Bikin Kentang Jadi Kerupuk Yuk!
By: Date: February 25, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , , , , , , , , ,
cara bikin kerupuk kentang

Halo teman teman! Seperti yang ada pada judul, Pada artikel ini saya akan membagikan tips bagaimana cara bikin kerupuk kentang yang enak, gurih dan pastinya bikin nagih.

Pasti ada yang bingung, hah kerupuk kentang? Pati salah nulis? Eits saya tidak salah menulis loh, memang kerupuk kentang. Meskipun kerupuk kentang tidak sepopuler keripik kentang tetapi kerupuk ini tidak kalah enaknya loh dari keripik kentang!

Kerupuk sendiri di Indonesia sudah dianggap sebagai camilan atau makanan ringan yang harus ada untuk menemani makanan berat lainnya. Kerupuk, salah satunya kerupuk kentang merupakan camilan yang digemari masyarakat dari berbagai kalangan dan berbagai latar belakang.

Nah karena kesukaan masyarakat inilah yang membuat kerupuk kentang mempunyai peluang usaha yang bagus dan menjanjikan, anda bisa membaca lebih lengkap lagi pada artikel cara membuat kerupuk kentang. Pada artikel tersebut terdapat penjelasan analisis dari usaha kerupuk kentang ini.

Untuk anda yang berminat untuk memulai usaha ini tetapi modal yang anda miliki terbatas, anda tetap bisa loh memulai usaha ini. Bagaimana caranya? Anda bisa membeli satu mesin yang benar benar sangat di butuhkan yaitu hand sealer. Apa itu hand sealer? Hand sealer merupakan alat perekat plastik yangberguna untuk merekatkan bungkus kerupuk agar kerupuk bisa bertahan lama.

Lalu dimana bisa mendapatkan mesin tersebut? Anda bisa mendapatkan mesin tersebut di website rumahmesin.com, Website tersebut menyediakan berbagai macan jenis alat yang berkualitas serta harga yang aman untuk kantong anda.

Penasaran kan bagaimana cara bikin kerupuk kentang ini yuk simak, eits sebelumnya alangkah baiknya jika anda lebih dulu mengetahui bagaimana cara memilih kentang yang berkualitas baik. Cuss sumak pembahasannya.

Cara Memilih Kentang yang Baik

Siapa yang tidak tahu dengan sayuran yang bernama kentang, sayuran yang satu ini sering dijadikan sebagai pengganti nasi ini sering dimasak menjadi berbagai macam makanan baik itu khas nusantara atau makanan luar. Misalnya dari sop, kentang goreng, tumis, mashed potato, perkedel kentang, gulai, sambal kentang balado, sampai kue dan juga dibuat donat.

Selain anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional, anda juga dapat membeli berbagai kentang di supermarket atau swalayan lainnya. Namun harganya tentunya yang lebih mahal dan juga pilihan jenis dan macam yang terbatas membuat saya dan juga banyak pasti di antara kalian yang lebih memilih membeli kentang ini di pasar dibandingkan dengan membelinya supermarket. Apabila anda sering untuk membeli kentang di pasar, anda juga pastinya akan lebih pintar dalam memilih kentang mana yang memiliki kualitas yang bagus dan juga memiliki harga yang murah.

Karena biasanya anda bisa dengan bebas memilih kentang dari berbagai macam pilihan yang ditawarkan ke beberapa penjual yang tersedia. Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips dalam memilih kentang yang memiliki kualitas yang bagus agar saat anda memasak apapun olahan kentang tersebut akan menjadi lebih lezat dan juga sehat.

Permukaan yang halus dan tidak bergelombang, Warna kuning muda atau putih kekuningan, Bertekstur keras dan tidak bertunas

Selain supaya anda tidak sulit saat mengupasnya, kentang yang memiliki kulit halus juga biasanya akan memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan kentang yang berkulit kasar.

