Cara Bikin Minyak Kelapa Alami
By: Date: November 5, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , ,
Cara Bikin Minyak Kelapa Alami

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan cara bikin minyak kelapa alami. Sebelum lanjut ke carany, buat anda yang tidak tahu dengan minyak kelapa simak penjelasan berikut.

Definisi Minyak KelapaDefinisi Minyak Kelapa

Minyak Kelapa artinya minyak nabati yang didapatkan dari daging buah kelapa. Sesuai kandungan asam lemaknya, minyak kelapa digolongkan ke dalam minyak asam laurat, sebab kandungan asam lauratnya paling besar  (44%) dibandingkan dengan asam lemak lainnya. Lemak dan  minyak yang terdapat pada bahan makanan sebagian besar  merupakan trigliserida yang merupkan ester dari gliserol dan  berbagai asam lemak.

Selama ini pengolahan minyak kelapa dengan bahan baku kelapa segar dilakukan  dengan menggunakan cara tradisional oleh petani dengan mutu yang kurang baik . Sekarang telah dikembangkan banyak sekali cara pengolahan minyak ini untuk memperbaiki mutunya. Berbagai cara yang dilakukan buat menaikkan mutu minyak tadi dengan penambahan asam (pengasaman), penambahan minyak (pancingan), penambahan garam (penggaraman), penambahan enzim serta lain sebagainya.

Sesuai cara pembuatannya , minyak kelapa dibagi menjadi 3 macam, yaitu RDB Coconut Oil, Tradisional Coconut Oil, dan  Virgin Coconut Oil (VCO). RDB merupakan Minyak kelapa yang dibuat dengan cara kering , yaitu minyak yang diproses menggunakan penambahan bahan kimia buat pemurnian (Refined-R), memutihkan (Bleaching-B), dan  menghilangkan aroma yang kurang sedap (Deodorised-D). Minyak ini terbuat dari daging buah kelapa yang dijemur dibawah sinar matahari atau diasapi(kopra). Sesuai dengan kondisinya bahan ini relative kotor dan  mengandung debu, kotoran, serta jamur yang dapat mempengaruhi kualitas minyak kelapa yang didapatkan.

Tradisional Coconut Oil ialah minyak kelapa yang dibuat dengan  cara basah. Minyak ini diolah berasal daging kelapa segar yang diparut lalu diperas buat diambil santannya. lalu, santanya didiamkan hingga santan terpisah menjadi 2 bagian, yaitu krim santan dan  air santan. Krim santan kemudian dipanaskan hingga minyak keluar. Minyak lalu disaring serta dipisahkan asal ampas (blondo). Minyak yang dihasilkan akan berbau harum, warnanya kurang jernih akibat penggunaan panas pada saat proses pengolahannya.

VCO dibuat dari daging buah kelapa segar yang prosesnya tanpa pemanasan seperti pada pembuatan minyak kelapa tradisional. Keuntungan dari proses ini, minyak yang diperoleh bias tahan hingga 2 tahun tanpa menjadi tengik.

Selanjutnya, mari kita simak cara bikin minyak kelapa alami berikut ini.

Cara Bikin Minyak Kelapa Alami

Cara Bikin Minyak Kelapa Alami

 Bahan-bahan :

  • Kelapa 15 butir
  • Kapas bersih 0.25 Kg
  • Tissue

Alat-alat :

  • Corong ukuran besar dan sedang
  • Pisau
  • Pengaduk santan
  • Baskom ukuran besar dan sedang
  • Sendok sayur
  • Saringan ukuran besar dan sedang
  • Gelas ukur
  • Parutan kelapa
  • Kantong plastic bening
  • Selang kecil
  • Gayung air
  • Ember
  • Kain lap

Cara Bikin Minyak Kelapa Alami :

  1. Kupas kelapa dari sabut dan tempurungnya kemudian dibersihkan lapisan luar atau kulit arinya. Gunakan pisau untuk mengerik daging buah. Belah butiran kelapa dan cuci dengan air bersih lalu sisihkan.
  1. Parut kelapa dengan alat parut. Tuang air bersih sebanyak 4-6 liter kedalam parutan kelapa sedikit demi sedikit, aduk hingga rata sambil diremas-remas agar santan yang kental keluar.
  2. Masukkan santan ke dalam toples, lalu tutup rapat dan diamkan selama 1-2 jam sampai terbentuk dua lapisan, yaitu lapisan bawah berupa air dan lapisan atas berupa santan.
  3. Pisahkan santan dari air dengan menggunakan gayung atau selang.
  4. Selanjutnya aduk hingga merata selama 30 menit dengan cara diputar-putar. Putar ke kiri antara 2-3 menit, lalu putar ke kanan dengan waktu yang sama 2-3 menit juga.
  5. Pada setiap pergantian arah putaran selingi dengan gerakan mengocok. Gerak putaran ini membutuhkan kecepatan yang stabil.
  6. Masukkan santan ke dalam toples tertutup dan diamkan atau fermentasikan selama kurang lebih 8-12 jam.
  7. Setelah 8-12 jam akan terbentuk tiga lapisan, yaitu lapisan bawah berupa air, lapisan tengah berupa blondo, dan lapisan atas berupa minyak.
  8. Pisahkan minyak dari lapisan air dan blondo.
  9. Kemudian minyak disaring dengan alat yang terbuat dari corong dimana seperempat bagian dari corong hingga ujung bawah corong tersebut telah disumbat dengan kapas.
  10. Hubungkan bagian bawah corong ke toples penampung dan tutup dengan kantong plastik bening hingga proses penyaringan selesai.
  11. Minyak yang sudah tersaring merupakan VCO berkualitas tinggi dengan ciri-ciri antara lain warna minyak bening Kristal, tidak berbau, dan tidak berasa kecuali aroma khas buah kelapa segar.
  12. Minyak kelapa murni dalam botol ini telah siap.
Baca Juga : Cara Membuat Sotong Tanpa Cumi

Itulah, yang dapat saya sampaikan tentang cara bikin minyak kelapa alami. Selamat mencoba!