Berikut Ini Cara Membuat Kompos dari Daun Kering
By: Date: September 6, 2021 Categories: Uncategorized Tags: , , , , , , ,
cara membuat kompos dari daun kering

Haloo sahabat kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat kompos dari daun kering, meliputi pengertian kompos, dan cara membuat kompos dari daun kering. Simak dan pelajari baik-baik.

Pupuk Kompos

Kompos adalah hasil pembusukan dari campuran bahan organik, yang dapat dipercepat dengan cara buatan. Hal ini terkena berbagai jenis mikroba dalam kondisi lingkungan yang panas, lembab dan aerobik atau anaerobik.

Sementara kompos adalah proses penguraian bahan organik secara biologis, itu adalah mikroba yang menggunakan bahan organik sebagai sumber energi.

Baca juga web utama kami rumahmesin.com

Cara Membuat Kompos dari Daun Kering

cara membuat kompos dari daun kering

Bagian penting dari berkebun adalah pupuk. Tanaman bisa tumbuh, sehat dan cepat berbuah jika ditambah pupuk. Beberapa jenis pupuk dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman, salah satunya adalah kompos organik yang terbuat dari daun kering. Daun kering dapat dijadikan kompos tentunya dengan cara yang mudah dan praktis.

Siapkan Bahan-bahan :

Bahan yang diperlukan :

  • Nasi aking sebagai dekomposer
  • Satu karung daun kering
  • Satu ember air ukuran sedang
  • Tali rafia secukupnya

Cara Membuat Kompos dari Daun Kering :

cara membuat kompos dari daun kering

Pertama-tama tuangkan kira-kira setengah kantong daun ke tanah atau area kering. Pada dasarnya daun kering dapat digunakan sebagai pupuk langsung pada tanaman.

Namun, agar prosesnya lebih cepat, harus dicampur dengan air dan beras saya menjadi dekomposer. Kedua, campuran nasi saya menjadi seember air. Beras digunakan untuk mengundang bakteri busuk. Aduk air dengan beras sampai larut.

Setelah itu buatlah pupuk ketiga, dengan cara tuang larutan yang sudah disiapkan secara perlahan pada daun kering, gerakkan daun kering secara merata agar semua bagian terkena larutan. Namun, pastikan kelembapannya hanya basah dan tidak becek.

Keempat, jika lembab, masukkan daun ke dalam kantong yang berisi setengah dari daun kering. Kemudian air dari setengah daun kering yang sudah basah akan tenggelam dan daun kering lainnya juga akan basah.

Cara ini lebih efektif dan efisien daripada harus menjatuhkan semua daun kering ke dalam kantong lalu membasahinya. Kelima, setelah semua daun dimasukkan ke dalam kantong, tuangkan campuran air dan nasi saya di sisi daun kering sampai seluruh larutan habis.

Terakhir ikat tas dengan tali rafia yang sudah disiapkan. Pastikan dasinya kencang. Kemudian simpan pupuk kandang di tempat gelap dan simpan selama seminggu.

Proses Melembabkan Kotoran Setelah seminggu, buka dan masukkan ke dalam air tanpa beras. Kemudian, selama tujuh hari berikutnya, bungkus kembali untuk memeriksa apakah kotorannya basah atau kering. Jika masih basah, biarkan saja.

Jika kering, tambahkan air. Nah, beri air seminggu sekali untuk melembabkan daunnya, jangan lupa ditumbuk daun yang mengelilinginya dengan bambu.

Pada minggu ketiga kotoran akan berubah menjadi hitam dan teksturnya menjadi tepung. Pada minggu keempat pupuk baru dapat diterapkan dan diterapkan pada pupuk tanaman.

Baca juga : Berikut Ini 3 Contoh Kerajinan Sabut Kelapa Terbaru!!!

Cara Mempercepat Proses Pengomposan Daun

Jika ingin proses pengomposan lebih cepat, kita perlu menambahkan treatment pada kompos. Hal-hal yang harus dilakukan untuk mempercepat proses pengomposan adalah:

  1. Penambahan starter bakteri. Ini bisa berupa EM4, starbium atau mikroorganisme lokal.
  2. Potong atau cacah sampah menjadi lembaran-lembaran kecil. Semakin baik sampah, semakin baik. Karena akan menambah luas permukaan mikroorganisme awal.
  3. Tambahkan bahan-bahan yang merupakan sumber energi bakteri. Misalnya gula, molase atau dedak padi.
  4. Balikkan tumpukan kompos secara teratur dan teratur.

Anda juga bisa menggunakan mesin pencacah kompos

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat kompos dari daun kering bermanfaat dan menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba….

Terima kasih:)