Cara Membuat Arang Kayu Dengan Drum Beserta Penjelasannya!
By: Date: February 17, 2021 Categories: bisnis

Selamat datang di artikel saya! Di dalam artikel ini kita akan membahan tentang cara membuat arang kayu dengan drum. Sebelum itu yuk ketahui dulu apa itu arang!!!

cara membuat arang kayu dengan drum

Seperti yang kita tahu, arang sangat melekat dengan kehidupan sehari hari kita. Arang adalah residu hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan. Arang sangat berguna untuk kehidupan kita, contohnya di bidang pertanian, kesehatan dan juga di bidang kecantikan. Nah di bawah ini terdapat dua cara dalam membuat arang dengan drum, yaitu dengan satu drum atau dengan dua drum.

Untuk Lebih Jelasnya Kunjungi Artikel cara membuat arang kayu.

Definisi Arang

Arang merupakan residu hitam yang terdiri dari karbon tidak murni yang bisa didapatkan dengan cara menghilangkan kandungan air dan juga komponen volatil dari hewan atau tumbuhan tersebut. Memanaskan kayu, gula, tulang, dan benda lain dapat menghasilkan arang.

Sifat Adsorpsi

Sifat adsorpsi yang dimiliki arang aktif dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain (Agusta, 2012):

  • Sifat fisika arang aktif

Sifat fisika arang aktif dipengaruhi oleh banyaknya jumlah pori yang ada di dalam arang aktif yang dapat dimasuki oleh adsorbat yang ada di dalam arang aktif.

  • Sifat kimia arang aktif

Sifat kimia yang dimiliki arang aktif ini dimiliki ketika proses aktivasi berlangsung. Gugus aktif yang dimiliki arang aktif akan berinteraksi dengan molekul organik secara kimiawi. Proses adsorpsi terjadi karena adanya gaya Van Der Waals pada permukaan arang aktif dan adsorbat.

  • Jenis adsorbat

Adsorbat yang bersifat nonpolar akan mudah berinteraksi dengan gugus aktif pada arang aktif. Sehingga molekul organik yang memiliki kelarutan kecil pada air akan berikatan kuat dengan arang aktif.

  • Suhu

Semakin rendah suhu akan memperbesar daya serap yang dimiliki arang aktif, karena kelarutan molekul adsorbat lebih kecil sehingga lebih banyak yang teradsorpsi.

  • Waktu kontak

Semakin lama waktu kontak antara arang aktif dengan adsorbat maka semakin banyak adsorbat yang teradsobsi

  • Luas permukaan karbon aktif

Semakin luas permukaan yang dimiliki arang aktif daya serap yang dimiliki semakin besar

  • Konsentrasi adsorbat dan ukuran partikel adsorbat

Semakin besar konsentrasi dan partikel adsorbat menyebabkan daya serap adsorpsi arang aktif menjadi cepat jenuh.

cara membuat arang kayu dengan drum
Proses adsorpsi arang aktif (a) difusi pada permukaan adsorben, (b) migrasi ke dalam pori adsorben, (c) pembentukan monolayer adsorben (Adli, 2012)

Gambar diatas memperlihatkan proses adsorpsi yang terjadi pada arang aktif. Gugus aktif yang terletak pada permukaan arang aktif berinteraksi dengan adsorbat berupa senyawa kimia. Adanya pengaruh gaya Van Der Waals antara permukaan arang aktif dengan adsorbat menyebabkan adsorbat teradsorpsi ke dalam pori arang aktif. Dan pada saat inilah terjadi proses adsorpsi arang aktif terhadap adsorbat.

Dalam penelitian yang dilakukan Budiono, dkk (2009) disimpulkan bahwa aktivasi arang tempurung kelapa dengan asam sulfat dan asam fosfat dalam mengadsorpsi fenol menunjukkan bahwa arang aktif dengan karakteristik terbaik adalah arang aktif dengan aktivasi asam fosfat, karakteristik yang dimiliki arang aktif tempurung kelapa tersebut adalah kadar air 3,35%; kadar abu 0,62%; dan daya adsorbs terhadap iod 1275,3 mg/g, sedangkan kapasitas adsorpsi arang aktif tempurung kelapa terhadap fenol terbaik dimiliki arang aktif dengan aktifasi asam fosfat yakni sebesar 27,027 mg/g.