Terasa saat di angkat berat, terlihat masih segar, tidak memiliki lubang di permukaan kulitnya, tidak ada retak, tidak busuk di salah satu bagian sisinya dan juga tidak memiliki retakan di kulitnya. Pilihlah kentang yang mempunyai kulit yang tebal, hal tersebut tandanya yaitu terdapat garis-garis kecoklatan pada bagian kulit kentang.

Lebih baik anda jangan memilih kentang yang sudah berwarna kehijauan. Kentang tersebut biasanya memiliki rasa yang lebih pahit sebab sudah terkena banyak sinar matahari atau bisa jadi kentang tersebut dipanen saat umurnya masih terlalu muda. 

Kentang yang memiliki tekstur yang lunak serta bertunas sudah bisa dipastikan kalau mempunyai kualitas yang kurang baik. Anda jangan juga untuk memilih kentang yang kondisi kulitnya sudah mulai berkeriput.

Pilih ukuran kentang sesuai dengan masakan yang akan anda buat dan Setelah dibeli, segera keluarkan kentang dari plastiknya

Untuk membuat atau mengolah kentang goreng atau keripik kentang, pilihlah kentang yang mempunyai ukuran yang besar. Pilih kentang yang berukuran kecil untuk diolahan kentang yang cara memasaknya dikukus ataupun dengan direbus. Ada juga kentang yang berukuran mini atau biasa disebut dengan baby potatoes yang biasa ditambahkan dalam masakan seperti rendang, sambal goreng atau balado, dan juga semur.

Simpan kentang di tempat yang memiliki udara sejuk dan juga terpisah dari sayuran yang lain supaya kentang tidak cepat untuk busuk. Bahan makanan yang satu ini tidak perlu di cuci terlebih dahulu dan juga tidak perlu disimpan di dalam kulkas agar tidak mudah untuk membusuk.

Nah setelah anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih kentang yang berkualitas bagus, sekarang kita ke resep cara bikin kerupuk kentang.

Cara Bikin Kerupuk Kentang

cara bikin kerupuk kentang

Bahan Bahan Cara Bikin Kerupuk Kentang:

  • 500 g kentang, kukus, haluskan
  • 500 g tepung tapioka
  • 2 1/2 sdt baput bubuk
  • 1 bks kaldu bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt munjung merica bubuk
  • secukupnya air hangat
  • irisan daun bawang, optional

Cara Bikin Kerupuk Kentang:

  1. Campurkan semua bahan yang sudah saya sebutkan dan uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan berubah menjadi kalis. Bentuklah  adonan menjadi berbentuk seperti lontong mini atau bisa juga sesuaikan dengan selera anda.
  2. Rebus adonan kerupuk kentang tersebut ke dalam panci yang sudah diisi air yang sebelumnya sudah dipanaskan sampai mendidih. Apabila adonan kerupuk kentang sudah terlihat mengapung, itu tandanya sudah matang dan siap untuk di angkat. Lakukan hal tersebut sampai semua lontongan adonan kerupuk habis.
  3. Dinginkan lalu masukkan lontong kerupuk ke dalam kulkas selama kurang lebih semalaman atau sampai adonan berubah menjadi keras. Potong secara tipis lalu tata di atas tampah atau juga bisa menggunakan loyang. Jemur irisan kerupuk kentang  dibawah sinar matahari sampai kerupuk kentang kering. (Lama penjemuran tergantung dengan cuaca). Setelah kerupuk benar benar kering, goreng dalam wajan yang berisi minyak panas dengan nyala api sedang.
  4. Apabila kerupuk kentang sudah matang dengantanda berubah warna menjadi kekuningan segera angkat dan tiriskan, gunakanlah tissue makan agar minyak yang menempel pada kerupuk bisa berkurang. Simpan kerupuk kentang ini di dalam wadah yang kedap udara seperti toples.

Bagaimana? mudah sekali bukan cara membuat kerupuk kentang ini. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda ya! Terima kasih.