digunakan untuk cold brew. Namun sebagai rekomendasi, gunakan jenis arabika karena aromanya dan rasa yang tidak terlalu pahit jika direndam terlalu lama.

Sebaiknya jangan gunakan ampas kopi yang terlalu halus karena proses ekstrak yang tidak terlalu singkat akan membuat sisa rasa pahit yang berlebihan.

Berikut cara membuat kopi cold brew yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Perbandingan kopi dan air untuk minuman dingin yang direkomendasikan oleh Sasame Coffee adalah 1:10.

  1. Siapkan ampas kopi dan air dingin.
  2. Siapkan wadah (botol) yang bisa ditutup rapat.
  3. Tuang ampas kopi ke dalam wadah, lalu dilanjutkan dengan air.
  4. Tutup rapat dan simpan di lemari es selama 12 jam.
  5. Setelah selesai, saring hasil ekstrak tersebut ke dalam wadah lain.
  6. Minuman dingin siap dinikmati.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk mencoba resep kopi lainnya, anda bisa membaca artikel tentang resep cold brew coffee yang satu ini.

Dan jika Anda tertarik untuk membeli atau mengoleksi mesin baik itu mesin pengolah kopi ataupun mesin pengiling kopi, Anda bisa mencarinya di rumah mesin. Karena disana tersedia banyak jenis mesin-mesin yang sangat berguna.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_