4 Cara Mudah Mengatur Pengeluaran Bulanan dan Investasi!
By: Date: October 27, 2020 Categories: bisnis Tags:
mengatur pengeluaran bulanan

Pernah mendengar istilah 50/30/20 saat mengatur anggaran bulanan? Cara ini menjadi cara yang paling lazim untuk mengatur porsi anggaran pengeluaran kamu biar tidak terlalu boros tetap memiliki uang yang cukup untuk menabung dan berinvestasi. Seperti kamu bisa mendahulukan investasi minimal 10 persen terlebih dahulu sebelum membudgetkan pengeluaran rutin lainnya, jika kamu melakukan hal ini terus-menerus maka kamu dapat mempersiapkan perencanaan keuangan yang baik di masa depan.

Mengatur menabung, pengeluaran rutin dan investasi merupakan hal cukup sulit untuk kamu lakukan, padahal hal-hal ini penting untuk bekal di masa depan. Lalu, bagaimana caranya agar pengeluaran-pengeluaran tersebut dapat terpenuhi?

Yuk kita simak 4 langkah mudah untuk mengatur pengeluaran bulanan beserta investasinya.

  • Buat komitmen

Komitmen ini penting untuk dilakukan agar kamu senantiasa konsisten dalam mengatur bulanan kamu. Dalam satu bulan kamu bisa mengalokasikan 10 persen pengeluaran untuk kebutuhan investasi. Alokasi ini penting dilakukan agar kamu memiliki dana yang berkembang di masa depan.

  • Memisahkan rekening tabungan

Ternyata hanya memiliki satu rekening tabungan itu tidak cukup lho, karena kamu malah bisa menjadi lebih boros dari biasanya. Cobalah membuat dua atau tiga tabungan, kamu bisa membaginya menjadi 1 tabungan gaji, 1 tabungan untuk menabung dan kalau kamu ingin berinvestasi rekening satunya bisa digunakan untuk itu. Kamu juga bisa membuat tabungan-tabungan itu dan memfasilitasinya dengan auto debet, sehingga setiap kamu mendapatkan pemasukan hasil tersebut bisa langsung dibagi ke dalam pos rekening yang lain.

  • Pisahkan pengeluaran tak terduga

Dalam rekening pengeluaran sehari-hari, sebaiknya kamu telah menyiapkan pengeluaran yang tidak terduga hal ini untuk mempersiapkan kamu jika mengalami kendala darurat agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang tabungan yang telah kamu miliki. 

  • Bagi pengeluaran

Setiap kamu mendapatkan penghasilan langsung selalu atur sesuai kebutuhan kamu. Pengeluaran ini bisa dibagi menjadi pengeluaran harian, cicilan bulanan, hiburan dan tentunya investasi. Hal ini bertujuan agar kamu bisa merencanakan keuangan sejak awal .

Mengatur pengeluaran bulanan ini membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi karena kalau tidak hasilnya tidak akan terlihat di depan. Tetapi ketika kamu sudah bisa membagi pengeluaran bulanan secara konsisten apalagi ketika menabung dan investasi berjalan dengan lancar, maka saat tua nanti hidupmu akan terjamin. Dalam berinvestasi terutama investasi saham tentu dibutuhkan konsistensi juga untuk terus belajar. Nah Emiten.com hadir untuk membantu kamu yang masih pemula karena aplikasi rekomendasi saham ini dapat memberikan kamu masukan mengenai perusahaan yang kredibel untuk direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *