Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Ala Chinese Food
By: Date: November 8, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , ,
Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Ala Chinese Food

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang cara membuat ayam goreng mentega ala chinese food. Apa ayam mentega itu? Untuk kalian yang belum tahu simak penjelasan berikut.

Definisi Ayam Mentega

Definisi Ayam Mentega

Ayam mentega atau Makhan murg artinya hidangan, yang berasal dari subbenua, India, dari ayam dalam saus tomat. Hidangan ini dikembangkan pada 1950-an oleh 3 pemilik restoran Punjabi: Kundan Lal Gujral, Kundan Lal Jaggi dan Thakur Dass, yang artinya pendiri restoran Moti Mahal pada Delhi, India. Makanan itu dibuat secara kebetulan dengan mencampur ayam residu dalam saus tomat, kaya akan mentega dan krim.

Ayam goreng mentega sebenarnya ialah hidangan yang relatif sederhana dan banyak dijumpai di berbagai restoran. Ayam yang telah dipotong-potong kecil serta dibumbui ini bisanya digoreng terlebih dahulu. Sesudah melumerkan mentega di wajan barulah dimasukkan bawang putih sampai harum. Nah, kelezatan ayam goreng mentega ini terletak di adonan 3 jenis kecap yaitu kecap asin, kecap manis, dan kecap inggris.

Umumnya dalam bumbu ditambahkan daun bawang dan bawang bombay. Nah, barulah ayam goreng tadi dimasukkan serta diaduk sampai bumbu kecap menyelimuti semua permukaannya. Harumnya ayam goreng mentega waktu tersaji hangat pastinya bakal menggugah kesukaan.

Yuk, simak cara membuat ayam goreng mentega berikut ini.

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Ala Chinise Food

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam negeri, potong 14 atau 16
  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 butir bawang bombay, iris tipis
  • 3 sdm kecap Inggris
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm kaldu ayam bubuk
  • air secukupnya
  • 3 sdm margarin
  • 100 ml kecap manis

Bahan Halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir bawang merah
  • 1/2 sdt lada
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Ayam Goreng Ala Chinese Food :

  1. Cuci ayam sampai bersih, tiriskan hingga mengering.
  2. Bumbui ayam yang sudah ditaruh dalam wadah dengan air jeruk nipis, kecap Inggris, garam dan merica secukupnya.
  3. Tutup wadah berisi ayam dengan plastik. Simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit – 1 jam.
  4. Jika sudah, goreng ayam sampai berwarna kuning kecokelatan dan matang lalu tiriskan.
  5. Tumis bumbu halus sampai wangi.
  6. Tambahkan bawang bombay, aduk-aduk sampai layu.
  7. Masukkan kaldu ayam dan kecap manis, aduk merata
  8. Tambahkan sedikit air, masak hingga kering.
  9. Tambahkan margarin, aduk-aduk hingga margarin leleh.
  10. Taburi air jeruk limau, angkat dan sajikan.
Baca Juga : Bumbu Mendoan Tempe Goreng

Cara Membuat Ayam Goreng Jadi Lebih Sehat

Cara Membuat Ayam Goreng Jadi Lebih Sehat

1. Hindari Menggoreng dengan Minyak Banyak

Banyak masyarakat yang menggemari ayam goreng karena teksturnya yang renyah dan cita rasanya yang gurih. Untuk menyiasati agar ayam goreng lebih sehat, hindari menggoreng ayam dengan minyak banyak. Ganti cara memasak dengan memanggang. Cara ini secara teknis memang tidak merendam ayam dalam minyak yang bisa menambah kadar lemak jenuh dan lemak trans. Namun, dengan memanggang, masih dapat mempertahankan tekstur renyah pada ayam dalam versi yang lebih sehat. Terlalu banyak mengonsumsi asupan berlemak seperti gorengan dapat meningkatkan risiko aterosklerosis biang penyakit jantung dan stroke.

2. Nikmati Dalam Porsi Kecil

Mengontrol porsi makan merupakan pertimbangan penting dalam pengaturan pola makan. Agar lebih sehat, hindari mengonsumsi ayam secara berlebihan. Pilih jenis paha bawah. Jika Anda menginginkan bagian dada yang biasanya porsinya cukup besar, potong dada ayam menjadi dua bagian sekali makan.

3. Hindari Bagian Kulit

Banyak orang yang mengidolakan bagian kulit saat menikmati sajian ayam goreng. Namun, demi hidup sehat Anda perlu menghindari bagian kulit ayam goreng. Menghilangkan kulit ayam dari menu makanan Anda bisa menghemat tumpukan kalori sebesar 37 persen dan 86 persen lemak jenuh. Komposisi tersebut bisa berdampak besar untuk lingkar pinggang dan kesehatan jantung. Dengan mencoba cara membuat ayam goreng lebih sehat di atas, Anda bisa memangkas jumlah kalori dalam ayam goreng yang dikonsumsi. Apabila gaya hidup sehat ini menjadi kebiasaan, risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes bisa ditekan.
Itulah cara membuat ayam goreng mentega ala chinese food. Cara yang mudah cocok untuk kalian coba dirumah. Selamat mencoba!