Belajar Mengenal Besaran Listrik Beserta Jenis-jenisnya Dalam Elektronika
By: Date: March 15, 2021 Categories: Umum

Listrik kini menjadi salah satu energi yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia. Hampir setiap kali kita melakukan aktivitas pasti akan berhubungan dengan kelistrikan. Energi listrik sendiri dimanfaatkan untuk menggerakkan berbagai macam alat elektronika, dengan itu maka mempermudah perkerjaan manusia.

Secara singkat, listrik merupakan rangkaian dengan terjadinya fenomena fisika yang memerlukan akan kehadiran dari aliran muatan listrik. Listrik sendiri menimbulkan berbagai macam efek, diantaranya petir, arus listrik, induksi elektromagnetik dan listrik statis.

Selain itu, listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik, seperti gelombang radio.

Besaran Listrik

Tegangan Lsitrik

Tegangan listrik terjadi karena ada perbedaan potensial pada dua titik yang berada dalam satuan rangkaian listrik. Nilai satuan tegangan listrik yaitu volt dan dihitung maupun diukur dengan menggunakan alat voltmeter.

Hambatan Listrik

Hambatan Listrik atau biasa yang disebut dengan resistansi listrik merupakan suatu bahan benda yang memiliki kemampuan dalam menghambat atau mencegah aliran arus listrik. Hambatan listrik biasanya dinyatakan dalam satuan Ohm, sedangkan pengukurannya menggunakan alat Ohmmeter.

Arus Listrik

Arus listrik merupakan sebuah aliran yang terjadi dari jumlah muatan listrik yang mengalir pada elektron-elektron dalam satu rangkaian listrik tiap satuan waktu tertentu. Nilai dari satuan arus listrik biasanya dinyatakan menggunakan satuan amphere, dan diukur dengan menggunakan alat ampheremeter.

Induktansi

Induktansi merupakan sifat sebuah dari rangkaian listrik yang menyebabkan timbulnya potensial listrik secara proporsional kepada arus listrik yang melewati rangkaian listrik tersebut. Nilai besaran induktansi biasnaya dinyatakan dengan satuan internasional weber per ampere maupun satuan henry.

Muatan Listrik

Muatan listrik merupakan sifat atau muatan dasar yang dimiliki oleh sebuah benda yang mengandung listrik yang bisa mengakibatkan benda tersebut mengalamai gaya tertentu terhadap benda listrik di sekelilingnya. Nilai satuan muatan listrik biasanya dinyatakan menggunakan satuan colomb.

Kapasitansi

Kapasitansi merupakan kemampuan suatu perangkat untuk menyimpan muatan listrik. Biasnaya kapasitansi dtemukan pada medan elektromagnetik, yang mana hanya menggunakan jenis tertentu dari gaya fisik pada partikel.