Cara Membuat Arang Kayu Dengan Drum

A. Menggunakan Satu Drum

cara membuat arang kayu dengan drum

  1. Tentukan tempat di mana Anda bisa membuat api . Anda bisa menggunakan api di halaman belakang, atau bisa menggunakan tempat lain setelah meminta izin terlebih dahulu. Periksa aturan di sekitar Anda tentang hal ini agar tidak ada.
  2. Siapkan drum logam . Gunakan drum ini untuk memasukkan kayu. Pilih ukuran drum sesuai kebutuhan Anda, tergantung banyak arang yang mau Anda buat. Pastikan drum Anda memiliki tutup yang kedap dengan api agar tidak meleleh saat pembakaran.
  3. Pilih kayu yang akan Anda buat menjadi arang . Pilih kayu yang sudah kering. Kayu cherry atau kayu oak, semua bisa Anda gunakan. Cari tahulah jika di sekitar Anda ada orang yang menjual kayu, atau belilah di toko sekitar. Potong kayu menjadi ukuran 4 inchi.
  4. Isi drum dengan kayu yang sudah kering. Isi drum dengan kayu yang sudah kering dan hingga ke bagian atas, Kemudian tutup drum secara rapat, tapi jangan sampai kedap udara.
  5. Persiapkan untuk membuat api . Beli atau juga bisa mengumpulkan kayu untuk membuat api yang akan menyala selama 3 – 5 jam. Nyalakan api pada tempat yang Anda pilih. Gali lubang di bagian tengah untuk meletakkan drum. Pastikan drum tertutup oleh kayu.
  6. Nyalakan api . Jika Anda menggunakan drum besar berisi kayu, biarkan menyala selama 3 jam atau lebih. Biarkan api menyala hingga padam dan mendingin sebelum Anda menyalakan drum.
  7. Angkat arang kayu . Saat Anda buka tutup drum, angkat dan gunakanlah untuk memasak beragam makanan yang Anda sukai.

B. Menggunakan Dua Drum

cara membuat arang kayu dengan drum

  1. Beli drum kecil dan drum besar . Pertama yaitu siapkan drum berukuran 30 galon di dalam, dan drum berukuran 55 galon untuk pengisiannya.
  2. Buat saluran bahan bakar pada drum besar . Gunakanlah gergaji logam agar bisa membuat potongan persegi pada bagian dasar drum besar. Ukurannya bisa 12 x 20 inchi untuk memasukan bahan bakar.
  3. Buat lubang di bagian dasar drum yang kecil . Nah, lubang ini merupakan saluran masuknya panas ke dalam drum yang lebih kecil sehingga kayu di dalamnya. Selanjutnya buatlah lubang dengan ukuran 5 – 6 1/2 inchi pada bagian dasar gendang.
  4. Isi drum yang kecil dengan kayu kering . Potonglah kayu cherry dengan ukuran 5 inchi dan masukan ke dalam drum, kemudian tutup.
  5. Lalu berdirikan gendang besar . Siapkan dua batu bata di dasar drum besar. Kemudian berikan lagi dua batu bata di atas batu bata yang pertama.
  6. Letakkan drum kecil di atas batu bata . Pastikan drum ini bisa mengisi drum besar, kalau tidak menggunakan batu bata yang lebih kecil atau batu sebagai alasnya dan tutup.
  7. Kemudian nyalakan api di dalam drum besar dan nyalakan selama 7 – 8 jam . Gunakan kayu bakar untuk membuat api, dan negara bahan ini dari lubang pada bagian dasar drum secara bergilir.
  8. Biarkan menyala hingga selesai . Setelah 7 – 8 jam, semua bahan yang ada di dalam kayu akan terbakar. Biarkan api menyala sampai padam, dan seluruh arang di bawah dingin sebelum Anda mendekatinya.
  9. Keluarkan arang . Ambilah arang dari dalam drum kecil dan simpan untuk Anda gunakan kemudian. Untuk memudahkan pembuatan arang kayu, Anda bisa menggunakan  mesin briket arang kelapa .

Jika anda kesulitan dalam mencari mesin mesin untuk keperluan tertentu, kunjungi website rumahmesin.com. Disana menjual barang barang yang tentunya akan memudahkan pekerjaan sehari hari kita, yuk buruan di klik!

Nah itu dia penjelasan cara membuat arang dengan drum. Semoga dalam proses pembuatannay berjalan dengan lancar yaaa!! Sekian Artikel ini, apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan mohon di maafkan.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya yaaa!!!